√ Hidup Rukun : Pengertian, Manfaat, Nilai, Bentuk dan Contoh

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Hidup rukun didalam bermasyarakat dan didalam suatu keluarga akan memberikan manfaat yang besar dan luas. Manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan baik dari keluarga dan juga masyarakat itu sendiri. Dibawah ini merupakan pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian hidup rukun.

Hidup Rukun : Pengertian, Manfaat, Nilaii, Bentuk dan Contoh

Pengertian Hidup Rukun

Hidup rukun merupakan hidup yang saling harga menghargai, hormat menghormati serta juga saling menyanyangi di antara sesama manusia. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan perilaku manusia terhadap manusia yang lainnya. Kondisi dari kehidupan yang rukun tersebut akan menimbulkan rasa bahu membahu, saling tolong menolong, serta menjauhi perselisihan dan pertikaian antara sesama manusia . Kehidupan mereka yang dapat hidup rukun antar sesama juga akan dipenuhi kedamaian dan ketentraman. dibawah ini merupakan bentuk-bentuk dalam hidup rukun.

Bentuk-Bentuk Hidup Rukun :

Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk dari hidup rukun, antara lain sebagai berikut :

1. Rukun keluarga

Bentuk rukun dari hal yang paling kecil tapi juga penting yakni hidup rukun di keluarga. Rukun keluarga ini yang akan menjadi pondasi atau dasar dalam membentuk kerukunan-kerukunan yang lebih besar. Hubungan antara keluarga yang harmonis, saling menghargai, saling memahami, dan saling melengkapi merupakan bentuk dari rukun keluarga.

2. Rukun tetangga

Rukun tetangga ini juga merupakan dasar dari pembentukan kerukunan untuk skala yang lebih besar. Kerukunan tetangga tersebut dapat terlihat dari hubungan saling menghormati diantara tetangga satu dengan tentangga yang lainnya. Rukun tentang ini juga dapat ditimbulkan dari perilaku yang saling tolong menolong, saling menyapa, dan lain sebagainya.

3. Rukun warga

Dari rukun tetangga maka akan melebar ke arah rukun warga, tentu sebagai contoh rukun warga yang baik dapat dilakukan dan dapat terjalin dengan saling gotong royong dan saling menjaga ketentram daerah masing -masing individu, dengan mengurangi keegoisan masing-masing. Adanya kerukunan antar tetangga yang kuat akan membentuk kerukunan warga.

4. Rukun desa

Kerukunan yang terbentuk dengan berdasarkan pembatasan geografis, meski dalam hal pandangan hidup sudah beraneka ragam. Ruang lingkup dari kerukunan yang luas dengan latar belakang orang yang berbeda-beda disetiap desa atau kampung akan bisa terjalin dengan menghormati dan saling tenggang rasa. Dengan demikian, akan menjauh desa/kampung dari kasus “diserang kampung sono” atau juga “tawuran antar kampung”.

Lihat Juga  √ Hak dan Kewajiban : Pengertian, Makna dan Contoh Menurut UUD 1945

5. Rukun sekolah

Kerukunan yang dapat tercipta karena adanya kesamaan dari visi misi dalam hal pendidikan. Hubungan kekerabatan sudah berbeda diantara individu satu sama lain. Tak ada kedekatan secara faktor geografis. Di sini, kerukunan terjadi antar individu karena mempunyai tujuan yang sama yakni belajar mulai dari tingkat SD, SMP, sampai dengan di Perkuliahan.

6. Rukun tempat kerja

Tidak berbeda jauh dari rukun sekolah, rukun tempat kerja ini terbentuk karena adanya kesamaan dalam visi dan misi didalam ruang pekerjaan, meskipun setiap individu berbeda posisi dan juga kemampuan tetapi untuk menwujudkan visi dan misi dalam ruang kerja diperlukan kerja sama yang baik dalam upaya mencapai tujuan bersama.

7. Rukun alam

Bentuk dari kerukunan yang tercipta diantara hubungan manusia dengan alam. Bila kerukunan yang baik antara manusia dengan alam itu tercipta akan membuat juga lingkungan dan ekosistem yang sehat dan baik. dalam rukun alam ini sebab akibat berlaku, Conthonya , Apabila manusia dapat memelihara sungai dan merawatnya dengan baik maka sungai pun akan memberikan hal baik juga kepada manusia.

8. Rukun beragama

Bentuk dari kerukunan hidup beragama ini tak hanya untuk yang seiman saja, namun juga yang memiliki kepercayaan lain. Di Indonesia, terdapat beragam agama, adat, dan juga budaya dalam membentuk kerukunan antara agama, maka dibutuhkan rasa toleransi yang kuat dan saling menghargai sesama manusia, tidak saling menjelek-jelekkan agama yang lain. Dapat saling memahami perbedaan agama dan keyakinan merupakan pondasi atau dasar dalam hidup rukun antar agama.


Nilai-Nilai Hidup Rukun

Dibawah ini merupakan nilai-nilai yang tercipta dalam hidup rukun, antara lain sebagai berikut :

1. Kebersamaan

Nilai kebersemaan akan terlihat sangat jelas hal tersebut dapat dilihat dari kekompakan dalam bertindak antara tiap tiap individu dengan individu yang lain. Adanya rasa saling memiliki dan juga rasa saling senasib sepenanggunan.

2. Persatuan dan kesatuan

Mununjukkan nilai persatuan serta kesatuan yang kuat di antara komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Nilai persatuan dan juga kesatuan ini tentu menjadikan jati diri masyarakat dan bangsa.

Lihat Juga  √ Pengertian Fisika, Manfaat, Tujuan, Menurut Para Ahli
3. Kekuatan

Hidup rukun akan memperlihatkan nilai kekuatan yang sangat besar. Bersatunya dua atau lebih komponen akan membuat kekuatan yang besar. Hal inilah yang ditakuti oleh sebuah bangsa atas bangsa yang lain karena kerukunan juga merupakan kekuatan suatu bangsa.

4. Toleransi tinggi

Menunjukkan nilai toleransi tertinggi karena akan mampu mengerti serta juga memahami tiap-tiap perbedaan dari tiap individu tentu hal tersebut akan memiliki perbedaan kepribadian unik. Hal ini akan membuat kita tidak akan memandang suatu perbedaan menjadi alasan untuk bisa dijauhi dan juga tidak merasa lebih dari yang lain.

5. Asah, asih, asuh

Nilai asah, asih, dan asuh tersebut akan tercipta dengan sendirinya karena tiap – tiap individu akan merasa saling membutuhkan antara satu dengan yang lain.  Saling dapat mengasuh dan mengkoreksi di antara individu.


Manfaat Hidup Rukun :

Berikut ini adalah manfaat yang terjadi di dalam hidup rukun :

1. Saling tolong menolong

Kerukunan antar individu akan menciptakan perilaku yang saling tolong-menolong dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Di sini sudah tidak ada sekat-sekat yang membatasi di antara tiap-tiap individu untuk bersama-sama mencari solusi dalam menyelesaikan masalah.

2. Memperluas pergaulan

Manfaat kedua dari hidup rukun ialah memperluas pergaulan antara satu sama lain. Interaksi hubungan di antara manusia akan terjalin dengan baik dengan menurunkan keegoisan masing-masing.

3. Menciptakan keharmonisan

Hidup rukun akan menciptakan kehidupan yang harmonis di antara tiap-tiap individu dan masyarakat. Dapat saling harga menghargai satu sama lain, menghormati perbedaan setiap perbedaan yang ada, dan saling memahami diri tiap-tiap pribadi. Tidak akan memaksakan kehendak yang akan membuat perselisihan serta juga pertikaian.

4. Menciptakan perdamaian

Manfaat keempat dalam hidup rukun adalah terciptanya kedamaian, karena setiap indivdu akan dapat saling menghargai dan menghormati setiap individu yang berbeda.

5. Tercipta komunikasi yang baik

Kerukunan akan menciptakan interaksi yang baik hal inilah yang membuatkan komunikasi dari tiap-tiap individu jadi berkualitas.

6. Menghindari pertikaian atau konflik

Lihat Juga  √ Guru Profesional: Pengertian dan Kriteria Guru Profesional

Karena komunikasi yang terjalin baik akan menurunkan keegoisan dari tiap-tiap individu karena adanya rasa saling menghargai dan menghormati, dan akan menyelesaikan setiap permasalahan muncul dengan tenang dengan musyawarah.

7. Menciptakan ketenangan hidup

Hidup dimana saja akan merasa tenang apabila kerukunan sudah tercipta. Tak ada yang perlu dikhawatirkan atas setiap kondisi yang terdapat di sekitarnya. Masing-masing individu akan mampu menjalankan perannya dengan baik.

8. Menciptakan kemakmuran

Dengan kerukunan juga akan menciptakan kemakmuran. Baik itu kemakmuran untuk diri sendiri, orang lain, dan lain sebagainya. Hal tersebut karena mereka akan fokus pada pembenahan serta juga perbaikan-perbaikan yang akan terus menerus supaya kehidupan ini lebih baik dan juga sejahtera. Tidak terfokus pada kesalahan-kesalahan ataupun kekurangan-kekurangan tanpa memberikan solusi yang menyelesaikan suatu masalah.

Manfaat dari Hidup Rukun Lainnya ialah :

  • 1. Menambah kemajuan bangsa
  • 2. Saling menghargai perbedaan
  • 3. Mendukun pencapaian cita-cita bersama
  • 4. Memacu potensi masing-masing individu
  • 5. Menciptakan suasana nyaman
  • 6. Menciptakan suasana kondusif
  • 7. Mempererat tali persaudaraan
  • 8. Menghilangkan sifat egois
  • 9. Menjauhkan sifat chauvinism
  • 10. Meningkatkan kesejahteraan
  • 11. Menjauhkan diri dari sifat rasis

Contoh Hidup Rukun di rumah, sekolah, dan masyarakat

1. Contoh hidup rukun di rumah ialah :

  • bermain dengan baik
  • belajar dengan kakak
  • makan bersama keluarga
  • membantu orang tua
  • meminjami adik mainan

Contoh hidup rukun di sekolah:

  • bermain dengan teman
  • piket bersama
  • berbagi kue dengan teman
  • belajar kelompok
  • tidak mengejek teman

Contoh hidup rukun di masyarakat:

  • kerja bakti di kampung
  • mengikuti rapat RT
  • membantu tetangga yang terkena musibah
  • menjenguk tetangga yang sakit.

Sekian dan terima kasih, diatas merupakan uraian mengenai Hidup Rukun : Pengertian, Manfaat, Nilai, Bentuk dan Contoh, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. 52 Pengertian Sejarah, Unsur dan Ruang Lingkup Menurut Para Ahli
  2. Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli