√ Otak Tengah (Midbrain) : Pengertian, Struktur, Bagian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kita membahas mengenai bagian penting manusia, bagian tersebut yang memiliki fungsi sebagai stasiun relai informasi pendengaran (audio) serta penglihatan (visual) yakni Otak Tengah (Midbrain). untuk penjelasannya dibawah ini:

Otak Tengah (Midbrain) : Pengertian, Struktur, Bagian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Otak Tengah (Midbrain)

Otak tengah (Midbrain) disebut juga dengan sebutan mesencephalon merupakan suatu bagian terkecil dari otak manusia. Sesuai dengan namanya, bagian tersebut letak itu di tengah –tengah otak, tepatnya di atas batang otak (brainstem) serta juga di bawah otak besar (cereberum). Adapun Fungsi utamanya ialah sebagai statiun relai untuk informasi pendengaran (audio) serta juga penglihatan (visual).

Fungsi Otak Tengah (Midbrain)

Adapun fungsi otak tengah ini antara lain sebagai berikut :

  1. Fungsi utama sebagai stasiun relai informasi pendengaran (audio) serta penglihatan (visual).
  2. Otak tengah tersebut berfungsi untuk dapat mengatur tanggapan dari rangsangan yang berhubungan dengan informasi sensorik. Contohnya seperti pada saat tangan memegang suatu yang panas, maka otak tengah itulah yang mengatur tangan untuk dapat menjauhi pusat panas.
  3. Otak tengah juga memiliki peran dalam gerakan otot.
  4. Meningkatkan daya ingat serta juga membuat seseorang mampu untuk belajar dalam tempo yang lebih singkat.
  5. Ikut juga berperan dalam pengembangan kemampuan inovasi serta juga kreativitas.
  6. Meningkatkan intuisi serta juga daya tangkap.

Oleh karena peranan otak tengah ini  dalam menjalankan beberapa fungsi yang dijelaskan diatas, kita sering mendengar bahwa melatih otak tengah itu akan dapat membuat kecerdasan naik meningkat. Pernyataan tersebut memang tidak 100% salah dan memang ada peneliti yang mengakui bahwa kemampuan interbrain itu dapat dikembangkan.

Namun kita juga mendengar bahwa “otak tengah kita tidak aktif”, pernyataan itu lah yang salah besar. Karena pada dasarnya otak tengah kita itu sebenarnya sudah aktif namun seiring bertambahnya usia manusi, otak tersebut memiliki kecenderungan dengan secara otomatis menetapkan satu belahan otak menjadi lebih dominan dari bagian yang lain.

Mempertajam Kerja Otak Tengah (Minbrain)

Otak tengah (midbrain) atau disebut dengan mesencephalon dapat bekerja dengan baik pada saat berumur 5-15 tahun. Beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mempertajam kerja otak tengah (midbrain) adalah menggunakan metode Blindfold Reading (BFR) serta Kinesiologic Imagination Program (KIR).

  1. Metode Blindfold Reading(BFR) merupakan suatu metode yang diterapkan oleh seseorang dengan menggunakan metode belajar dengan mata tertutup.
  2. Metode Kinesiologic Imagination Program (KIR) merupakan suatu metode yang biasa digunakan oleh negara Jepang. Biasanya pada metode ini digunakan untuk mengatasi krisis hidup pada seseorang.

Cara kerja otak tengah (midbrain)

  1. Adapun penjelasan mengenai cara kerja otak tengah ini dimulai dari datangnya impuls dari sumsum tulang belakang serta saraf tepi.
  2. Sumsum tulang belakang dan saraf tepi tersebut memberikan impuls ke otak besar sebagai pusat kendali anggota tubuh.
  3. Lalu impuls tersebut akan dikirim ke melewati batang otak ialah sebagai jembatan otak kecil dan juga otak besar.
  4. Kemudian di batang otak tersebut terdapat jembatan varoli (pons varoli) yang letaknya itu didepan otak kecil yang meneruskan impuls dari otak besar.
  5. Kemudian impuls itu akan direspon disesuaikan dengan keadaan dimana respon akan ditujukan.

Selain metode yang digunakan, umur juga sangat mempengaruhi aktivasi cara kerja otak tengah (midbrain).

Struktur dan Bagian-Bagain Otak Tengah (Midbrain)

Setelah penjelasan diatas, sekarang waktunya kita memperluas pengetahuan kita pada Struktur dan bagian Otak tengah ini, Otak tengah terdiri dari dua bagian utama (Tegmentum dan Tectum) dan ditambah juga bagian penunjang, penjelasannya sebagai berikut :

Bagian Bagian Otak Tengah

1. Tegmentum

Tegmentum adalah suatu jaringan multisinapsis, jaringan tersebut terlibat dalam sistem homeostasis (keseimbangan) serta juga lintasan refleks tubuh. Tegmentum ini berfungsi untuk dapat mengatur kesadaran. Di dalam tegmentum tersebut terdapat beberapa struktur, antara lain :

  1. Nukleus Merah (Red Nuclei)
    Nulekus merah merupakan bagian dalam tegmentum yang mempunyai peran penting dalam mengatur koordinasi pada gerak tubuh.
  2. Substansia nigra
    Substansia nigra merupakan tempat membentangnya tegmentum, dimana tegmentum tersebut mengandung nukleus merah yang mengatur fungsi motorik. Substansia nigra merupakan sebuah struktur yang memiliki gelap berisi banyak neuron yang menghasilkan dopamin. Bagian tersebut juga berperan dalam pengontrolan gerakan badan.

2. Tectum

Tectum ini juga terdiri dari 2 pasang colliculi yang secara bersamaan disebut dengan sebutan Corpora Quadrigemina :

  1. Superior colliculi, adalah colliculi yang memiliki peran dalam proses awal visual serta juga mengendalikan gerakan mata.
  2. Inferior Colliculi, adalah colliculi yang memiliki peran dalam proses pendengaran.

3. Pendukulus Serebri (cerebral peduncle)

Pendukulus Serebri (cerebral peduncle) atau yang juga disebut crus serebri merupakan bundel saraf yang terdiri dari saraf sensoris serta motoris yang membawa informasi antara otak besar (cerebrum) dan pons.

Demikianlah penjelasan mengenai Otak Tengah (Midbrain) : Pengertian, Struktur, Bagian, Fungsi dan Cara Kerjanya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Semiotika, Komponen, Cabang, dan Macam Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Biologi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri Dan Cabangnya
Lihat Juga  √ Pengertian Energi Nuklir, Jenis, Sejarah, Keuntungan dan Kerugian