√ Pengertian Ancaman

Diposting pada

Pengertian Ancaman

Pengertian Ancaman

Secara umum, pengertian ancaman ini ialah suatu usaha atau juga kegiatan yang dilaksanakan oleh individu/ kelompok tertentu yang potensi tersebut kemudian membahayakan keselamatan individu/ kelompok lain.

Pendapat lain kemudian juga menyatakan bahwa pengertian ancaman ini merupakan tiap-tiap usaha atau pun juga kegiatan, baik itu yang dilaksanakan di dalam negeri atau pun juga luar negeri serta kemudian dinilai membahayakan kedaulatan negara serta juga keutuhan wilayah negara dan juga keselamatan segenap bangsa. Sehingga ancaman lebih dihubungkan di bagian dari risiko, sedangkan untuk risiko ialah buah pikir dari sebuah ancaman.

Ancaman tentunya menjadi suatu permasalahan yang bisa atau dapat meresahkan masyarakat suatu negara. Dari dulu sampai saat ini, terdapat banyak sekali peristiwa atau kejadian yang adalah ancaman bagi keselamatan masyarakat di berbagai negara.

Untuk kemudian menambah wawasan pembaca, artikel tersebut kemudian akan membahas dengan secara ringkas tentang pengertian ancaman dan juga jenis serta contohnya.


Pengertian Ancaman Menurut Para Ahli

Pengertian-Ancaman-Menurut-Para-Ahli

Dibawah ini merupakan beberapa definisi dari ancaman menurut beberapa para ahli, sebagai berikut :

Menurut Threats

Ancaman merupakan suatu situasi penting yang kemudian tidak menguntungan di dalam lingkungan perusahaan. Ancaman tersebut merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang atau pun juga yang diinginkan perusahaan. Adanya peraturan-peraturan pemerintah yang baru atau pun juga yang direvisi dapat atau bisa merupakan ancaman bagi kesuksesan perusahaan.


Menurut Pasal 369

Barang siapa dengan maksud untuk kemudian menguntungkan diri sendiri atau pun juga orang lain secara melawan hukum,

  1. dengan ancaman pencemaran baik lisan atau pun juga tulisan atau dengan ancaman yakni akan membuka rahasia,
  2. memaksa seseorang supaya memberikan sesuatu barang yang seluruhnya atau pun juga sebagian milik orang lain, atau pun juga supaya memberikan hutang atau pun jugamenghapus piutang,

Menurut KBBI

Pengertian Ancaman 1 sesuatu yg diancamkan kemudian menganggap sepi ~ itu; 2 perbuatan (hal dsb) mengancam.


Jenis Ancaman

Jenis-Ancaman

Secara umum, ancaman ini bisa atau dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni ancaman militer serta ancaman non militer. Mengacu di pengertian ancaman, adapun jenis ancaman ini merupakan sebagai berikut:

1. Ancaman Militer

Ini merupakan ancaman yang menggunakan kekuatan senjata serta dilakukan dengan secara terorganisir. Ancaman tersebut dinilai mempunyai kemampuan untuk dapat membahayakan kedaulatan negara, keselamatan segenap bangsa serta keutuhan wilayah.

Beberapa yang termasuk ancaman militer termasuk diantaranya sebagai berikut :

  1. Agresi militer oleh negara lain
  2. Pelanggaran wilayah oleh negara lain
  3. Spionase
  4. Sabotase
  5. Aksi teror bersenjata
  6. Gerakan separatis
  7. Pemberontakan bersenjata
  8. Perang saudara
  9. Gerakan makar

2. Ancaman Non Militer

Ini merupakan jenis dari ancaman yang mempunyai karakteristik yang tidak sama dengan jenis ancaman militer yang mana tidak ada sifat fisik serta juga bentuknya yang tidak terlihat yakni dengan secara kasat mata. Walaupun begitu, ancaman non militer tersebut tidak kalah membahayakan, bahkan dapat saja lebih berbahaya dari ancaman militer.

Beberapa yang termasuk di dalam jenis ancaman ini diantaranya sebagai berikut ;

  1. Ideologi
  2. Politik
  3. Ekonomi
  4. Sosial budaya
  5. Teknologi
  6. Informasi
  7. Keselamatan umum

Contoh Ancaman yang Pernah Terjadi

Contoh-Ancaman

Melihat penjelasan mengenai pengertian ancaman serta juga jenis ancaman seperti yang sudah atau telah disebutkan di atas, dibawah ini merupakan beberapa contoh ancaman yang pernah terjadi, baik itu jenis ancaman militer atau juga non militer.

1. Ancaman di Lingkungan Masyarakat

  1. Masih tingginya angka kemiskinan serta juga pengangguran sehingga kemudian berpotensi meningkatkan kriminalitas di daerah atau wilayah tertentu di Indonesia.
  2. Pembangunan infrastruktur serta ekonomi yang tidak merata pada daerah atau wilayah tertentu sehingga kemudian menyebabkan ketimpangan sosial.
  3. Gaya hidup konsumtif ini semakin tinggi di masyarakat ekonomi menengah kebawah yang kemudian mengakibatkan kesejahteraan hidupnya itu semakin menurun.
  4. Tingkat pendidikan yang rendah pada kalangan ekonomi kurang mampu kemudian sehingga mengakibatkan rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM).
  5. Sebagian masyarakat masih gagap teknologi alias gaptek, sehingga tidak bisa atau dapat mengikuti perkembangan jaman serta juga mudah termakan hoax.

2. Peristiwa Ancaman yang Pernah Terjadi

  1. Terorisme berskala internasional yang mempunyai jaringan antar negara, misalnya ialah seperti ISIS (Islamic State of Iraq and Syria).
  2. Pelanggaran wilayah yang dilaksankana Malaysia terhadap Indonesia yang berlokasi di Ambalat, yakni di laut Sulawesi ditanggal 24 serta 25 Februari tahun 2007. Selain dari itu juga pernah terjadi kasus di antara Indonesia dengan Timor Leste yakni kasus Pulau Batik.
  3. Badan spionase asing yang kemudian menjadi dalang dari serangan cyber tersebut terhadap sistem komputer militer AS pada tahun 2008.
  4. Militer angkatan udara AS kemudian menggunakan alat pengacak sinyal dari darat di pesawat Sukhoi yang menuju Indonesia yang kemudian berakibat fatal pada 9 Mei tahun 2012.
  5. Terjadinya pemberontakan angkatan perang ratu adil di Bandung di Januari tahun 1950.
  6. Pada tahun 1962 itu terjadi sabotase di Gelora Bung Karno disaat momen Asian Games.
  7. Terjadinya kasus penyelundupan narkoba di Bandara Soekarno Hatta itu dengan sebanyak 22 kasus.
  8. Terdapat sebuah kasus Deportasi terhadap 39 (tiga puluh sembilan)warga Filipina pada bulan April tahun 2018 dari pelabuhan Belitung oleh keimigrasian Sulawesi tersebut dengan menggunakan kapal angkatan laut Filipina.
  9. Oktober 2018 terjadi penangkapan ikan laut ilegal, yaitu dua kapal ikan asal Vietnam yang ditangkap di Laut Natuna.
  10. Kasus besar e-KTP yang kemudian menjadi penyebab korupsi terkuak dimana-mana, serta juga salah satu pelaku utamanya ialah Setya Novanto.

Contoh Ancaman Militer

Contoh-Ancaman-Militer

1. Spionase atau Mata-mata

Ancaman Spionase ini merupakan sebuah ancaman militer yang kemudian dilakukan oleh suatu negara yang kegiatannya ialah untuk mata-mata serta juga dilakukan oleh negara lain yang memiliki tujuan untuk dapat mencari serta mendapatkan dokumen rahasia militer dan juga ekonomi suatu negara tersebut.

Negara Indonesia ini merupakan salah satu Negara yang sering sekali kemudian menjadi sasaran aksi spionase.

Contohnya ialah seperti pada kasus spionase yang kemudian dilakukan oleh seorang tentara bayaran yang kemudian di tugaskan oleh badan Intelegen Amerika Serikat CIA untuk dapat atau bia membantu para pemberontak PRRI atau juga persemesta yang memiliki tujuan untuk kemudian menggulingkan kedudukan Presiden Soekarno dimasa silam.


2. Pelanggaran Wilayah Negara lain

Ancaman militer ini berupa seperti pelanggaran yang dilakukan oleh Negara lain dengan melalui jalur laut ataupun jalur udara serta juga dengan menggunakan kapal atau juga pesawat yang non komersial.


3. Sabotase

Sabotase ini merupakan suatu ancaman militer yang dilaksanakan suatu negara yang mana di dalam negara itu didalamnya ada suatu kegiatan yang tujuannya ialah untuk merusak instalasi militer serta juga objek vital nasional.


4. Gerakan separatis

Gerakan separatis ini merupakan suatu gerakan yang memiliki tujuan untuk mendapatkan kedaulatan atau juga adanya keinginan untuk berbisah diri dari suatu wilayah di dalam sebuah Negara. Gerakan separatis tersebut biasanya dilakukan oleh suatu kelompok yang mempunyai kesadaran nasionalismenya yang tajam.


5. Pemberontak bersenjata

Ancaman militer yang kemudian berupa pemberontakan senjata biasanya itu dilakukan oleh suatu kelompok yang mempunyai perbedaan pendapat yakni dengan pemerintahan di dalam suatu Negara. Mereka kemudian melakukan aksi-aksi yang tertentu yakni dengan cara menggunakan senjata.


6. Aksi teror bersenjata

Aksi teror bersenjata ini merupakan suatu serangan yang dilakukan oleh sebuah kelompok bersenjata serta juga terkoordinasi yang tujuannya tertentu. Aksi teror tersebut biasanya dilakukan dengan secara diam-diam serta terencana.

Waktu pelaksaanya pun juga dapat dengan secara tiba-tiba serta terget korbannya pun tidak terdeteksi tetapi  biasanya merupakan para aparat keamanan atau juga pemerintahan.


7. Agresi

Agresi ini merupakan suatu ancaman militer yang menggunakan kekuatan bersenjata yakni sebagai kekuatannya yang dilakukan oleh negara lain terhadap suatu negara yang bisa atau dapat membahayakan keselamatan segenap bangsa. Bentuk-bentuk dari agresi ada 3 macam, diantaranya sebagai berikut :

  1. Blokade ini adalah suatu agresi yang kemudian dilakukan pada wilayah atau daerah pelabuhan atau pantai, wilayah udara NKRI yang pelakunya itu merupakan angkatan bersenjata dari Negara lain.
  2. Invasi ini merupakan suatu bentuk serangan yang dilakukan dengan menggunakan senjata Negara lain terhadap NKRI.
  3. Bombardemen ini ialah suatu penggunaan senjata lainnya yang kemudiana pelakukan ialah angkatan bersenjata Negara lain terhadap NKRI.

8. Aksi kekeran yang berbau SARA

Kekerasan ini merupakan suatu tindakan yang biasanya berakibat pada luka fisik seseorang yang kemudian dilakukan dengan tujuan yang tertentu. Aksi tersebut biasanya dilaksanakan karena ada rasa dendam.

SARA ini adalah suatu pandangan serta juga tindakan yang didasarkan pada sentiment identitas yang kemudian menyangkut agama, ras, serta kebangsaan. SARA ini adalah hal yang sangat sensitif di tengah masyarakat saat ini.

Sehingga aksi kekerasan tersebut berbau SARA adalah suatu tindakan yang bisa atau dapat melukai fisik seseorang atau juga kelompok yang disebkan oleh karena perbedaan suatu pandangan yang menyangkut ras,  kemudian menyangkut agama serta juga kebangsaan.


9. Perusak lingkungan

Perusak lingkungan tersebut biasanya dilakukan oleh oknum yang sangat tidak bertanggung jawab setelah melaksanakan suatu aksi yang bisa atau dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, disebabkan setelah hal tersebut mereka akan membiarkan kerusakan tersebut begitu saja atau terbengkalai.


10. Konflik horizontal

Konflik horizontal ini merupakan suatu konflik yang dilakukan dengan secara individu atau juga kelompok yang mempunyai status sosial yang sama.


11. Aksi teror Jaringan Internasional

Ancaman militer ini biasanya dilaksanakan oleh jaringan terorisme Internasional yang mempunyai jaringan dengan terorisme di dalam negeri tersebut. Aksi teror tersebut biasanya memakai senjata atau pun juga barag-barang lainnya yang tentu pasti sangat membahayakan suatu Negara.


Contoh Ancaman Non Militer

Contoh-Ancaman-Non-Militer

1. Bidang ekonomi

Bidang ekonomi ini adalah aspek yang sangat penting bagi suatu Negara, tanpa adanya ekonomi itu kemudian maka belum bisa dianggap sebagai suatu Negara yang utuh.


2. Pengangguran

Semakin tinggi dari tingkat pengangguran pada suatu Negara maka tentu akan semakin mengancam kondisi Negara tersebut. Pengangguran tersebut dapat atau bisa disebabkan oleh banyak faktor yakni kualitas sumber daya manusia yang rendah, minimnya pendidikan yang ada, serta juga ekonominya yang tidak stabil.


3. Infrastukur yang kurang memadai

Infrastukturnya yang kurang memadai tersebut disebakan oleh karena pembangunanya yang tidak merata di tiap-tiap daerah tersebut.


4. Inflasi

Hal ini terjadi salah satunya ialah oleh karena gaya hidup masyarakatnya yang begitu konsumtif sehingga kemudian mengakibatkan tingkat inflasi yang sangat tinggi.


5. Bidang Ideologi

Ideologi berhubungan dengan cara pandang, masuknya paham komunisme ini merupakan salah satu contoh ancaman di non militer.

Selain dari paham dengan komunisme, masuk nya juga ideologi liberalisme juga adalah sebuah ancaman yang sangat berbahaya disebabkan karna dapat atau bisa merusak ideologi Pancasila yang bisa atau dapat memicu terjadinya proses disintegrasi bangsa.


6. Bidang Teknologi

Kurangnya ilmu pengetahuan serta juga penguasaan di bidang teknologi dapat atau bisa menghambat kemajuan di suatu bangsa, maka dari itu teknologi yang minim tersebut juga merupakan ancaman suatu bangsa.


7. Bidang Sosial Budaya

Bidang sosial budaya ini kemudian berhubungan dengan adat istiadat kebiasaan pada suatu Negara. Masuknya kebudayaan asing tersebut juga bisa menjadi suatu ancaman.

Dengan adanya budaya asing tersebut maka kemudian budaya asli Negara tersebut bisa atau dapat terkikis bahkan bisa hilang serta juga tergantikan dengan budaya luar yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Ancaman, Jenis, Contoh dan Menurut Para Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Manajemen Logistik, Fungsi, Tugas, Tujuan, dan Manfaatnya
Lihat Juga  √ Pengertian Siklus Asam Sitrat (Krebs)
Lihat Juga  √ Pengertian Kabut