√ Pengertian Bahasa, Fungsi, Manfaat, Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang artinya tidak bisa untuk hidup sendiri dan selalu membutuhkan keluarga,teman dan sebagainya, tentu sebagai makhluk sosial ini manusia wajib untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa, nah untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai bahasa, yang akan dijelaskan dibawah ini :

Pengertian Bahasa, Fungsi, Manfaat, Menurut Para Ahli

Pengertian Bahasa

Secara umum, pengertian bahasa ini ialah suatu alat komunikasi yang dipunyai manusia yakni berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap atau mulut manusia.

Terdapat juga yang menjelaskan bahwa arti bahasa ini ini ialah suatu kemampuan yang dimiliki manusia dalam berkomunikasi satu sama lainnya dengan memakai tanda atau juga simbol, misalnya kata-kata serta gerakan tubuh.

Bahasa ini terdiri dari kumpulan kata yang mana masing-masing kata itu mempunyai makna serta hubungan abstrak dengan suatu konsep atau juga objek yang diwakili oleh kata-kata tersebut. Pemakaian bahasa ini umumnya didasari dengan seperangkat aturan sehingga kata-kata yang diucapkan atau yang ditulis mengikuti aturan tertentu.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami mengenai apa itu arti bahasa, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan ahli diantaranya :

1. Menurut Platoo

Pengertian bahasa ini merupakan suatu pernyataan pikiran individu dengan perantaraan onomata (nama benda atau juga sesuatu hal) serta juga rhemata ( sebuah ucapan) yang merupakan cermin dari ide individu dalam arus udara lewat mulut.

2. Menurut Ferdinand De Saussure

Pengertian bahasa ini ialah ciri pembeda yang paling menonjol disebabkan dengan bahasa tiap-tiap kelompok sosial itu merasa dirinya ialah sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain.

3. Menurut Bill Adams

Definisi bahasa ini ialah suatu sistem pengembangan psikologi individu didalam sebuah konteks inter-subjektif.

4. Menurut Sudaryono

Arti bahasa ini ialah suatu sarana komunikasi yang efektif tapi tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan pada bahasa itu ialah sebagai sarana komunikasi yang menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

5. Menurut Harimurti Kridalaksana (1985:12)

Pengertian bahasa ini ialah suatu sistem bunyi bermakna yang dipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia.

6. Menurut Wibowo (2001:3)

Pengertian bahasa ini ialah sistem simbol bunyi yang bermakna serta juga berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang memiliki sifat  arbitrer dan konvensional, yang digunakan ialah sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk dapat melahirkan perasaan dan pikiran.

Fungsi Bahasa

Fungsi utama bahasa ini ialah sebagai alat berkomunikasi
Secara umum, terdapat tiga (3) fungsi utama bahasa didalam kehidupan berbangsa serta bernegara. Mengacu pada pengertian bahasa, Dibawah ini merupakan beberapa fungsi bahasa tersebut:

1. Sebagai Alat Berkomunikasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa bahasa ini merupakan kumpulan kata-kata yang mempunyai makna. Tiap-tiap kata tertentu itu mempunyai makna serta hubungan abstrak dengan suatu konsep atau juga objek yang diwakilinya. Dengan melalui bahasa, tiap-tiap individu ini dapat melakukan komunikasi dua (2) arah yang dimengerti oleh masing-masing individu.

2. Sebagai Alat Pemersatu Suatu Bangsa

Bahasa ini dapat berfungsi ialah sebagai alat pemersatu bangsa disebabkan penggunaannya sebagai alat untuk berkomunikasi. Tiap-tiap warga suatu bangsa itu dapat menyampaikan pemikirannya dengan menggunakan bahasa yang dimengerti. Komunikasi masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama serta dimengerti antara satu sama lain itu akan mempersatu suatu bangsa menjadi lebih kuat.

3. Sebagai Identitas Suatu Suku/ Bangsa

Bahasa ini juga bisa berfungsi ialah sebagai identitas suatu suku/ bangsa disebabkan keunikannya. Tiap-tiap suku/ bangsa yang ada di dunia tentunya mempunyai bahasa yang berbeda-beda, hal tersebut menjadi identitas serta keunikan tersendiri bagi suatu suku/ bangsa.

Selain dari itu, masih ada juga beberapa fungsi lain dari bahasa, diantaranya ;

  1. Sebagai alat untuk berpikir.
  2. Sebagai alat untuk kontrol sosial.
  3. Sebagai sarana menunjukkan ekspresi.
  4. Sebagai sarana untuk memahami diri sendiri dan orang lain.
  5. Sebagai alat untuk bisa mempelajari berbagai ilmu pengetahuan serta juga sejarah.
  6. Sebagai sarana untuk membangun kecerdasan dan karakter.

Manfaat Bahasa

Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu antar warga negara yang berbeda suku
Sesuai dengan pengertian bahasa serta beberapa fungsinya, terdapat banyak manfaat bahasa yang didapatkan oleh manusia. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat bahasa diantaranya sebagai berikut:

1. Bahasa Resmi Suatu Negara

Terdapat negara yang di dalamnya terdapat banyak bahasa daerah, contohnya ialah Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Oleh sebab itu, dibutuhkan bahasa resmi untuk mempersatukan seluruh warga negara Indonesia dari berbagai suku. Dalam hal ini, bahasa resmi kita yakni Bahasa Indonesia.

2. Pengantar dalam Dunia Pendidikan

Dalam penyampaian materi di dunia pendidikan kita juga harus menggunakan bahasa resmi yang dimengerti oleh seluruh warga negara yang bersangkutan. Itulah sebabnya kegiatan atau aktivitas belajar-mengajar di negara kita ini selalu menggunakan bahasa Indonesia serta menjadi salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh seluruh siswa dan siswi.

3. Alat Pengembang Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan

Dalam segala upaya pengembangan kebudayaan yang terdapat di Indoensia, tentu sangat berhubungan dengan penggunaan bahasa Indonesia. Walalupun tiap-tiap suku serta daerah di Indonesia ini mempunyai bahasa sendiri, namun didalam proses pengembangan kebudayaan serta juga ilmu pengetahuan di negara kita ini harus memakai bahasa resmi, yakni Bahasa Indonesia.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Bahasa, Fungsi, Manfaat, Menurut Para Ahli, semoga apa yang dipaparkan diatas, dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pelayanan Kesehatan : Pengertian, Jenis, Kriteria, Skema & Tujuan Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √Latar Belakang, Kronologi dan Dampak Akibat Perang Dunia 1
Lihat Juga  √ Pengertian ISO, Tujuan, Manfaat, Beserta Jenisnya