√ Pengertian Kepribadian Ambivert

Diposting pada

pengertian-kepribadian-ambivert

Pengertian Kepribadian Ambivert

Secara umum definisi atau pengertian Ambivert ini merupakan seseorang yang memiliki tipe kepribadian seimbang antara introvert serta ekstrovert. Ambivert ini mempunyai perpaduan sifat-sifat dari introvert serta ekstrovert, serta juga mempunyai kelebihan serta kekurangan dari kedua tipe tersebut. Ambivert ini ialah suatu kepribadian yang istimewa. Mereka dapat atau bisa menjadi seorang extrovert serta juga introvert di dalam waktu berbeda. Beberapa orang ada yang sejak lahir itu memang sudah menjadi seorang yang ambivert. Umumnya kepribadian ambivert tersebut akan mendominasi dari kelemahan extrovert serta introvert.

Sebelumnya seorang dengan kepribadian ambivert mengerti serta memahami dirinya sendiri yang diperoleh selama melewati segala macam pembelajaran hidup. Proses inilah yang membuat orang ambivert ini mampu untuk mengendalikan kelebihan serta kekurangannya. Terutama bagi mereka yang bisa atau dapat menyeimbangkan karakter ekstrovert serta introvert di dalam dirinya. Akhirnya ambivert ini bisa atau dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.


Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan definisi mengenai kepribadian menurut para ahli sebagai berikut :

  • Koetjaraningrat

    Kepribadian ialah suatu ciri serta juga watak yang diperlihatkan oleh seseorang itu secara lahir, secara konsisten serta juga konsekuen di dalam bertingkah laku, sehingga untuk tiap-tiap orang itu memiliki identitas yang khusus yang juga  berbeda dengan orang lain.

  • Cuber

    Kepribadian merupakan gabungan dari sifat yang tampak serta terlihat dari seseorang.

  • Theodore R. New. Combe

    Kepribadian ini ialah organisasi sikap yang dipunyai seseorang sebagai latar belakang perilakunya.


Sejarah Perkembangan Kepribadian Ambivert

Sejarah-Kepribadian-Ambivert

Carl gustav Jung ini merupakan orang yang pertama kali mengelompokkan 2 tipe perilaku manusia dengan berdasarkan sosialnya, yakni tipe introvert serta ekstrovert. Introvert ini adalah pribadi yang tertutup, yang mana orang tersebut itu selalu berhati-hati di dalam berinteraksi dengan orang lain, sedangkan ekstropert ini adalah pribadi yang terbuka yang sangat suka bergaul serta berinteraksi dengan orang lain.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Adam M. Grant menggemukakan bahwa seseorang dengan kepribadian ekstrovert memiliki kemampuan komunikasi bisnis yang lemah. Namun bagi seseorang yang karakternya itu ialah ambivert yang mana seseorang itu memiliki tipe karakter campuran dari ke 2 jenis kepribadian yakni introvert dan ekstrovert, dinilai sukses di dalam membangun sebuah bisnis serta juga usaha.

Pada jurnal Psychological Science tahun 2013 menjelaskan bahwa seseorang yakni dengan karakteristik ambivert akan lebih mudah dalam beradaptasi pada lingkungannya. Istilah Ambivert sendiri diciptakan oleh psikolog Hans Aysencek. Seseorang dengan tipe ambivert tersebut tidak mudah dipengaruhi oleh faktor luar mereka itu cenderung menggunakan pandangannya sendiri. Kesimpulan ini didapat pada saat melakukan tes kepribadian yang dibuat oleh daniel H. Pink.


Tanda orang yang ambivert

Tanda-orang-ambivert

Terdapat beberapa perilaku yang menunjukkan bahwa seseorang atau anda itu termasuk orang yang ambivert, di antaranya sebagai berikut :

1. Pendengar sekaligus pembicara yang baik

Orang yang ekstrovert ini akan lebih cenderung senang berbicara lebih banyak. Sementara, orang yang introvert itu akan lebih suka mengamati serta mendengarkan. Lantas, bagaimana dengan orang yang mempunyai kepribadian ambivert?

Orang yang ambivert ini merupakan pendengar sekaligus juga pembicara yang baik. Hal ini berarti mereka tahu kapan waktu untuk mereka berbicara atau juga mengeluarkan pendapat serta juga baik untuk mendengarkan pendapat orang lain.


2. Memiliki kemampuan mengatur perilaku tergantung situasi

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa ambivert ini di ilustrasikan sebagai orang yang dapat mengarah ke kepribadian introvert ataupun juga ekstrovert. Artinya, mereka ini bisa atau dapat menyesuaikan perilaku sesuai itu dengan orang atau juga situasi yang sedang dihadapi.

Contohnya, pada saat di dalam sebuah lift dengan orang lain, seorang ekstrovert tersebut mungkin akan memulai obrolan yang ringan. Tetapi, orang yang introvert itu akan cenderung menghindari interaksi dengan orang lain.

Sementara, orang ambivert ini mungkin akan melakukan salah satu dari kedua hal tersebut, tergantung dari keinginan dirinya sendiri.


3. Senang bersosialisasi, tetapi nyaman pula menyendiri

Berbeda dengan introvert maupun ekstrovert, ambivert ini lebih cenderung mempunyai kepribadian yang unik. Orang ambivert tersebut cenderung senang dalam bersosialisasi dengan orang lain seperti halnya orang ekstrovert. Tetapi di lain sisi , mereka juga membutuhkan waktu untuk dapat sendiri seperti halnya orang introvert.Orang yang ambivert ini sangat menikmati kedua hal tersebut, senang bersosialisasi tetapi nyaman disaat menyendiri.


4. Mudah berempati saat menjadi tempat curhat

Orang introvert ini cenderung sering menjadi tempat curhat bagi temannya yang sedang menghadapi sebuah masalah disebabkan karna mereka merupakan sosok pendengar yang baik. Sementara, orang ekstrovert itu akan lebih cepat menawarkan solusi bagi temannya yang sedang di dalam sebuah masalah.

Pada orang ambivert, mereka cenderung itu lebih dulu mendengarkan masalah dengan secara keseluruhan saat menjadi tempat curhat. Setelah mendengarkan masalah dengan secara keseluruhan, orang ambivert kemudian akan mengajukan pertanyaan, kemudian mencoba memberikan solusi.


5. Memiliki pribadi yang seimbang

Di dalam sebuah kelompok pertemanan, orang ambivert ini akan sangat dibutuhkan disebabkan karna dapat memberikan keseimbangan di dalam berkomunikasi.

Orang yang ambivert ini bisa atau dapat membantu memecah kesunyian di dalam sebuah pembicaraan, serta juga membuat orang introvert itu cenderung merasa lebih nyaman memulai suatu percakapan.


Ciri-ciri Ambivert

Ciri-ciri-Ambivert

Menurut dunia psikologi ciri-ciri orang dengan kepribadian ambivert ialah sebagai berikut :

1. Tidak Suka Menemui Orang Baru

Orang ambivert ini tidak suka bertemu dengan orang baru ditempat yang baru. Mereka lebih nyaman bertemu di tempat yang sudah atau telah dikenalinya karena dianggap lebih nyaman.


2. Mudah Menganalisa Kepribadian

Ambivert ini bisa atau dapat dengan mudah mengetahui kepribadian seseorang disebabkan karna daya analisanya tinggi. Cukup dengan berinteraksi, ambivert ini akan tahu apakah lawan bicaranya itu seorang extrovert atau introvert.


3. Kurang Berinteraksi Dalam Keramaian

Kenyataannya ambivert menyukai keramaian, namun untuk menghindari komunikasi. Dapat dikatakan seorang ambivert ini nyepi pada saat sedang ramai. Mereka ini menikmati situasi serta mengamati apa yang sedang terjadi. Namun, setelahnya ambivert ini akan mencari tempat tenang untuk mengistirahatkan tubuh.


4. Mudah Menyesuaikan Diri

Ambivert ini juga mudah menyesuaikan diri di dalam keramaian, membaur serta bersosialisasi yakni dengan orang lain. Pada satu waktu mereka akan berada ditempat sunyi untuk menenangkan pikiran.


5. Mood Tergantung Lawan Bicara

Mereka ini adalah orang yang fleksibel, dapat atau bisa mengubah kepribadian sesuai dengan lawan bicara. Saat berbicara itu dengan orang extrovert maka mereka itu akan menjadi ekstrovert, serta sebaliknya.


6. Fleksibel Bekerja Dalam Kelompok dan Individu

Bagi orang introvert ini akan mengalami kendala saat bekerja di dalam sebuah kelompok. Sama seperti extrovert ini akan kesulitan mengerjakan tugas individu. Berbeda dengan ambivert yang flexibel yang mana saja baik di dalam kelompok serta individu. Di dalam berkelompok mereka tidak akan kesulitan berinteraksi. Sedangkan, pada saat mengerjakan tugas individu tidak akan merasa cepat jenuh serta tidak mudah stres.


7. Tidak Diam dan Tidak Berisik

Ambivert ini tidak dapat atau bisa selalu diam seperti orang introvert serta tidak dapat atau bisa selalu berbicara seperti extrovert. Biasanya mereka bertindak intuitif, tahu waktu untuk berbicara serta kapan harus mendengarkan. Apabila karakternya sudah seimbang, ambivert bisa atau dapat menyesuaikan hal itu dengan waktu yang tepat.


Kelebihan Orang Ambivert

Kelebihan-Ambivert

Seseorang apabila dengan kepribadian ambivert mempunyai sejumlah kelebihan yang membantunya di dalam kehidupan, antara lain :

  1. Ambivert bisa atau dapat berbaur dengan introvert itu dengan nyaman serta mudah berkomunikasi dengan para extrovert.
  2. Apabila terlibat di dalam komunitas dapat atau bisa melakukan komunikasi dengan mudah. Jadi, ambivert ini tidak hanya fokus di 1 kelompok saja.
  3. Tidak mempunyai preferensi tersendiri di dalam rangka menyelesaikan proyek tertentu.
  4. Mampu untuk mengerjakan tugas dengan secara kelompok serta individu dengan maksimal.
  5. Sangat potensial ini menjadi seorang pemimpin.
  6. Perpaduan sikap tegas serta sigap yang dipunyai extrovert, serta juga sikap kritis, analitis, serta perencanaan yang dimiliki introvert.
  7. Flexibel di dalam hal apapun.
  8. Membuat diri sendiri nyaman di dalam berbagai situasi serta kondisi.
  9. Emosional ambivert lebih stabil, disebabkan karna bisa atau dapat menyeimbangkan antara kepribadian introvert serta extrovert.
  10. Lebih memiliki atau mempunyai intuisi tajam serta dapat menerapkannya.
  11. Memiliki pengaruh besar di dalam suatu kelompok.
  12. Mandiri serta tidak suka membuang waktu.
  13. Bersikap santai dan juga tidak menuntut banyak.

Kekurangan Orang Ambivert

Setiap kepribadian manusia itu tentu tidak terlepas dari kekurangan. Sama halnya itu dengan ambivert mempunyai kekurangan sebagai berikut :

  1. Kepribadian ambivert ini selalu berubah-ubah serta seringkali dianggap tidak konsisten.
  2. Ambivert dapat atau bisa merubah tingkah laku sesuai dengan mood.
  3. Mood ambivert sering berubah-ubah serta perubahan ini bisa atau dapat terjadi dalam waktu singkat.
  4. Sering tidak yakin dengan kepribadian yang dimiliki.
  5. Mudah merasa lelah serta kecapaian setelah melakukan banyak sosialisasi.
  6. Kesulitan membuat serta mengatur suatu perencanaan.
  7. Tidak jarang kelihatan ambigu pada saat berada ditengah-tengah pembicaraan.
  8. Orang ambivert mempunai kepribadian yang sulit ditebak. Sehingga keputusan yang dibuat seringkali mengejutkan serta tidak sesuai ekspektasi orang lain.
  9. Tipikal pasrah terhadap pilihan yang ada.
  10. Terkadang mengalami kesulitan di dalam menentukan apa yang ingin diputuskan.

Profesi Cocok Bagi Orang Ambivert

Dalam dunia profesi terdapat beberapa rekomendasi karir yang cocok digeluti oleh orang-orang ambivert, diantaranya :

  • Human Resources Department atau HRD
  • Pengacara
  • Terapis atau psikolog
  • Psikater
  • Marketing dan Sales
  • Blogger
  • Jurnalis
  • Posisi Manager Perusahaan
  • Party Planner
  • Event organizer atau EO
  • Diplomat atau Berhubungan dengan Hubungan Internasional
  • Guru
  • Bisnis

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kepribadian Ambivert, Ciri, Tanda, Kelebihan dan Kekurangan, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Talamus
Lihat Juga  √ Pengertian Kebijakan Fiksal, Tujuan, Macam, dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Close Source, Kelebihan & Kekurangan dan Contohnya