√ Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan dan Tugasnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Dikesempatan ini kita akan membahas mengenai Manajemen Perusahaan, penjelasan selengkapnya mengenai manajemen perusahaan ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan dan Tugasnya

Pengertian Manajemen Perusahaan

Pengertian Manajemen Perusahaan secara umum ini merupakan serangkaian unsur dalam perusahaan ialah sebagai proses memimpin, mengarahkan serta juga mengadministrasikan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Melalui penjelasan pengertian manajemen perusahaan itu sudah terlihat bahwa manajemen ini merupakanunsur penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan atau bisnis.

Dalam sebuah perusahaan, manajemen merupakan suatu komponen penting yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk mewujudkan visi misi yang ingin dicapai. Tanpa adanya manajemen perusahaan yang baik dan/atau juga struktur organisasi yang jelas, tujuan perusahaan tersebut tentu akan sulit dicapai dan mungkin justru menimbulkan ketidakjelasan pekerjaan serta tanggung jawab tiap-tiap anggota atau timnya.

Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli

Supaya lebih dalam lagi mengenai pengertian manajemen perusahaan ini maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli, diantaranya sebagai berikut :

1. Menurut George R. Terry, (1997)

Pengertian manajemen di perusahaan ini merupakan suatu proses yang berbeda terdiri dari

  1. perencanaan (planning),
  2. penyusunan (organizing),
  3. pengarahan (actuating), dan juga
  4. pengendalian (controlling)

yang mana hal tersebut dilakukan untuk bisa mencapai tujuan utama perusahaan dengan melibatkan manusia serta sumber daya lainnya.

2. Menurut Koontz,

Pengertian manajemen perusahaan ini merupakan suatu seni yang produktif yang didasarkan pada sebuah pemahaman ilmu yang mana ilmu serta seni itu tidak bertentangan, namun keduanya itu saling melengkapi.

3. Menurut Wilson

Pengertian manajemen perusahaan ini merupakan suatu serangkaian tindakan serta juga upaya anggota perusahaan untuk dapat mencapai sasaran atau target bisnis yang dinaungi perusahaan tersebut yang mana proses itu dicapai dengan melalui aktivitas yang sistematis.

4. Menurut Stoner

Pengertian manajemen perusahaan ini merupakan suatu proses di dalam membuat suatu perencanaan, penyusunan, pengendalian, serta juga memimpin berbagai usaha dari anggota entitas atau juga organisasi dengan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk dapat/bisa mencapai tujuan yang telah/sudah ditetapkan.

5. Menurut Lawrance A. Appley

Pengertian manajemen perusahaan ini merupakan sebuah seni dalam mencapai sebuah tujuan yang dinginkan serta dilaksanakan dengan usaha orang lain.

6. Menurut Mary Parker F

Pengertian manajemen di dalam perusahaan ini merupakan suatu seni, tiap-tiap pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan bantuan orang lain.

Fungsi Manajemen Perusahaan

Sehingga dengan adanya manajemen perusahaan yang baik serta juga terstruktur dalam sebuh bisnis atau organisasi itu mempunyai beberapa fungsi penting diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Memimpin (Leading)

Manajemen perusahaan yang dijalankan oleh seorang manajer yang bertindak untuk memimpin supaya tujuan perusahaan tersebut dapat tercapai. Adanya seorang manajer yang menjalankan manajemen perusahaan tersebut mempunyai tugas untuk:

  1. Mengambil sebuah keputusan
  2. Melakukan komunikasi
  3. Memberi suatu motivasi
  4. Menentukan sumber daya manusia (SDM) untuk masuk divisi tertentu
  5. Pengembangan SDM dengan melalui penilaian terhadap hasil kinerja dengan memberikan saran atau juga promosi.

2. Merencanakan (Planning)

Manajemen di dalam perusahaan itu memiliki fungsi ialah sebagai perencana kegiatan serta aktivitas seperti apa yang akan dilakukan anggota perusahaan. Perencanaan itu meliputi:

  1. Menentukan jenis kegiatan
  2. Menetapkan waktu pelaksanaan kegiatan
  3. Membuat target atau sasaran dari setiap kegiatan
  4. Mengatur jadwal (scheduling)
  5. Mengendalikan biaya agar tidak overbudget
  6. Membuat standar operasional prosedur dari setiap kegiatan

Fungsi tersebut sangat penting disebabkan karna tanpa adanya manajemen perusahaan yang baik, tentu perusahaan itu akan sulit bergerak sesuai dengan tujuannya.

3. Menyusun (Organizing)

Adanya manajemen perusahaan tersebut dapat berperan ialah sebagai pengatur serta penghubung antar divisi pekerjaan sehingga pelaksanaan tiap-tiap tanggungjawab lebih efisien serta efektif, seperti:

  1. Membuat desain struktur organisasi
  2. Menentukan job description
  3. Mendelegasikan tanggung jawab
  4. Menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan serta staff
  5. Mendeskripsikan tiap-tiap yang hal yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya manusia.

4. Pengawasan (Controlling)

Tiap-tiap kegiatan/aktivitas serta tanggung jawab dari masing-masing divisi di dalam sebuah perusahaan itu perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi yang namanya penyimpangan dari sebuah divisi. Manajer perusahaan itu berkewajiban untuk bisa mengarahkan, memberi saran serta menentukan keputusan seperti apa yang harus diambil apabila terjadi penyimpangan.

Kegiatan pengawasan, pengendalian serta pengamatan itu meliputi:

  1. Perkembangan pekerjaan
  2. Pengukuran hasil pekerjaan
  3. Melakukan tindakan koreksi dan perbaikan terhadap kesalahan

Tingkatan Level Manajemen Perusahaan

Umumnya level atau tingkatan manajemen di dalam perusahaan terdiri dari beberapa bagian, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Top Management
    Pada level ini terdiri dari Boards of Director atau yang lebih dikenal dengan sebutan Chief Of Executif, serta Senior Executif.
  2. Midle Management
    Pada tingkatan ini terdiri dari Departement of Division Head.
  3. Lower Management
    Di level ini terdiri dari Superintenden, General Foreman, serta juga Supervisor.

apabila mengarah kepada kemampuan manajerial serta juga kemampuan dalam berfikir maka mereka yang berada pada top level (tingkatan tertinggi) itu yang akan dituntut kemampuannya di dalam hal konseptual. Sedangkan untuk mereka yang posisinya berada di level bawah itu akan dituntut kemampuannya di dalam hal teknis operasional serta kemampuan mikro.

Tugas Manajemen Perusahaan

Untuk dapat mewujudkan fungsi-fungsi itu, perusahaan tersebut biasanya mempunyai beberapa komponen manajemen perusahaan yang terbagi dengan berdasarkan tugas serta tanggung jawabnya. Tugas serta tanggungjawab itu diwujudkan dengan melalui sistem atau divisi atau disebut dengan departemen yang bertingkat diantaranya :

1. Human Research

Divisi ini memiliki tugas ialah sebagai penilai yang memberikan saran serta juga wawasan terhadap sumber daya yang biasanya dipimpin oleh seorang HRD.

2. Credit Risk

Divisi yang bertanggung jawab untuk dapat melindungi serta juga memberi pengawasan terhadap aset perusahaan dan juga memegang informasi lengkap yang bisa berpengaruh terhadap perusahaan.

3. Corporate Treasury

Divisi yang bertanggungjawab di dalam mengelola keuangan sebuah perusahaan.

4. Compliance

Divisi yang bertindak untuk bisa/dapat mengidentifikasi serta juga memberi bimbingan terhadap suatu pelanggaran aturan dan juga mendesain aturan yang efektif untuk dapat mendukung komitmen perusahaan.

5. Firm Risk Management

Divisi yang bertanggung jawab atas pengembangan manajemen risiko.

6. Firm Strategy and Execution

Divisi yang memiliki tanggung jawab untuk dapat atau bisa membantu di dalam pengambilan keputusan.

7. Finance

Divisi bertugas untuk melaporkan keuangan sebuah perusahaan kepada pimpinan.

8. Internal Audit

Divisi ini memiliki tugas untuk memberikan tinjauan independen dari kualitas pengendalian internal, manajemen risiko, serta juga sistem tata kelola proses perusahaan.

9. Market Risk

Divisi ini memiliki tugas untuk mengelola seluruh eksposur risiko pasar dalam kegiatan atau aktivitas bisnis perusahaan.

10. Operational Risk

Bagian dari perusahaan yang bekerja sama dengan unit bisnis serta juga kelompok kontrol untuk dapat membantu memastikan perusahaan itu mempunyai program yang transparan.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Manajemen Perusahaan, Fungsi, Tingkatan dan Tugasnya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  Pengertian Diagnosis, Ciri, Manfaat dan Tahapan Diagnosa
Lihat Juga  √ Pengertian Ovarium, Struktur dan Bagian Beserta Fungsinya
Lihat Juga  √ Pengertian Antibodi, Sifat, Fungsi, Struktur dan Jenisnya