√ Pengertian Masyarakat

Diposting pada

pengertian-masyarakat

Pengertian Masyarakat

Pengertian Masyarakat ini merupakan suatu kelompok manusia yang hidup dengan secara bersama-sama di dalam suatu wilayah serta kemudian membentuk sebuah sistem, baik itu semi terbuka atau juga semi tertutup, yang mana interaksi yang terjadi di dalamnya ialah antara individu-individu yang terdapat di kelompok tersebut.

Dengan secara etimologis kata dari “masyarakat” ini berasal dari bahasa Arab, yaiut “musyarak” yang memiliki arti hubungan atau interaksi. Sehingga kemudian definisi masyarakat tersebut ialah suatu kelompok manusia yang hidup dengan secara bersama-sama di suatu daerah atau tempat serta juga saling berinteraksi di dalam komunitas yang teratur.

Suatu masyarakat terbentuk disebabkan karna tiap-tiap manusia itu menggunakan perasaan, pikiran, serta hasratnya untuk bereaksi terhadap lingkungannya. Hal ini kemudian menunjukkan bahwa manusia tersebut meruapakan mahluk sosial yang secara kodrati yang saling membutuhkan antara satu sama lainnya.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Supaya dapat lebih memahami mengenai apa arti dari masyarakat, maka kita bisa merujuk pada pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli diantaranya sebagai berikut :

1. Menurut Paul B. Harton

Pengertian masyarakat ini merupakan sekumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama di dalam waktu relatif cukup lama, mendiami suatu daerah atau wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan yang sama, serta juga melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok manusia tersebut.

2. Menurut Ralp Linton

Pengertian masyarakat ini merupakan sekelompok manusia yang hidup serta bekerja sama cukup lama sehingga mereka kemudian bisa atau dapat mengatur diri mereka serta menganggap diri mereka itu sebagai suatu kesatuan sosial yakni dengan batas-batas yang dirumuskan dengan secara jelas.

3. Menurut John J. Macionis

Pengertian masyarakat ini merupakan orang-orang yang berinteraksi di dalam suatu wilayah tertentu serta mempunyai budaya bersama.

4. Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian masyarakat ini merupakan suatu proses terjadinya interaksi sosial, suatu interaksi sosial tersebut tidak akan mungkin terjadi jika tidak memenuhi 2 syarat, kedua syarta itu ialah interaksi sosial serta komunikasi.

5. Menurut Selo Sumardjan

Pengertian masyarakat ini merupakan orang-orang yang hidup bersama serta menghasilkan suatu kebudayaan.

Ciri Masyarakat

Ciri-Masyarakat

Suatu masyarakat itu bisa atau dapat dikenali dari karakteristik yang terdapat di dalamnya. Dibawah ini merupakan ciri-ciri masyarakat diantaranya sebagai berikut:

1. Berada di Wilayah Tertentu

Seperti pada pengertian masyarakat di atas, suatu kelompok masyarakat tersebut mendiami di suatu daerah atau wilayah tertentu dengan secara bersama-sama serta mempunyai suatu sistem yang mengatur hubungan antar individu.

2. Hidup Secara Berkelompok

Manusia ini merupakan mahluk sosial serta akan selalu membentuk kelompok dengan berdasarkan kebutuhan bersama. Kelompok manusia tersebut juga akan semakin besar serta berubah menjadi suatu masyarakat yang saling tergantung antara satu sama lain.

3. Terdapat Suatu Kebudayaan

Suatu kebudayaan ini hanya dapat tercipta bila terdapat masyarakat. Oleh sebab itu, sekelompok manusia yang telah atau sudah hidup bersama di dalam waktu tertentu kemudian akan melahirkan suatu kebudayaan yang selalu mengalami penyesuaian serta juga diwariskan dengan secara turun-temurun.

4. Terjadi Perubahan

Suatu masyarakat tersebut kemudian akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu disebabkan karna memang pada dasarnya masyarakat mempunyai sifat yang dinamis. Perubahan yang terjadi di masyarakat itu akan disesuaikan dengan kebudayaan yang sebelumnya itu telah ada.

5. Terdapat Interaksi Sosial

Interaksi sosial ini akan selalu terjadi di dalam suatu masyarakat. Interaksi tersebut dapat atau bisa terjadi bila individu-individu itu saling bertemu antara satu dengan lainnya.

6. Terdapat Pemimpin

Aturan serta norma dibutuhkan di dalam suatu masyarakat supaya kehidupan harmonis bisa atau dapat terwujud. Untuk itu, maka dibutuhkan pemimpin untuk kemudian menindaklanjuti hal-hal yang telah atau sudah disepakati sehingga kemudian bisa atau dapat berjalan sebagaimana mestinya

7. Terdapat Stratafikasi Sosial

Di dalam masyarakat tersebut juga kemudian akan terbentuk golongan tertentu, baik itu dengan berdasarkan tugas serta tanggungjawab, maupun juga religiusitasnya. Dalam hal ini stratafikasi ini dilakukan dengan menempatkan individu pada posisi tertentu itu sesuai dengan keahlian serta kemampuannya.

Unsur Masyarakat

Unsur-Masyarakat

Masyarakat tersebut terbentuk oleh beberapa unsur penting di dalamnya. Adapun unsur-unsur masyarakat diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Sekumpulan Orang Banyak

Dalam hal ini orang banyak (crowd) ini merupakan sekelompok orang banyak yang berada di suatu tempat tertentu. dibawah ini merupakan karakteristik orang banyak diantaranya ;

  1. Terbentuk sebab oleh karna adanya suatu pusat perhatian bersama.
  2. Terjadi tanya dan jawab di sekitar objek yang menjadi suatu pusat perhatian.
  3. Proses terbentuknya itu membutuhkan waktu lama.
  4. Adanya perasaan yakni sebagai satu kesatuan.

2. Golongan

Pengelompokan ini dilakukan di dalam masyarakat dengan berdasarkan karakteristik yang dimiliki, baik itu secara objektif atau juga subjektif. Ciri-ciri suatu golongan tersebut mencakup, diantaranya ;

  1. Terdapat perbedaan status serta peran.
  2. Terdapat pola interaksi yang beragam.
  3. Terjadi distribusi hak serta kewajiban tiap-tiapanggota.
  4. Terdapat sanksi serta penghargaan.

3. Perkumpulan (Asosiasi)

Perkumpulan ini ialah suatu kesatuan banyak individu yang terbentuk yaki dengan secara sadar serta memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Pembentukan asosiasi tersebut juga dilakukan dengan berdasarkan kepentingan, minat, pendidikan, tujuan, agama, serta  profesi.

4. Kelompok

Tidak sama dengan asosiasi, kelompok ini adalah suatu unsur masyarakat yang lebih kecil. Dibawah ini merupakan beberapa karakteristiknya diantaranya sebagai berikut;

  1. Terdapat struktur, kaidah, dan pola tertentu.
  2. Terdapat interaksi antar anggota kelompok.
  3. Adanya kesadaran tiap anggota bahwa mereka ini merupakan bagian dari suatu kelompok.
  4. Terdapat faktor pengikat, yakni kepentingan,ideologi, nasib, tujuan, dari tiap anggota.

Bentuk Masyarakat

Bentuk-Masyarakat

Adapun bentuk dari masyarakat ini, diantaranya sebagai berikut :

  1. Masyarakat natur,ini merupakan siati masyarakat yang terjadi dengan sendirinya, seperti misalnya:  suku (stam), geromboklan (harde), yang disebabkan karna hubungan darah atau keturunan.
  2. Masyarakat kultur, ini merupakan masyarakat yang terjadi disebabkan karna kapentingan kedunian atau kepercayaan.

Masyarakat dipandang dari sudut Antropologi itu terdapat dua tipe masyarakat:

  1. Masyarakat kecil yang belum begitu kompleks, maksudnya belum mengenal pembagian kerja, juga belum mengenal tulisan, serta tehknologi nya sederhana.
  2. Masyarakat sudah kompleks, omo maksudnya yang sudah jauh di dalam menggunakan atau menjalankan spesialisasi di dalam segala macam bidang bermasyarakat, disebabkan karna pengetahuan modern ini juga sudah maju, kemudian teknologi pun juga sudah berkembang, serta juga sudah mengenal tulisan.

Jenis Masyarakat

Jenis-Masyarakat

Secara umum, masyarakat tersebut bisa atau dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni masyarakat primitif serta masyarakat modern. Dibawah ini merupakan penjelasannya :

1. Masyarakat Primitif/ Sederhana

Ini merupakan jenis masyarakat yang di dalamnya itu belum terjadi perkembangan yang berarti di dalam hal ilmu pengetahuan serta teknologi di dalam kehidupan mereka. Umumnya masyarakat ini masih terisolasi serta sangat jarang berinteraksi itu dengan masyarakat lainnya di luar komunitas mereka.

Dibawah ini merupakan ciri-ciri masyarakat primitif/ sederhana diantaranya sebagai berikut;

  1. Masyarakatnya masih miskin ilmu serta harta.
  2. Masih berpatokan kepada budaya nenek moyang.
  3. Menolak budaya asing di dalam komunitasnya.
  4. Pemimpinnya dipilih dengan berdasarkan garis keturunan.

2. Masyarakat Modern

Ini merupaka jenis masyarakat yangSecara etimologis kata “masyarakat” ini berasal dari bahasa Arab, yakni “musyarak” yang art sudah mengenal ilmu pengetahuan serta teknologi terbaru, serta juga menggunakannya sehari-hari. Umumnya masyarakatnya tersebut juga sangat terbuka dengan hal yang baru serta sering berinteraksi itu dengan masyarakat luar.

Dibawah ini merupakan ciri-ciri masyarakat modern diantaranya sebagai berikut sebagai berikut;

  1. Masyarakatnya sangat terbuka itu dengan hal-hal baru.
  2. Tiap individu di dalam masyarakat modern ini sangat menghargai waktu.
  3. Pemimpin dipilih dengan berdasarkan kemampuannya.
  4. Lebih mengandalkan logika serta tindakan rasional.
  5. Masyarakatnya terdiri dari segala macam suku serta golongan.

Masyarakat Madani

Pengertian masyarakat madani ini merupakan masyarakat yang sudah menerima segala macam bentuk kamajuan serta juga bisa atau dapat memanfaatkannya yakni sebagai kebutuhan. Masyarakat madani ini merupakan golongan tertinggi di dalam kehidupan, alasan hal tersebut diungkapkan karena di dalam masyarakat madani ini bukan hanya menerima perubahan sosial namun tetapi juga mampu untuk melakukan filtrasi di dalam perubahan yang dianggap sesuai maupun tidak.

Masyarakat Multikutural

Masyarakat multikultural ini ialah sebuah masyarakat yang hidup dengan secara bersama di dalam banyak perbedaan, masyarakat tersebut juga mempunyai hubungan yang tidak begitu terlalu namun tetapi di dalam menjaganya itu diperlukan kesadaran bahwa pentingnya untuk dapat hidup bersama di dalam suatu kerukunan.

Masyarakat Majemuk

Pengertian masyarakat majemuk ini merupakan masyarakat yang bersatu disebabkan karna banyak sekali perbedaan di dalamnya, masyarakat tersebut kemudian cederung melakukan hubungan sosial yang terbatas untuk bisa atu dapat menghindari konflik sosial yang ada. Masyrakat majemuk ini sering kali diibaratkan sebagai masyarakat yang terbentuk di dalam ruang lingkup yang sangat besar, tanpa adanya perbedaan di wilayah.

Contoh yangdapat diberikan di dalam masyarakat majemuk, misalnya ialah seperti Masyarakat Ekonomi Asean yang berada di dalam ruang lingkup Asean, tidak terdapat batas negara hanya saja hubungan yang dilakukan itu hanya sebatas hubungan dalam perekonomian.

Proses Terbentuknya Masyarakat

Karena sifat manusia yang sama sama saling membutuhkan, tanpa disadari kemudian terbentuklah masyarakat. Di dalam Ilmu Sosial, proses terbentuknya suatu kelompok masyarakat itu diantaranya :

  1. Adanya pemenuhan didalam kebutuhan biologis seperti misalnya papan, sandang serta pangan, seluruh kebutuhan itu akan sangat sulit terpenuhi apabila hidup individual maka manusia itu kemudian mulai menyadari pentingnya penyelenggaraan secara bersama-sama di dalam memenuhi kebutuhan tersebut.
  2. Kemungkinan untuk bersatu dengan manusia lainnya
  3. Rasa ingin bersatu itu dengan lingkungan
  4. Manusia adalah organisme yang berkembang biak, maka dengan secara alami akan terbentuk masyarakat kecil di dalam satu keluarga.
  5. Dengan terbentuknya suatu kelompok masyarakat tersebut maka kemudian akan mengurangi ancaman dan juga bisa atau dapat mempertahankan diri dari kekuatan alam, hewan, serta juga kelompok lain yang bahkan lebih besar.

Terbentuknya masyarakat ini juga terjadi akibat adanya kecendrungan yang dimiliki manusia di dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Contoh ialah terbentuknya suatu kelompok masyarakat ini bisa kita ambil dari terbentuknya sebuah keluarga yakni pertama pertemuan antara laki-laki serta perempuan yang setelah itu berhubungan dengan tujuan yakni mendapatkan keturunan, kemudian setelah itu akan terbentuk sebuah keluarga kecil, dan lama-kelamaan keluarga tersebut akan menjadi keluarga besar, lalu setelah itu akan terbentuk suatu wangsa atau juga dinasti dan setelah itu akan terbentuk bangsa dan juga setelah itu akan terbentuklah suatu negara.

Syarat Masyarakat

Syarat-Masyarakat

Kondisi absolut yang membentuk konsep dari pembentukan sosial di dalam kehidupan manusia diantaranya :

1. Manusia yang Hidup Bersama

Manusia sebagai makhluk sosial itu pasti tidak dapat untuk hidup sendiri, Kesendirian yang dialami orang itu kemudian akan mendorong seseorang untuk bergaul serta berinteraksi. Interaksi yang terbentuk itu setidaknya terdiri dari dua orang yang hidup secara bersama, baik itu bersosialisasi, menjalin hubungan atau juga mempertahankan hubungan sosial yang lain.

2. Melakukan Sosialisasi

Persyaratan kelompok sosial ini ialah bahwa masyarakat itu harus dapat atau bisa mengajar generasi berikutnya. Ini merupakan sebuah bagian penting dari memperkenalkan serta mewariskan warisan ras serta juga keturunan kepada anggota baru di dalam kehidupan kalangan masyarakat.

3. Menciptakan Komunikasi dan Perturan

Sistem hubungan manusia ini dengan segala macam cara berpikir tidak bisa dipisahkan dari konflik sosial yang menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan manusia. Untuk kemudian mengamankan komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat tersebut, maka kemudian muncul banyak peraturan yang didasarkan oleh kesepakatan secara bersama, yangmana di dalam sebuah komunikasi serta perturan tersebut merupakan bagian dari persyaratan komunitas terhadap prosedur tersebut.

4. Bergaul dalam Waktu Cukup Lama

Syarat selanjutnya bagi masyarakat ialah bergaul dengan seseorang dilingkungan sosial, bukan hanya untuk sekali seumur hidup. Syarat utama ini menunjukan bahwa anggota masyarakat tersebut harus masuk ke dalam hubungan sosial terhadap periode waktu tersebut.

5. Menyadari Integrasi Sosial

Kondisi selanjutnya bagi masyarakat ialah adanya tingkat kesadaran yang memperhitungkan bahwa pentingnya hidup bersama (integrasi). Kehidupan yang kemudian menjadi keharusan mutlak bagi tiap-tiap individu yang menjadi anggota komunitas tertentu, disebabkan karna semua komunitas berada di dalam area spesifik yang menghasilkan integrasi sosial.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Masyarakat, Unsur, Ciri, Jenis, Syarat dan Bentuk, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ 15 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Alinea
Lihat Juga  √ Pengertian Tumbuhan Dikotil, Jenis, Struktur, Ciri, dan Contohnya