Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai Media Sosial, penjelasan mengenai Media Sosial akan diuraikan dibawah ini :
Pengertian Media Sosial
Media sosial merupakan sebuah media daring dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum serta juga dunia virtual.
Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli
Menurut Antony Mayfield (2008)
Pengertian Media Sosial ialah media yang penggunanya mudah berpartisipasi, berbagai serta juga menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk juga virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien
Pengertian Media Sosial merupakan suatu kelompok aplikasi yang memiliki basis internet yang membangun itu di atas dasarideologi serta juga teknologi Web 2.0 serta juga yang hal tersebut memungkinjab penciptaan dan juga pertukaran user generated content.
Menurut Lisa Buyer
Pengertian Media Sosial ialah suatu bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik dan juga interaktif saat ini
Menurut Sam Decker
Pengertian Media Sosial merupakan konten digital serta juga interaksi yang dibuat antar satu sama lain.
Menurut Marjorie Clayman
Pengertian Media Sosial merupakan suatu alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk dapat mengetahui pelanggan serta calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya itu tidak mungkin.
Menurut Philip Kotler & Kevin Keller (2012:568)
Pengertian Media Sosial ini merupakan sarana bagi konsumen untuk dapat berbagai informasi teks, gambar, video, serta juga audio antara dengan satu sama lain bahkan juga dengan perusahaan serta sebaliknya.
Menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007:3)
Pengertian Media Sosial merupakan situs jaringan sosial misalnya layanan berbasis web yang memungkinkan tiap-tiap individu untuk membangun profil publik maupun juga semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, serta juga melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.
Karakteristik Media Sosial
Dibawah ini merupakan karakteristik atau ciri-ciri dari media sosial diantaranya sebagai berikut :
Partisipasi
Media sosial ini mendorong kontribusi serta juga umpan balik dari tiap-tiap orang yang tertarik atau juga berminat menggunakannya, hingga dapat/bisa menyamarkan batas-batas itu antara media serta audience.
Keterbukaan
Kebanyakan media sosial yang terbuka bagi umpan balik serta juga partisipasi dengan melalui sarana voting, berbagi dan juga komentar. Terkadang batasan untuk mengakses dan juga memanfaatkan isi pesan (perlindungan password terhadap isi cenderung dianggap aneh).
Perbincangan
Media sosial ini memungkinkan terjadinya perbincangan maupun pengguna secara dua arah.
Keterhubungan
Kebanyakan media sosial ini berkembang pesat sebab memiliki suatu kemampuan yang dapat melayani keterhubungan antar pengguna, dengan menggunakan fasilitas tautan (links) ke website, sumber informasi bagi pengguna lainnya.
Fungsi Media Sosial
Dibawah ini merupakan fungsi media sosial diantaranya sebagai berikut :
- Untuk memperluas interaksi sosial manusia dengan menggunakan internet serta teknologi web
- Mentransformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam suatu praktik komunikasi dialogis antara banyak pemirkasa/audiens(many to many).
- Mendukung demokratisasi pengetahuan serta juga informasi.
- Mentranformasi manusia dari pengguna isi pesan menjadi pembuat pesan itu sendiri.
Menurut Puntoadi (2011:5), penggunaan media sosial ini memiliki fungsi, diantaranya sebagai berikut :
- Membangun personal branding dengan melalui sosial media ialah tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena audiens yang akan menentukan. Berbagai sosial media tersebut menjadi media untuk orang yang berkomunikasi, berdiskusi serta juga bahkan menberikan sebuah popularitas di media sosial.
- Memberikan sebuah kesempatan yang berfungsi sebagai interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial tersebut menawarkan content komunikasi yang lebih individual. Melalui media sosial juga berbagai para penjual dapat mengetahui kebiasaan dari konsumen mereka serta juga melakukan suatu interaksi itu dengan secara personal dan juga dapat membangun sebuah ketertarikan yang lebih dalam.
Jenis-Jenis Media Sosial
Menurut Kotler & Keller, itu terdapat tiga (3) platform utama untuk media sosial diantaranya :
Online Communities And Forums
Terdapat berbagai bentuk serta juga ukuran komunitas online dan forum, yang mana hal itu banyak dibuat oleh pelanggan atau juga kelompok pelanggan tanpa adanya bunga komersial atau juga afiliasi perusahaan. Sebagian komunitas online dan forum tersebut disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi antara perusahaan satu dengan yang lain melalui posting, instant, messaging, serta juga chatting yang berdiskusi mengenai minat khusus yang dapat berhubungan dengan produk perusahaan serta merek.
Blogs
Terdapat sekitar tiga juta pengguna blog dan juga sangat beragam, beberapa berupa blog pribadi untuk teman-teman dekat maupun keluarga, serta yang lainnya dibuat untuk dapat menjangkau serta juga mempengaruhi banyak orang.
Social Networks
Jaringan sosial ini sudah menjadi kekuatan yang penting baik dalam bisnis konsumen serta juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya ialah facebook, messanger, twitter dan lain sejenisnya. Jaringan yang berbeda itu menawarkan manfaat yang berbeda juga untuk perusahaan.
Menurut Puntoadi (2011:34), ada beberapa macam media sosial, diantaranya sebagai berikut :
Bookmarking
Bookmarking ini memberikan kesempatan untuk menshare link serta tag yang diminati. Hal itu bertujuan supaya tiap-tiap orang dapat menikmati yang kita sukai.
Content Sharing
Dengan melalui situs content sharing itu orang menciptakan berbagai media serta juga publikasi untuk berbagi dengan orang lain. YouTube dan Flikr itu merupakan situs content sharing yang biasa dikunjungi oleh banyak orang..
Wiki
Merupakan situs yang mempunyai berbagai karakteristik yang berbeda Contohnya seperti situs knowledge sharing, wikitravel yang berfokus pada informasi tempat, serta juga konsep komunitas lebih eksklusif.
Flickr
merupakan Situs yang dimiliki yahoo mengkhususkan image sharing dengan kontributor yang ahli di tiap-tiap bidang fotografi di seluruh dunia. Flickr tersebut menjadikan photo catalog bagi produk yang dipasarkan.
Social Network
Aktivitas yang menggunakan fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjalin sebuah hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking itu diantaranya linkedin, facebook, serta MySpace.
Creating Opinion
Media sosial ini memberikan sarana berbagi opini dengan orang lain di seluruh dunia. dengan melalui creating opinion, semua orang itu dapat menjadi penulis, jurnalis serta juga komentator.
Menurut Kaplan serta Haenlein, jenis-jenis media sosial itu diantaranya yaitu:
Konten
Pengguna situs ini mengklik tiap-tiap konten saham konten media, Contohnya seperti gambar, video, ebook serta lain sebagainya.
Proyek Kolaborasi
Situs ini memungkinkan para pengguna itu bisa mengubah, menambah, ataupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website. Contohnya seperti wikipedia.
Blog dan Microblog
Pengguna bebas itu dalam mengekspresikan sesuatu hal contohnya seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. misalnya twitter.
Virtual Game World
Sebuah dunia maya, dalam lingkup 3D ini mengreplikasikan pengguna didalam bentuk yang diinginkan serta juga berinteraksi dengan orang lain baik dunia nyata.
Virtual Social World
Virtual dunia yang pengguna merasa hidup dunia maya, contohnya seperti dunia game virtual berinteraksi dengan orang lain. Namun, dunia virtual sosial ini lebih luas serta juga arahnya lebih ke kehidupan contohnya seperti second life.
Dampak Media Sosial
Adanya media sosial tentu saja mempunyai dampak positif/baik serta juga dampak negatif/buruk. Dibawah ini merupakan dampak positif dan dampak negatif media sosial, diantaranya sebagai berikut :
Dampak Positif Media Sosial
Dibawah ini merupakan dampak positif media sosial diantaranya sebagai berikut :
- Mempererat silaturahim
- Menyediakan ruang untuk berpesan positf. Sosial media telah banyak digunakan oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.
- Mengakrabkan hubungan pertemanan.
- Menyediakan informasi yang tepat dan akurat.
- Menambah wawasan dan pengetahuan.
Dampak Negatif Media Sosial
Dibawah ini merupakan dampak negatif media sosial, diantaranya sebagai berikut :
- Penipuan
- Pornografi
- Prostitusi
- Sarana penyebaran ideologi paling efektif dan efisien.
Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. - Situs jejaring sosial menjadi tempat bagi orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan
- Remaja dan anak, mudahnya mengeluarkan bahasa apapun di media sosial
Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Dampaknya, semoga apa yang diuraikan diatas mengenai media sosial dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih