√ Pengertian Promosi, Tujuan, dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Posted on

Pendidikan.Co.Id – Promosi merupakan suatu akitivitas/kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang maupun sebuah perusahaan dengan masyarakat luas, yang hal itu dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ asa/merek/perusahaan) kepada masyarakat secara luas dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas itu supaya mau membeli serta menggunakan produk tersebut.

Pengertian Promosi, Tujuan, dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Pengertian Promosi

Pengertian Promosi merupakan suatu aktiviat/kegiatan pemasaran yang umum dilakukan tenaga pemasaran untuk memberikan informasi suatu produk serta juga mendorong konsumen supaya mau membeli atau menggunakan produk tersebut. Cara serta media promosi ini juga banyak sekali, bahkan metode promosi itu selalu berkembang seiring berjalannya waktu.

Masyarakat awam sering mendengar serta juga membaca promosi, baik itu promosi didalam bentuk media cetak, baliho, billboard, radio, televisi, serta juga internet. Mereka yang mempunyai minat yang sesuai dengan iklan atau juga promosi tersebut umumnya ini akan membaca informasi yang terdapat di promosi tersebut lebih lama.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Supaya lebih mengerti mengenai apa arti promosi, kita dapat merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Di bawah ini merupakan beberapa pengertian promosi menurut para ahli:

1. Promosi Menurut Harper Boyd

definisi promosi ini merupakan upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep serta gagasan.

Lihat Juga  √ Pengertian Administrasi

2. Promosi Menurut Swastha

pengertian promosi merupakan suatu persuasi satu arah yang di buat untuk dapat mempengaruhi orang lain yang memiliki tujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran didalam pemasaran.

3. Promosi Menurut Boone & Kurtz

definisi promosi merupakan suatu proses menginformasikan, membujuk, serta juga mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

4. Promosi Menurut Tjiptono

arti promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan serta produknya supaya bersedia untuk menerima, membeli, serta loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

5. Promosi Menurut Kotler

pengertian promosi merupakan suatu bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

6. Promosi Menurut Gitosudarmo

pengertian promosi merupakan aktivitas/kegiatan yang ditujukan untuk dapat mempengaruhi konsumen supaya mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan kepada mereka dan kemudian mereka akan menjadi senang kemudian akan lanjut untuk membeli produk tersebut.

Tujuan Promosi

Semua orang yang melakukan promosi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Mengacu pada pengertian promosi yang dipaparkan diatas, dibawah ini merupakan beberapa tujuan promosi pada umumnya:

  1. Untuk menyebarluaskan informasi mengenai sebuah produk (barang/ jasa) kepada masyarakat luas atau para calon konsumen potensial.
  2. Untuk menjangkau serta juga mendapatkan konsumen baru dan juga menjaga loyalitas mereka.
  3. Untuk membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus juga untuk meningkatkan keuntungan.
  4. Untuk membantu mengangkat keunggulan serta juga membedakan suatu produk dengan produk dari pesaing.
  5. Untuk branding atau menciptakan citra suatu produk di mata konsumen sesuai dengan keinginan perusahaan.
  6. Untuk mempengaruhi pendapat serta juga perilaku konsumen terhadap suatu produk.
Lihat Juga  √ Pengertian Inflasi

Jadi, secara keseluruhan tujuan utama dari melakukan promosi ini ialah supaya meningkatkan angka penjualan dan meningkatkan keuntungan usaha serta juga menambah citra produk.

Jenis-Jenis Promosi

Cara pemasaran yang sangat beragam ini sudah menciptakan berbagai bentuk serta juga cara promosi yang sangat beragam pula. Secara umum, Dibawah ini merupakan beberapa jenis promosi yang banyak kita temukan saat ini:

Promosi Secara Fisik

Promosi seperti ini bisa kita temukan pada event atau pada saat kegiatan tertentu, contohnya seperti bazar, konser, pameran, dan lain sebagainya. Dalam kegiatan/aktivitas promosi ini biasanya para penjual itu membuka booth untuk menawarkan produknya (barang/ jasa).

Kelebihan Promosi Secara Fisik

Kelebihan dari promosi jenis ini ialah sangat memungkinkan pengusaha untuk menjangkau langsung serta secara langsung juga melakukan interaksi dengan calon konsumen.

Kekurangan Promosi Secara Fisik

Sedangkan kekurangan jenis promosi seperti ini ialah  terbatasnya calon konsumen yang bisa dijangkau. Kegiatan atau aktivitas seperti ini hanya diadakan pada lokasi tertentu, contohnya seperti perkantoran, sekolah/ kampus, mall, dan lain sebagainya, sehingga hanya orang yang berada di lokasi itu saja yang dapat dijangkau.

Promosi Melalui Media Tradisional

Promosi jenis ini dulunya sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Beberapa diantaranya ialah dengan promosi melalui media cetak (koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya), radio, televisi, iklan banner, billboard, dan lain sebagainya.

Promosi jenis ini juga tentu memiliki keuntungan tersendiri apabila dibanding promosi secara fisik, yakni dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu lama. Namun, jenis promosi ini juga tentu punya kekurangan yakni mahalnya biaya promosi, baik dari sisi medianya atau juga biaya promosinya.

Promosi Melalui Media Digital

Perkembangan teknologi serta media informasi sudah mengubah cara promosi di era digital. Beberapa promosi dengan melalui media digital yang banyak dilakukan ialah dengan melalui media sosial, jaringan website, mesin pencari, dan lain sebagainya.

Lihat Juga  √ Pengertian Adsorpsi

Para pengusaha yang sudah melek akan teknologi ini akan lebih memilih untuk mempromosikan bisnis mereka dengan melalui internet. Selain karena lebih murah, juga dapat menjangkau banyak orang, serta proses untuk promosinya juga dianggap lebih mudah serta juga cepat.

Kelebihan Promosi Media Digital

Kelebihan promosi dengan melalui media digital ini ialah biayanya yang cenderung lebih murah, pelaksanaannya juga lebih mudah jgua cepat, serta juga dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia.

Kekurangan Promosi Media Digital

Sedangkan kekurangan promosi digital ini dibutuhkannya kreatifitas didalam berpromosi secara terus menerus dikarena terdapat banyak kompetitor yang bermain di dalamnya. Dengan kata lain, kunci dari keberhasilan promosi digital ini ialah pada keunikan dan tepat sasaran.

Nah itulah penjelasan mengenai