√ Wilayah Dan Perwilayahan : Pengertian, Jenis, Ciri, Pembagian, dan Contohnya Menurut Para Ahli

Posted on

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kita akan membahas mengenai Wilayah, yang melingkupi juga beberapa definisi wilayah yang dikemukakan oleh para ahli, dan juga jenis serta pembagian wilayah tersebut, adapun penjelasannya sebagai berikut :

Wilayah Dan Perwilayahan : Pengertian, Jenis, Ciri, Pembagian, dan Contohnya Menurut Para Ahli

Pengertian Wilayah (Region)

Wilayah merupakan sebuah daerah yang dikuasai atau juga yang menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Secara umum, wilayah (region) merupakan suatu bagian permukaan bumi yang mempunyai karakteristik khusus atau juga khas tersendiri yang menggambarkan satu keseragaman atau juga homogenitas sehingga akan dengan jelas dapat dibedakan dari wilayah-wilayah lain di sekitarnya.

Wilayah merupakan suatu bagian atau daerah di permukaan bumi yang dibatasi oleh adanya kenampakan tertentu yang memiliki ciri dan sifatnya itu khas dan juga membedakan wilayah tersebut dengan wilayah lainnya. Contohnya, wilayah hutan berbeda dengan wilayah pertanian, wilayah kota berbeda juga wilayah perdesaan.

Wilayah merupakan suatu konsep yang digunakan untuk dapat mengidentifikasi serta juga mengorganisasi daerah (area) di muka Bumi untuk segala tujuan. Suatu wilayah mempunyai karakteristik tertentu yang memberikan ukuran-ukuran kesamaan serta juga perbedaan dengan wilayah lain.

Wilayah tersebut juga bisa digunakan untuk menyederhanakan daerah di muka Bumi dengan pengaturan dengan berdasarkan pada karakteristik fisik serta sosial yang ada. Wilayah dibangun manusia ialah sebagai suatu hasil kreasi serta juga memiliki batas-batas yang diturunkan dari kriteria khusus.

Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan beberapa pengertian wilayah yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya :

R.E. Dickinson

Menurut R.E. Dickinson, Wilayah merupakan sesuatu yang kondisi fisiknya itu homogen.

A.J. Heriston

Menurut beliau, Wilayah merupakan suatu komplek tanah, air, udara, tumbuhan, hewan serta juga manusia dengan hubungan khusus ialah sebagai kebersamaan yang kelangsungannya itu mempunyai karakter khusus dari permukaan bumi.

Fannemar

Menurut Fannemar, Wilayah merupakan suatu area yang digolongkan dengan melalui kenampakan permukaan yang sama serta juga dikontraskan dengan area sekitarnya.

Taylor

Menurut Taylor, Wilayah merupakan sebuah bagian dari permukaan bumi yang berbeda serta juga ditunjukkan oleh sifat-sifat yang berbeda dan juga ditunjukkan oleh sifat-sifat yang tidak sama dari yang lainnya.

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 Mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Wilayah meurpakan suatu ruang yang merupakan kesatuan geografis dan juga segenap unsur terkait padanya yang batas serta juga sistemnya itu ditentukan dengan berdasarkan aspek administratif serta/aspek fungsional.

Jenis-Jenis Wilayah

Dengan berdasarkan kekhasannya, wilayah tersebut dapat dibedakan menjadi 2 jenis, diantaranya yaitu:

Uniform region

Wilayah yang didasarkan dari konsep homogenitas yag disebut juga dengan wilayah formal atau homogeneous atau juga uniform region, contohnya wilayah bentuk ekonomi serta juga wilayah bentuk lahan.

Nodal region

Wilayah yang didasarkan dari konsep heterogenitas yang disebut juga wilayah fungsional atau juga nodal region atau organic region, contohnya seperti kota metropolitan.

Pengertian Perwilayahan

Perwilayahan (regionalisasi) merupakan suatu proses penggolongan wilayah dengan berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau juga penggolongan wilayah tersebut dapat dilakukan dengan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah juga harus memahami kondisi pada suatu wilayah sebab tiap-tiap wilayah itu memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Penggolongan Wilayah

secara garis besar Penggolongan wilayah ini terbagi atas:

  1. Natural Region (Wilayah Alamiah atau Fisik)
    dengan berdasarkan ketampakan alami, seperti wilayah pertanian serta kehutanan.
  2. Single Feature Region (Wilayah Ketampakan Tunggal)
    dengan berdasarkan pada satu ketampakan, contohnya wilayah dengan berdasarkan iklim, hewan, atau iklim saja.
  3. Generic Region (Wilayah Berdasarkan Jenisnya)
    didasarkan pada ketampakan jenis atau juga tema tertentu. Contohnya di wilayah hutan hujan tropis yang ditonjolkan itu hanyalah flora tertentu misalnya seperti anggrek.
  4. Specific Region (Wilayah Spesifik atau Khusus)
    dicirikan kondisi grafis yang khas didalam hubungannya dengan letak, adat istiadat, budaya, serta kependudukan secara umum. Misalnya wilayah Asia Tenggara, Eropa Timur, dan lain sebaginya.
  5. Factor Analysis Region (Wilayah Analisis Faktor)
    berdasarkan metoda statistik-deskriptif atau juga dengan metoda statistik-analitik. Penentuan wilayah berdasarkan analisis faktor terutama yang memiliki tujuan untuk hal-hal yang sifatnya itu produktif, seperti penentuan wilayah untuk tanaman jagung serta kentang.

Ciri – Ciri Perwilayahan

Dalam geografi juga dikenal tiga (3) kriteria pewilayahan dengan ciri-ciri Sebagai  diantaranya:

Single topic region

Pewilayahan berciri tunggal disebut juga dengan single topic region merupakan suatu penetapan region atau wilayah yang didasarkan pada salah satu aspek geografi. Contohnya seperti tekanan pada udara dapat digunakan untuk membedakan antara wilayah dataran rendah serta juga wilayah dataran tinggi.

Multi topic region

Pewilayahan yang berciri majemuk juga disebut multi topic region merupakan penetapan wilayah yang didasarkan pada faktor- faktor geografi. Contohnya yakni penetapan wilayah dengan berdasarkan kondisi iklim pada daerah tersebut. Dalam penetapan iklim tersebut pasti akan digunakan faktor- faktor geografi seperti misalnya angin, intensitas cahaya, suhu, curah hujan dan lain sebagainya.

Total region

Pewilayahan dengan bercirikan keseluruhan juga disebut total region merupakan penetapan wilayah yang didasarkan pada banyak sekali faktor menyangkut itu lingkungan alam, lingkungan manusia maupun juga lingkungan biotik. Contohnya dalam penetapan wilayah hutan pinus, hutan cemara, hutan jati dan lain  sebagainya.

Nah itulah penjelasan mengenai Wilayah Dan Perwilayahan : Pengertian, Jenis, Pembagian, dan Contohnya Menurut Para Ahli, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √Pengertian Etika, Ciri dan Jenis Secara Umum Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Verifikasi & Validasi : Pengertian, Tujuan, Perbedaan dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Pantun Berkait, Ciri dan Contohnya
√ Wilayah Dan Perwilayahan : Pengertian, Jenis, Ciri, Pembagian, dan Contohnya Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote