√ Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Bentuknya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai Komunikasi Bisnis, yang mana hal ini sangat penting guna mencapai tujuan bersama. untuk penjelasan selengkapnya dibawah ini :

Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Bentuknya

Pengertian Komunikasi Bisnis

Pengertian komunikasi bisnis merupakan suatu aktivitas atau kegiatan pertukaran informasi, gagasan, pendapat, serta juga instruksi yang disampaikan dengan secara personal atau impersonal dengan melalui simbol-simbol atau sinyal tertentu sehingga bisa didapatkan pemahaman yang sama antar pihak-pihak yang berkomunikasi.

Di dalam aktivitas komunikasi bisnis  initerjadi pertukaran informasi dengan secara terus menerus. Komunikasi tersebut dilakukan secara verbal ataupun juga non verbal dengan tujuan ialah untuk membantu proses pengambilan keputusan pada suatu bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Supaya lebih mengerti apa itu komunikasi bisnis, maka kita bisa merujuk kepada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli berikut ini;

1. Menurut Philip Philip Kolter

Pengertian komunikasi bisnis merupakan suatu kegiatan atau aktivitas manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan serta keinginan dengan melalui peroses pertukaran.

2. Menurut William Albig

Pengertian komunikasi Bisnis ini ialah suatu pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan dengan secara personal atau juga impersional dengan melalui lambang atau sinyal.

3. Menurut Djoko Purwanto

Arti komunikasi bisnis ini merupakan suatu komunikasi yang dipakai di didalam dunia bisnis yang termasuk juga segala macam bentuk komunikasi, baik itu verbal atau juga  non-verbal dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

4. Menurut Rosenbalt

Definisi komunikasi bisnis ini ialah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/ opini, intruksi, serta lain sebagainya, yang disampaikan dengan secara personal atau juga non-personal dengan melalui lambang dan sinyal untuk mencapai target perusahaan.

5. Menurut Katz

Pengertian komunikasi bisnis ialah suatu aktivitas pertukaran ide, pesan, dan juga konsep yang berhubungan dengan pencapaian sejumlah target komersil.

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Tiap-tiap aktivitas komunikasi di dalam kegiatan atau aktivitas bisnisitu harus terdapat unsur-unsur tertentu. Dibawah ini merupakan unsur-unsur komunikasi bisnis diantaranya sebagai berikut:

  1. Terdapat tujuan, maksudnya ialah komunikasi tersebut mempunyai tujuan yang sudah ditentukan serta sejalan dengan tujuan organisasi.
  2. Ada pertukaran, maksudnya ialah suatu komunikasi itu melibatkan setidaknya dua orang atau juga lebih (komunikator dan komunikan).
  3. Berisi mengenai informasi, gagasan, opini, instruksi, ini merupakan isi dari pesan yang terdapat didalam komunikasi yang mana bentuknya itu beragam tergantung dari situasi, kondisi, dan tujuannya.
  4. Memanfaatkan saluran personal atau juga impersonal, maksudnya ialah komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan bertatap muka, memanfaatkan media khusus, atau juga media massa apabila ingin menjangkau banyak orang.
  5. Memakai simbol atau sinyal, maksudnya ialah bahwa metode atau alat yang digunakan dalam berkomunikasi sehingga bisa dimengerti oleh penerima pesan.
  6. Pencapaian target atau juga tujuan organisasi, yang mana tujuan tersebut sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara garis besar, terdapat tiga (3) tujuan utama dilakukannya komunikasi di dalam bisnis, yakni  Memberi Informasi (Informing), Persuasi (Persuading), serta Melakukan Kolaborasi (Collaborating) dengan pelanggan. Dibawah ini merupakan penjelasan selengkapnya;

1. Memberi Informasi (Informing)

Informasi yang dimaksud disini ialah hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas bisnis dengan segala macam pihak. Contohnya, seorang manajer marketing ingin meningkatkan penjualan produk baru, maka ia akan mencoba untuk memasang iklan di segala macam media.

Masing-masing media tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, baik dari sisi biayanya atau juga dari sisi impact yang didapatkan. Cara penyampaian informasi di tiap-tiap media juga menjadi faktor penentu keberhasilan iklan itu.

2. Melakukan Persuasi (Persuading)

Persuasi ini merupakan cara berkomunikasi yang digunakan untuk dapat mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi ini sering dilakukan dalam aktivitas atau kegiatan pemasaran supaya orang lain terpengaruh serta membeli suatu produk, serta juga dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen supaya tidak terjadi kesalahan pemesanan.

3. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Kolaborasi ini merupakan bentuk kerjasama, interaksi, kompromi pihak-pihak yang terlibat itu secara langsung serta tidak langsung yang menerima akibat dan juga manfaat. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Komunikasi bisnis tersebut dapat dilakukan dengan berbagai media. Contohnya via telepon/ Smartphone, Chatting, Email, dan lain-lain.

Fungsi Komunikasi Bisnis

Secara umum, Terdapat empat (4) fungsi dari komunikasi di dalam bisnis, yakni ; Informative, Regulatory, Persuasive, dan Integrative. Dibawah ini merupakan penjelasan selengkapanya;

1. Fungsi Informative

Dalam hal ini fungsi informative digunakan oleh para manajer serta karyawan didalam melaksanakan tugas-tugas mereka itu dengan secara efisien. Beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan beberapa hal berikut,

  1. Hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan (tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan lainnya).
  2. Standar kerja dan laba perusahaan.
  3. Sosio emotional perusahaan secara umum.

2. Fungsi Regulatory

Komunikasi mempunyai fungsi sebagai alat untuk mengendalikan serta juga mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi tersebut dapat berupa perintah serta laporan.

3. Fungsi Persuasive

Fungsi persuasive tersebut berlangsung pada saat terjadi komunikasi serta interaksi antar para karyawan, yang mana tujuan komunikasi iniialah supaya orang lain itu dapat menerima ide seseorang.

4. Fungsi Integrative

Integrasi yang terjadi di dalam suatu perusahaan akan membuat perusahaan tersebut dapat beroperasi dengan secara terpadu dan utuh. Hal tersebut hanya dapat dilakukan apabila komunikasi serta koordinasi di suatu perusahaan berjalan dengan baik.

Bentuk Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis umumnya dilakukan dengan dua (2) cara, yakni secara verbal serta non verbal. Dibawah ini merupakan penjelasannya;

1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan suatu bentuk komunikasi yang dilakukan dengan cara lisan atau juga tulisan. Bentuk komunikasi ini dibagi menjadi dua (2), yaitu aktif serta pasif.

  1. Berbicara dan menulis (verbal aktif)
  2. Mendengarkan dan menulis (verbal pasif)

2. Komunikasi Non Verbal

Dalam dunia bisnis juga terdapat komunikasi non verbal, yakni komunikasi yang disampaikan tanpa menggunakan kata-kata. Dibawah ini merupakan contoh komunikasi non verbal didalam bisnis diantaranya;

  1. Simbol-simbol
  2. Sandi
  3. Warna
  4. Ekspresi wajah
  5. Gerakan tubuh

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Komunikasi Bisnis, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Bentuknya, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Limbah Menurut Ahli, Jenis, Karakteristik, dan Dampaknya
Lihat Juga  √ Pengertian Sekolah, Fungsi, Unsur, Beserta Jenjangnya
Lihat Juga  √ Pengertian Holding Company, Ciri, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Contohnya