√ Pengertian Close Source, Kelebihan & Kekurangan dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Close Source, penjelasan mengenai Close Source ini juga akan dilengkapi dengan kelebihan dan kekurang close Source, serta contoh dari close source mulai dari contoh sistem operasi dari close source dan sebagainya, penjelasan selengkapnya  akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Close Source, kelebihan & Kekurangan dan Contoh

Pengertian Close Source

Close Source (sumber tertutup) merupakan sebuah program (software) yang kodenya itu tidak dibuka untuk umum. Orang yang memiliki code tertutup dapat membagi source codenya itu dengan melalui sebuah lisensi, baik dengan gratis atau juga berbayar. Meskipun gratis, pada lisensi tertentu software yang diberikan itu juga tidak sepenuhnya open source (sumber terbuka). Contohnya ialah jika lisensi tersebut terdapat larangan untuk dapat memodifikasi code, maka software tersebut tidak open source.

Menggunakan close source ini dapat mengetetahui kode-kodem di dalam pembuatan program tersebut. Apabila sudah mengetahuai kode atau juga struktur program tersebut, maka kita dapat dengan mudah mengedit program tersebut sesuai dengan keinginan kita. Apabila kita dapat mengedit program tersebut, maka bisa jadi program yang tadinya berbayar menjadi gratis sebab karna telah kita edit. Itu juga apabila pemilik program mau memberikan kode-kode itu secara gratis. Bagi seseorang atau juga perusahaan yang ingin mengakses atau mendedit sumber kode maka tentu dibutuhkan suatu perjanjian khusus yang dinamakan perjanjian non-disclosure.

Software close source ini mempunyai pengertian yang hampir sama dengan Software Berpemilik (Proprietary Software), Software Berbayar. Serta di dalam pengertiannya software close source ini merupakan sebuah aplikasi dengan kode sumber yang tertutup sehingga user tersebut tidak dapat memodifikasi, mengubah, mengcopy isi dari kode sumber software tersebut.

Pengguna close source didunia juga bisa dibilang lebih sedikit daripada open source sebab mungkin hanya orang-orang yang dapat mengerti kode yang bisa mengoperasikannya.

Kelebihan dan Kekurangan Close Source

Adapun kelebihan dan kekurangan dari Close Source ini diantaranya :

keuntungan/kelebihan close source

  • kestablian sistem terjamin
  • support/dukungan itu langsung dari pemilik program
  • lebih mudah untuk digunakan

Kerugian/Kekurangan Close Source

  • Celah yang terbuka
  • Adanya lisensi yang mengharuskan pengguna menyediakan dana
  • Pengembangan terbatas
  • Diperlukan antivirus
  • Harga lisensi mahal

Contoh Software Close Source

Dibawah ini merupakan beberapa contoh software yang bersifat close source, diantaranya sebagai berikut  ;

Sistem Operasi

  • MS-DOS
  • Windows XP
  • Windows Server 2003
  • Windows Server 2008
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Windows 10, DLL.

Bahasa Pemrograman

Banyak juga bahasa pemrograman yang mempunyai lisensi close source, contohnya ialah seperti ASP.Net, Pascal, Visual Basic

Web Browser

Untuk browser dengan close source ialah Internet Explorer yang digunakan oleh Microsoft di dalam sistem operasi Windows

Aplikasi

Banyak aplikasi yang menggunakan lisensi close source atau juga kode tertutup contohnya ialah seperti CodelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Acrobat, Adobe Ilustrator

Aplikasi Perkantoran

Untuk aplikasi perkantoran yang menggunakan close source ini salah satunya ialah Microsoft Office yang sangat populer digunakan di dalam perkantoran

Anti Virus

Beberapa antivirus juga menggunakan close source untuk dapat mengamankan dari serangan program jahat, contohnya ialahNorton dan McAfee.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Close Source, kelebihan & Kekurangan dan Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Eksploitasi, Jenis, Contoh, Dampak dan Menurut Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian NIC, Jenis, Tugas, Fungsi, Cara Kerja Beserta Prinsipnya
Lihat Juga  √ Pengertian Grafik, Contoh, Jenis, Tujuan Beserta Fungsinya