√ Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur, Pola, Kaidah, Tujuan dan Contoh

Diposting pada

√ Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur, Pola, Kaidah, Tujuan dan Contohnya LENGKAP – Pendidikan.Co.Id – Pernahkah kamu menemukan sebuah teks yang menjelaskan mengenai sebuah informasi lengkap yang terkait dengan topik yang dibahas pada teks tersebut, kemungkinan besar itu merupakan sebuah teks deskripsi. Karena teks deskripsi ini memiliki ciri-ciri dari teks ini sangat menonjol.

Teks-Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya itu disampaikan dengan cara menggambarkan dengan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik atau tema kepada pembaca. Sehingga si pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan didalam teks tersebut.

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks dekripsi berbeda dengan teks negosiasi, yang mana tujuan dari teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini dapat seolah-olah merasakan apa yang sedang di jelaskan didalam teks tersebut. secara rinci tujuan Teks deskripsi yang dibuat oleh seorang penulis antara lain ialah sebagai berikut :

  1. Supaya orang yang membaca teks tersebut seolah-olah sedang merasakan apa yang sedang di jelaskan didalam teks tersebut.
  2. untuk dapat memberikan penjelasan kepada tiap-tiap pembaca mengenai/tentang suatu objek dengan secara utuh, hal ini dalam upaya agar mereka dapat dengan tepat dan cepat memahami tema yang disajikan didalam sebuah teks deskripsi.
  3. Teks deskripsi merupakan teks yang dibuat dari hasil dari sebuah pengamatan (observasi). Hal tersebutlah yang menyebabkan bahwa teks deskripsi mempunyai informasi yang jelas mengenai suatu benda atau juga objek sesuai dengan data serta fakta yang diperoleh oleh si penulis teks.
  4. Tiap-tiap akan memperoleh kesan atau citraan sesuai dengan pengamatan, perasaan, serta juga pengalaman penulis sehingga akan terkesan seolah-olah pembaca yang melihat, merasakan, dan juga mengalami sendiri tema/topic yang ada tersebut. Dalam mencapai kesan yang sempurna itu, penulis deskripsi akan merinci objek dengan kesan, fakta, serta juga citraan.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri dari teks deskripsi ini sangat jelas sehingga akan dapat sangat mudah untuk membedakan teks deskripsi ini dengan yang teks lainnya.

Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Paragraf deskripsi tersebut mengilustrasikan / menggambarkan sesuatu.
  2. Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  3. Pada saat si pembaca membaca teks deskripsi, maka si pembaca itu seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  4. Teks deskripsi tersebut menjelaskan ciri-ciri fisik dari sebuah objek, seperti ukuran, warna, bentuk, atau ciri-ciri psikis/keadaan pada suatu objek dengan rinci.

Struktur Teks Deskripsi

Terdapat 4 struktur yang menyusun teks deskripsi sehingga menjadi satu keutuhan. Nah dibawah ini merupakan 4 struktur tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Identifikasi
    Penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya.
  • Klasifikasi
    Penyusunan secara ber-sistem dalam sebuah kelompok dengan menurut kaidah atau standar yang sudah ditetapkan.
  • Deskripsi bagian
    Bagian teks yang berisi mengenai gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut atau lebih mudahnya, Deskripsi bagian ini adalah Pengklasifikasian yang dijelaskan secara lebih rinci dengan memberikan suatu gambaran-gambaran yang jelas.
  • Penutup
    Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting.

Jenis Teks Deskripsi

Dibawah ini merupakan jenis teks deskripsi yang dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  1. Teks paragraf deskripsi subjektif 
    Suatu paragraf deskripsi yang penggambaran objek nya menurut kesan yang dimiliki oleh si penulis teks.
  2. Teks paragraf spatial
    Didalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa tempat, benda, ruang serta lainnya.
  3. Teks paragraf objektif
    ialah objek digambarkan apa adanya dengan menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa rekayasa atau penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi

  1. Menentukan tema (objek yang akan dibahas).
  2. Menentukan tujuan.
  3. Kumpulkan fakta atau data-data serta  lakukan observasi atau pengamatan dengan secara langsung mengenai objek yang akan dibahas.
  4. Setelah data-data terkumpul, susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan.
  5. Kemudian Uraikanlah kerangka karangan tersebut menjadi teks deskripsi yang disesuaikan data dan fakta dengan topik.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut merupakan kaidah kebahasaan mengenai teks deskripsi antara lain sebagai berikut :

  1. Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan. Seperti: Rumah sakit, rumah, Mobilku, dll.
  2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau ialah seorang Kepala Lab yang baik hati, dll.
  3. Mengandung kata sifat yang Sifatnya itu menggambarkan sesuatu. Seperti: Dua siswa rajin, Tiga kaos kaki putih, dll.
  4. Mengandung kata kerja Transitif untuk dapat memberikan informasi subjek. Seperti: Siswi itu mengenakan seragam Coklat, dll.
  5. Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan ialah mengungkapkan sebuah pandangan pribadi si penulis mengenai/tentang sebuah subjek. Seperti: saya pikir itu adalah Ayam cerdas, saya yakin Baju itu murah, dll.
  6. Mengandung kata keterangan dalam memberikan sebuah informasi tambahan mengenai suatu objek. Seperti: dengan cepat atau lambat, di kopi shop, di rumah sakit, dll.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupakan sebuah perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya putih bersih seperti kapas putih, dll.

Contoh Teks Deskripsi

Contoh teks deskripsi dalam Bahasa Indonesia

Aku punya motor bebek yang bernama Cepat. Kerangkan bodynya itu berwarna merah dan biru, dengan merah sebagai warna paling dominan. Cepat ini mempunyai dua spion yang membantu dalam perjalanan. Cepat berbahan bakar pertalite tapi kadang juga menggunakan Pertamax.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur, Pola, Kaidah, Tujuan dan Contoh, Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Administrasi Perkantoran, Fungsi, Tujuan & Ruang Lingkup

Lihat Juga  √ Pengertian Ekuitas, Jenis Beserta Contoh Ekuitas Dalam Akuntansi

Lihat Juga  √ Pengertian Mulut, Struktur, Bagian, Fungsi dan Gangguannya