√ Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas megnenai Olahraga, penjelasan pada artikel ini juga dilengkapi dengan beberapa point penting seperti pengertian olahraga menurut para ahli, tujuan, manfaat dan jenis olahraga, penjelasan selengkapnya sebagai berikut :

Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli

Pengertian Olahraga

pengertian olahraga ini merupakan suatu aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik serta pikiran yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia, baik itu secara jasmani serta juga secara rohani.

Pendapat lain juga mengatakan pengertian olahraga ini merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan dengan secara terencana serta terstruktur yang mana di dalam pelaksanaannya itu melibatkan gerakan tubuh dengan secara berulang-ulang untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani.

Mengacu pada definisinya, aktivitas olahraga ini merupakan upaya seseorang untuk dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Namun, tentu saja kesehatan manusia itu tidak hanya tergantung pada aktivitas atau kegiatan olahraga tapi juga pada pola makan serta kebiasaan hidup sehari-hari.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami mengenai apa itu olahraga, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli diantaranya sebagai berikut :

1. Olahraga Menurut Kathryn Marsden

Pengertian olahraga ini merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat mengurangi stres serta sangat mudah dilakukan oleh manusia dengan biaya yang murah.

2. Olahraga Menurut Suryanto Rukmono

Menurut Suryanto Rukmono, pengertian olahraga ini merupakan suatu kegiatan atau aktivitas melatih tubuh manusia supaya lebih sehat serta kuat, baik itu jasmani dan rohani.

3. Olahraga Menurut Seno Gumira Ajidarma

Menurut Seno Gumira Ajidarma, Definisi olahraga ini merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang menyehatkan tubuh manusia serta sarana kompetisi untuk mencari bakat seseorang di bidang olahraga.

4. Olahraga Menurut Cholik Mutoir

Menurut Cholik Mutoir, pengertian olahraga ini merupakan suatu kegiatan atau aktivitas fisik yang dilakukan dengan secara sistematik untuk dapat membantu perkembangan potensi jasmaniah serta rohaniah seseorang.

5. Olahraga Menurut Hans Tandra

Menurut Hans Tandra, definisi olahraga ini ialah suatu gerakan tubuh yang teratur dengan irama yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kebugaran serta imunitas tubuh manusia.

Tujuan dan Manfaat Olahraga

Seperti yang diuraikan diatas, pada dasarnya tujuan olahraga ini adalah untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan seseorang. Walaupun demikian, pola hidup serta makanan juga mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan manusia.

Selain meningkatkan kebugaran fisik, olahraga ini juga bisa memperbaiki serta meningkatakan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Dengan kondisi fisik yang lebih bugar serta daya pikir yang lebih baik, tentu saja pada akhirnya itu akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Bagi sebagian orang, aktivitas olahraga ini tidak hanya bertujuan untuk dapat meningkatkan kesehatannya. Banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga untuk tujuan hobi atau juga untuk mengurangi stres akibat rutinitas serta beban pekerjaan sehari-hari.

Jenis-Jenis Olahraga

Terdapat banyak sekali jenis olahraga yang dilakukan oleh manusia ialah sebagai sarana untuk dapat meningkatkan kesehatan serta juga sebagai hobi. Mengacu pada definisi olahraga, adapun jenis-jenis olahraga diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Olahraga Modern

Definisi dari olahraga modern ini ialah segala kegiatan/aktivitas atau juga usaha yang dapat mendorong, mengembangkan, serta membina potensi-potensi jasmaniah dan juga rohaniah seseorang dengan proses sistematik, baik ialah sebagai perorangan atau anggota masyarakat di dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan olahraga yang telah/sudah mengalami perubahan serta peraturan permainan mengikuti perkembangan zaman serta juga teknologi yang berkembang di dunia.

Berikut ini adalah beberapa cabang olahraga modern:

Airsoftgun Boling Kriket
Aeromodeling Bridge Layar
Anggar Bulu tangkis Loncat indah
Angkat besi Catur Menembak
Atletik Dayung/Kayak Menyelam
Balap motor Futsal Parkour
Balap mobil Golf Panjat dinding
Balap sepeda Gulat Polo
Berkuda Hoki Polo air
Binaraga Igo Panahan
Biliar Judo Paralayang
Bisbol Karate Petanque
Bola basket Dayung/Kano Pilates
Bola voli Kempo Renang
Rugbi Sepak bola Senam
Ski air Tarung derajat Tinju
Sofbol Taekwondo Vovinam
Soft Tennis Tenis Lapangan Wushu
Squash Tenis meja Sepatu roda
Sepak takraw Seni bela diri

2. Olahraga Tradisional

Pengertian Olahraga tradisional ini merupakan sebuah permainan asli rakyat yakni sebagai aset budaya bangsa yang mempunyai unsur olah fisik tradisional. Meskipun tidak sepopuler olahraga modern, hingga saat ini masih terdapat banyak masyarakat Indonesia yang tetap melakukan olahraga tradisional.

Adapun olahraga trandisional ini sebagai berikut :

Bakiak Pacu Jalur
Benteng Pathol
Congklak/Dakon Pencak Silat
Dagongan Perahu Naga
Egrang Perisaian
Galah Asin Patok Lele
Gasing Sampyong
Langga Sebanting
Karapan Sapi Sepak takraw
Kelereng Serimbang
Main Hadang Zawo-zawo
Manggurebe Geudeu-geudeu
Maunti Kecikan

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Diskriminasi
Lihat Juga  √ Pengertian Kepribadian Ambivert
Lihat Juga  √ Pengertian UNESCO, Tujuan, Tugas, Prinsip, Beserta Pilarnya