√ Pengertian Prakarya, Kewirausahaan, Kerajinan, Pengolahan, Budidaya, Rekayasa

Diposting pada
√ Pengertian Prakarya, Kewirausahaan, Kerajinan, Pengolahan, Budidaya, Rekayasa
5 (100%) 1 vote

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai apa itu prakarya, kerajinan, Pengolahan, Budidaya, Rekayasa, yang akan dijelaskan dibawah ini :

Pengertian Prakarya, Kewirausahaan, Kerajinan, Pengolahan, Budidaya, Rekayasa.

Pengertian Prakarya

Prakarya itu berasal dari kata pra juga karya, pra memiliki arti /makna belum serta karya sendiri adalah sebuah hasil kerja. prakarya dapat didefinisikan ialah sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakarya tersebut masih berupa proof of concept (prototipe). Prakarya tersebut belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya(konsumennya). Satu-satunya penggunanya mungkin hanya si developer atau desainer itu sendiri. Pada segi Kualitas juga belum menjadi perhatian karena yang penting itu bentuk dasarnya saja. Harga sebuah prakarya itu ditentukan juga sangat subyektif sebab belum tahu tentang potensi pasarnya. Prakarya tersebut memiliki pengertian Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, atau juga keterampilan tangan. bahan yang digunakan tersedia dengan secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai dengan pemanfaatan limbah dan juga bahan bekas. Prakarya tersebut mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreatifitas serta juga dalam mengembangkan dan menimbulkan sebuah inovasi baru.

Contoh Prakarya

Contoh dari prakarya yang biasanya dibuat oleh anak sekolah misalnya adalah

  1. bunga dari sedotan,
  2. origami atau karya seni yang terbuat dari kertas,
  3. rumah-rumahan dari kertas karton,
  4. anyaman dari rotan,
  5. boneka dari benang,
  6. boneka dari sabun,
  7. boneka dari llin, dan lain sebagainya.

Manfaat Kegiatan Prakarya

manfaat prakarya tersebut akan menumbuhkan sifat inovatif serta juga kreatif anak. Selain dari itu juga bisa mencerdaskan anak serta juga meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Skill atau keterampilan yang dikembangkan dari sejak kecil akan dapat berguna bagi masa depannya, disebabkan karena keterampilan itu sangat dibutuhkan didalam sebuah kehidupan sehari-hari, baik itu untuk diri sendiri serta orang lain.

Aktivitas prakarya tersebut juga bisa menyeimbangkan otak kanan serta otak kiri. Otak kiri yang lebih mengacu pada hal yang sifatnya itu logis, akan bekerja dalam memikirkan mengenai bagaimana cara membuat serta langkah-langkahnya, sedangkan pada otak kanan lebih mengacu pada seni atau tentang bagaimana agar dapat menciptakan sebuah indah. Jika otak kanan juga otak kiri itu seimbang, kemampuan sang anak dalam bidang apapun akan dapat meningkat serta juga lebih bisa mengatur emosi.

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan dapat didefinisikan ialah sebagai suatu proses kemanusiaan (human process) yang berkaitan atau berhubungandengan adanya kreativitas dan juga inovasi dalam memahami suatu peluang, mengorganisasi sumber-sumber, mengelola sehingga peluang tersebut dapat terwujud menjadi sebuah usaha yang dapat dan juga mampu untuk menghasilkan laba ataupun nilai. Definisi lain iyalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir dengan secara kreatif serta berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai dasar dalam kewirausahaan , sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan juga  proses dalam menghadapi tantangan hidup(Soeparman Soemahamidjaja 1977:2).

Kreatif serta inovatif merupakan suatu kunci utama dari kewirausahaan, Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk dapat membuat kombinasi-kombinasi baru ataupun hubungan baru yang berkaitan antar unsur, data, variabel yang sudah adanya.

Ciri-ciri orang kreatif iyalah :

  1. Mandiri.
  2. Terbuka terhadap yang baru.
  3. Percaya diri.
  4. Berani mengambil resiko.
  5. Melihat sesuatu dengan tidak biasa.
  6. Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
  7. Dapat menerima perbedaan.
  8. Objektif dalam berpikir sera bertindak.

Pengertian Kerajinan

Kerajinan merupakan sebuah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau aktivitas yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan dengan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan tersebut yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini akan menghasilkan hiasan atau juga benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah tersebut diterapkan untuk cara tradisional didalam membuat barang-barang.

Kerajinan tangan tersebut bisa/dapat terbuat dari barang – barang bekas seperti misalnya seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan.

Jenis- Jenis Kerajinan

Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :

  1. Kerajinan bahan alam ialah suatu kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau juga dengan bahan dasarnya bahan-bahan dari alam seperti: serat, bambu ,rotan.
  2. Kerajinan bahan buatan ialah suatu kerajinan yang terbuat dari bahan buatan seperti misalnya: plastik, gips, sabun, lilin, dll.

Pengertian Pengolahan

Pengelolaan adalah suatu proses yang memberikan pengawasan pada segala hal yang terlibat di dalam pelaksanaan kebijakan serta juga pencapaian tujuan (Poerwadarminta, 1997 : 1321)

Menurut M Manullang (2005 : 1) pengelolaan merupakan suatu proses dengan yangmana pelaksanaan dari tujuan itu disenggarakan serta diawasi.

Dengan berdasarkan kedua pengertian di atas maka bisa disimpulkan yang di maksud pengolahan adalah suatu proses pengawasan pada suatu pelaksanan kebijakan serta jgua pencapaian tujuan.

Pengertian Budidaya

Budi daya adalah suatu kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk dapat diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan budi daya tersebut dapat dianggap ialah sebagai inti dari usaha tani. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, budi daya ialah “usaha yg bermanfaat serta juga memberi hasil.

Pengertian Rekayasa

Rekayasa adalah suatu penerapan kaidah-kaidah ilmu dalam pelaksanaan (seperti perancangan, pembuatan konstruksi, dan juga pengoperasian kerangka, peralatan, serta juga sistem yg ekonomis juga efisien.

Sekian uraian mengenai Pengertian Prakarya, Kerajinan, Pengolahan, Budidaya, Rekayasa, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Fosil, Jenis, Fungsi, dan Cara Terbentuknya Menurut Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Pantun, Ciri, Macam, Kaidah dan Syarat Pantun
Lihat Juga  √ Pengertian Sumber Hukum, Macam dan Contohnya