√ Pengertian Peredaran Darah, Skema, Jenis, Dan Struktur

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Peredaran darah, Makhluk hidup adalah makhluk yang mengalami proses dari peredaran darah, karena peredaran darah tersebut merupakan hal yang sangat penting. dibawah ini merupakan penjelasan darah selengkapnya :

Pengertian Peredaran Darah, Skema, Jenis, Dan Struktur

Pengertian Peredaran darah

Tiap-tiap makhluk hidup mengalami proses peredaran darah. Sistem peredaran darah yang terdapat pada makhluk hidup tersebut terdapat dua jenis yaitu sistem peredaran darah yang memiliki sifat terbuka dan juga sistem peredaran darah yang sifanya itu tertutup. Sistem peredaran darah yang terjadi pada makhluk hidup khususnya manusia itu adalah salah satu bagian dari suatu sistem kerja jantung serta juga juga sistem kerja jaringan pembuluh darah atau disebut juga dengan sebutan sistem kardiovaskuler.

Sistem peredaran darah tersebut sangat menjamin dalam kelangsungan hidup bagi tiap-tiap organism dan tentu juga didukung oleh dengan metabolisme yang terdapat pada sel yang terdapat didalam tubuh untuk dapat mempertahankan sifat kimia serta juga fisiologis cairan pada dalam tubuh. Pada saat terjadi proses peredaran darah ini, darah banyak mengangkut oksigen yang ada pada paru paru menuju sel yang terdapat dalam tubuh serta juga juga karbon dioksida walaupun pada arah yang berlawanan.

skema peredaran darah

Skema peredaran darah itu adalah sebuah sistem organ yang mempunyai fungsi untuk dapat memindahkan sebuah zat kepada sel serta juga dari sel. Sistem atau skema tersebut dapat menolong stabilisasi suhu serta juga PH pada tiap tubuh. Skema peredaran darah tersebut sendiri tersusun atas jantung serta juga pembuluh darah khususnya pada manusia.

Jantung terdiri dari empat ruang yang telah dibagi secara sempurna yang terdiri dari dua buah serambi atau atrium serta juga dua buah bilik atau ventrikel dan keempat empatnya itu berada dalam rongga dada pada sebelah kiri tepatnya pada bagian atas diafragma. Jantung tersebut sendiri dibungkus oleh sebuah kantong yang disebut dengan sebutan kantong perikardium. Terdapat juga pembuluh darah itu sendiri terdiri dari arteri serta juga vena. Arteri tersebut sendiri berhubungan dengan secara langsung dengan vena pada kapiler serta juga venula yeng sudah dihubungkan oleh sebuah bagian yang disebut dengan endothelium.

Untuk peredaran darah rangkap ini dibedakan menjadi 2 yakni peredaran darah kecil dan peredaran darah besar dibawah ini merupakan penjelasannya:

Sistem Peredaran Darah Besar

  1. Berawal dari jantung pada bagian bilik kiri yang mengeluarkan darah yang mengadung oksigen untuk diberikan kepada oarta.
  2. Oarta tersebut akan mengalirkan darah ke arteri pada bagian atas serta bawah. Pada proses tersebut jantung akan memompa lebih kuat dalam memberi sebuah tekanan lebih pada darah,
  3. tekanan tersebut dibantu oleh denyutan pada otot arteri. Yang terjadi di sepanjang perjalanan darah pada saluran tersebut.
  4. Setelah darah tersebutmelakukan tugasnya dalam mendistribusikan oksigen pada organ tubuh dalam dengan baik, darah tersebut akan memasuki arteriol dan menuju pembuluh kapiler.
  5. Pada pembuluh kapiler darah yang mengandung oksigen tersebut juga akan bertukar dengan darah yang mengandung karbondioksida,
  6. selanjutnya darah masuk pada saluran venul dan juga akan mengalir pada vena. Vena bagian bawah dan vena bagian atas akan bertemu pada vena cava untuk dapat memasuki serambi kanan dan
  7. melanjutkan perjalanannya menuju bilik kanan dengan melalui katup trikuspid, sedangkan pada karbon dioksida dari sel menyebar didalam darah. Ini pertukaran gas berlangsung dengan adanya bantuan kapiler kecil yang mengelilingi sel-sel tubuh.

Struktur Peredaran Darah Besar

Dari Penjelasan diatas maka struktur dalam perederan darah besar adalah sebagai berikut :

Peredaran darah besar, antara lain: jantung (bilik kiri) aorta => pembuluh nadi => pembuluh kapiler =>pembuluh balik => jantung (serambi kanan).

Sistem Peredaran Darah Kecil

  1. Perjalanannya itu berawal dari bilik kanan jantung,
  2. bilik kanan akan mengeluarkan darah melalui arteri pulmonal yang mempuyai cabang yakni arteriol,
  3. pembulih arteriol tersebut merupakan penghubung antara arteri pulmonan dengan pembuluh kapiler diparu-paru.
  4. Darah mengalir denganmelewati pembuluh tersebut menuju jantung, pas sampai di jantung , jantung akan mengeluarkan karbondioksida didalam bentuk udara serta juga menghirup lagi udara yang mengandung oksigen.
  5. Oksigen yang dihirup oleh paru-paru tersebut akan dibawa ke vena pulmonal untuk dapat di alirkan ke serambi kiri serta juga akan menuju bilik kiri dengan melewati karup biksuspid, untuk dapat  menjalani kembali sistem peredaran darah besar.

Struktur Peredaran Darah Kecil

Dari Penjelasan diatas maka struktur dalam perederan darah kecil adalah sebagai berikut :

Peredaran darah kecil, antara lain: jantung (bilik kanan) => pembuluh nadi paru-paru =>paru-paru =>pembuluh balik paru-paru => jantung (serambi kiri).

Sekian ulasan mengenai Pengertian Peredaran Darah, Skema, Jenis, Dan Struktur, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Manusia Purba, Jenis, Ciri, Corak dan Sejarahnya
Lihat Juga  √ Pengertian Tuas, Macam, Cara Kerja, Rumus dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Obligasi, Karakteristik, dan Jenis, Menurut Para Ahli