√ Pengertian Gen, Fungsi, Struktur, Perbedaan dan Sifatnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kita akan menjelaskan mengenai Gen, Gen ialah suatu unit pewarisan sifat bagi organisme hidup yaitu berasal dari bahasa Belanda “Gen”.Adapun penjelasannya akan dijelaskan dibawah ini,

Pengertian Gen, Fungsi, Struktur, Perbedaan dan Sifatnya

Pengertian Gen

Pengertian Gen merupakan bagian dari kromosom atau juga salah satu kesatuan kimia (DNA) dalam kromosom merupakan dalam lokus yang mengendalikan ciri-ciri genetis dari suatu makhluk hidup. Gen tersebut diturunkan atau juga diwariskan oleh satu individu kepada keturunannya, yakni dengan melalui suatu proses reproduksi.

Fungsi Gen

Gen ini memiliki beberapa fungsi, dibawah ini merupakan fungsi dari gen diantaranya sebagai berikut :

  • Menyampaikan informasi tentang suatu genetika dari generasi ke generasi.
  • Menentukan juga sifat-sifat pada keturunannya. Contohnya seperti pada fakta di depan.
  • Sifat-sifat tersebut dapat berupa bentuk rambut, bentuk badan, warna kulit serta juga lain sebagainya.
  • Mengontrol, juga mengatur metabolisme serta juga perkembangan tubuh.

Proses reaksi kimia di dalam tubuh tersebut dapat terjadi dengan secara berurutan. Pada tiap-tiap tahap reaksinya dibutuhkan enzim. Pembentukan serta juga pengontrolan kerja enzim itu dilakukan oleh gen. Pada proses perkembangan yang membutuhkan hormon tersebut juga diatur oleh gen.

Sifat Gen

Dibawah ini merupakan sifat bawaan yang melekat pada gen diantaranya sebagainya :

  1. Mengandung informasi genetik.
  2. Tiap gen memiliki tugas serta juga fungsi yang berbeda-beda.
  3. Gen dapat melakukan duplikasi ketika waktu pembelahan mitosis dan juga meiosis.
  4. Gen ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogennya.
  5. Sebagai zarah yang terdapat di dalam kromosom.

Struktur Gen

Dikemukakan oleh Fred (2005) bahwa struktur gen tersebut tersusun dari:

1. Daerah pengkode

Daerah yakni ekson dan intron yang mengkode RNA atau juga protein. Intron (intervening sequences) sendiri adalah sekuens yg tidak mengkode asam amino sedangkan untuk ekson itu merupakan bagian yang akan dikode menjadi asam amino.

2. Promotor

Promotor sendiri merupakan sebuah adalah DNA spesifik yang berperan didalam mengendalaikan transkripsi gen struktural serta terletak di daerah upstream (hulu) dari bagian struktural gen. Promotor tersebut berfungsi sebagai tempat awal pelekatan enzim RNA polimerase yang dikemudiannya itu akan melakukan transkripsi pada bagian structural.

3. Operator

Operator sendiri adalah urutan nukelotida yang terletak di antara promotor serta bagian struktural dan juga merupakan tempat pelekatan protein represor (penekan atau juga penghambat ekspresi gen). Apabial ada represor yang melekat di operator maka RNA polimerase tersebut tidak bisa jalan trus ekspresi gen tidak dapat berlangsung.Selain dari adanya supresor juga terdapat enhancer. Supresor tersebut digunakan untuk dapat menghambat sedangkan enhancer sendiri digunakan untuk meningkatkan proses transkripsi dengan cara meningkatkan jumlah RNA polimerase. Namun letaknya itu tidak pada lokasi yang spesifik seperti misalnya operator, ada yang jauh di upstream atau juga bahkan downstream dari titik awal transkripsi.

4. Terminator

Terminator ini dicirikan dengan struktur jepit rambut atau hairpin serta lengkungan yang kaya akan urutan GC yang terbentuk pada molekul RNA hasil transkripsi

Perbedaan Struktur Gen Pada Prokariotik Dan Eukariotik

Pada dasarnya struktur gen pada prokariotik serta juga eukariotik sama yakni tersusun dari bagian pengkode, promotor, operator, terminor. Perbedaannya itu terletak pada bagian pengkode. Bagian pengkode pada prokariotik itu terdapat bagian intron yang tidak bisa diekspresikan sehingga semuanya ekson, kecuali pada Archaebacteria serta bakteriofag terdapat yang memiliki intron. Sedangkan untuk bagian pengkode pada eukariotik tersebut terdiri dari ekson dan juga intron (Fred, 2005).

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Gen, Fungsi, Struktur dan Sifatnya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Artefak, Jenis, Contoh Beserta Gambarnya
Lihat Juga  √ Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Proses, dan Jenisnya
Lihat Juga  √Listrik: Pengertian, Cara, Sifat, Manfaat dan Bahayanya