√ Pengertian Keterampilan, Macam, Contoh dan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Keterampilan, yang akan diuraikan juga depan beberapa point penting seperti, keterampilan apa yang dibutuhkan untuk mendapat pekerjaan, jenis keterampilan, dan contoh Keterampilan, dan Pengertian keterampilan menurut para ahli, penjelasan selengkapnya sebagai berikut :

Pengertian Keterampilan, Macam, Contoh dan Menurut Para Ahli

Pengertian Keterampilan

Pengertian keterampilan merupakan suatu kemampuan di dalam menggunakan akal, fikiran, ide serta kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah atau juga membuat sesuatu itu menjadi lebih bermakna sehingga dari hal tersebut menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.

Keterampilan ini haruslah terus dikembangkan serta dilatih dengan secara terus menerus supaya dapat/bisa menambah kemampuan seseorang sehingga seseorang tersebut menjadi ahli atau juga profesional di dalam salah satu bidang tertentu.

Contoh dari keterampilan ialah seperti keterampilan menjahit, keterampilan memasak, keterampilan menyanyi, keterampilan menulis, dan lain sebagainya.

Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Supaya dapat mengerti lebih lanjut dari kata keterampilan ini, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, Dibawah ini merupakan beberapa definisi keterampilan, diantaranya

Keterampilan menurut Gordon (1994)

Merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan itu secara lebih mudah serta tepat. Pendapat tentang keterampilan menurut Gordon ini lebih kearah pada aktivitas/kegiatan yang memiliki sifat psikomotorik.

Keterampilan menurut Dunette (1976)

Dunette menyatakan bahwa keterampilan ini merupakan pengetahuan yang didapatkan serta dikembangkan dengan melalui latihan atau training serta pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.

Keterampilan menurut Hari Amirullah

Menurut Hari Amirullah, istilah dari kata terampil ini juga dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau juga tugas.

Keterampilan menurut Muzni Ramanto, Soemarjadi, dan Wikdati Zahri (1991:2)

Kata keterampilan ini dapat disamakan dengan kata kecekatan. Orang yang bisa dikatakan sebagai orang terampil merupakan orang yang dalam mengerjakan atau  jugamenyelesaikan pekerjaannya itu dengan secara cepat dan benar.

Namun,apabila orang itu mengerjakan atau melesaikan pekerjaanya dengan cepat namun hasilnya itu tidak sesuai dalam artian salah maka orang itu belum bisa dikatakan sebagai orang yang terampil. Apabila orang itu dapat melakukan pekerjaan dengan benar serta sesuai apa yang diperintahkan, walau lambat didalam menyelesaikannya, maka orang itu bisa disimpulkan ialah sebagai orang yang terampil.

Keterampilan menurut Nadler (1986)

Menurut Nadler, kata keterampilan ini harus dilakukan dengan praktek ialah sebagai pengembangan aktivitas.

Keterampilan menurutRobbins (2000)

Robbins menyatakan pendapatnya bahwa keterampilan ini dibedakan atas 4 katergori, yakni sebagai berikut.

  • Basic Literacy Skill merupakan suatu keahlian dasar yang dimiliki oleh tiap-tiap orang, misalnya seperti menulis, membaca, mendengarkan, atau juga kemampuan dalam berhitung.
  • Technical Skill merupakan suatu keahlian yang didapat itu dengan melalui pembelajaran didalam bidang teknik, misalnya seperti menggunakan komputer, memperbaiki handphone, serta lain sebagainya.
  • Interpersonal Skill merupakan suatu keahlian tiap-tiap orang dalam melakukan komunikasi antar sesama, contohnya seperti mengemukakan pendapat serta bekerja bersama dalam tim.
  • Problem Solving merupakan suatu keahlian seseorang di dalam memecahkan sebuah masalah dengan menggunakan logikanya.

Keterampilan menurut Singer

Dikutip oleh Amung merupakan suatu derajat keberhasilan yang konsisten didalam mencapai suatu tujuan itu dengan efektif.

Macam Jenis Keterampilan

Sekarang ini, keterampilan itu menjadi hal yang sangat penting terutama bagi seseorang yang ingin bisa mencari pekerjaan. Beragam keterampilan serta juga pengalaman kerja juga turut menjadi sebuah penilaian tersendiri. Beberapa keterampilan yang biasanya diinginkan oleh perusahaan serta harus dimiliki oleh para pencari kerja ialah sebagai berikut:

  1. Kesadaran komersial, ialah memiliki naluri bisnis yang tajam.
  2. Komunikasi, baik verbal atau juga tertulis.
  3. Kerja tim, kita diharuskan untuk dapat mengelola serta bisa bertanggung jawab didalam sebuah tim.
  4. Negosiasi serta persuasi.
  5. Memecahkan masalah.
  6. Kepemimpinan.
  7. Organisasi.
  8. Ketekunan dan juga motivasi.
  9. Kemampuan untuk dapat bekerja di bawah tekanan serta dapat tetap tenang dalam menghadapi krisis.
  10. Kepercayaan diri.

Jadi kesimpulannya bahwa keterampilan ini kita sudah miliki dasarnya sejak kecil tinggal kita dapat mengasah secara terus menerus dengan tekun dan disiplin supaya dapat mencapai hasil yang maksimal. 

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Keterampilan, Macam, Contoh dan Menurut Para Ahli,  semoga apa yang diuraikan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  Pengertian Berita dan Unsurnya
Lihat Juga  √ Pengertian Kromosom, Struktur, Jenis, Jumlah dan Fungsinya
Lihat Juga  √ Pengertian Konsumen, Jenis, Hak, Kewajiban dan Menurut Ahli