√ Pengertian Ruang, Interaksi Antar ruang, Bentuk dan Syaratnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada saat ini akan dijelaskan mengenai apa itu pengertian ruang sejara lengkap, secara umum pengertian ruang adalah tempat pada permukaan bumi yang digunakan manusia dengan secara keseluruhan atau hanya sebagiannya saja. untuk lebih lengkapnya berikut ini ulasan mengenai pengertian ruang.

Pengertian Ruang, Interaksi Antar ruang, Bentuk dan Syaratnya

Pengertian Ruang

Penegrtian Ruang ialah sebuah tempat pada permukaan bumi, baik itu dengan secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal.

Dalam hal tersebut ruang tidak hanya sebatas udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi, namun juga lapisan atmosfer terbawah yang memengaruhi permukaan bumi.

Dapat juga dikatakan bahwa ruang ini mencakup perairan yang terdapat di permukaan bumi yakni laut, sungai, danau ataupun yang ada di bawah permukaan bumi (air tanah) sampai kepada kedalaman tertentu.

Pengertian Interaksi Antarruang

Pengertian Interaksi antar ruang ialah suatu cara dalam mengelola ruang-ruang dengan berdasarkan potensi serta juga permasalahannya dan tentu keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang tedapat disekitarnya. Keterkaitan antar lokasi atau ruang tersebut dapat dilihat secara fisik maupun non fisik.

Secara fisik setiap ruang pasti memiliki karakteristik pembangunan fisik itu sesuai dengan perannya pada suatu wilayah, contoh ialah sebagai tempat pusat perdagangan.

Secara non fisik, interaksi antar ruang tersebut dapat dilihat dari adanya kesenjangan-kesenjangan sosial ataupun juga ekonomi. Pusat pertumbuhan ekonomi serta aktivitas/kegiatan sosial biasanya akan selalu terpusat pada suatu lokasi dengan pelayanan publik yang baik. Ini akan memberikan daya tarik bagi masyarakat berada di lokasi lain yang menjadi faktor yang mempengaruhi pada berkembangnya sebuah lokasi.

Syarat-syarat Terjadi Interaksi Antarruang

Terdapat beberapa kondisi yang saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan tersebut yakni :

1. saling melengkapi (complementarity) – ialah sebuah kondisi saling melengkapi terjadi apabila ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya. contoh wilayah A ialah  penghasil sayuran, sedangkan pada wilayah B merupakan penghasil buah-buah. Kemudian wilayah A membutuhkan buah-buahan, sedangkan wilayah B membutuhkan sayuran. Jika pada masing-masing wilayah itumemiliki kelebihan (surplus), maka wilayah A dapat melakukan interaksi dengan wilayah B dengan melalui aktivitas perdagangan atau disebut juga dengan jual beli.

2. kesempatan antara (intervening opportunity) – Kesempatan antara ini merupakan suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik ialah sebagai tempat asal atau pun tempat tujuan. Apabila seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan dapat memperhatikanf aktor jarak serta biaya dalam memperoleh produk tersebut. Contohnya,Wilayah A biasanya membeli buah-buahan ke wilayah B, namun kemudian diketahui terdapat wilayah C yang juga penghasil buah-buahn . Karena Wilayah C jaraknya lebih dekat serta ongkos transportasinya juga lebih murah, maka para pembeli ikan dari wilayah A akan beralih membeli buah-buah ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dengan B juga ikut melemah.

3. keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability) – Pengangkutan barang maupun juga orang memerlukan biaya. Biaya untuk dalam interaksi tersebut harus lebih rendah jika dibandingkan
dengan keuntungan yang didapatkan. apabila biaya tersebut terlalu tinggi jika dibandingkan dengan keuntungannya, maka interaksi antar ruang tersebut tidak akan terjadi. Kemudahan transfer serta biaya yang diperlukan juga akan sangat tergantung pada ketersediaan infrastruktur (sarana serta prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan juga tujuan. Jalan yang rusak serta sulit untuk dicapai akan mengurangi kemungkinan terjadinya suatu interaksi karena biaya dalam mencapainya juga akan lebih mahal. contoh, misalnya seseorang akan menjual buah-buah dari wilayah A ke wilayah B, namun jalan menuju wilayah B ini mengalami kerusakan yang parah, akibatnya tidak bisa dilalui. oleh karena itu, orang tersebut tidak jadi menjual buah – buah ke wilayah B.

Bentuk Interaksi Antarruang

Terdapat beberapa bentuk dari interaksi antarruang diantaranya :

  • Mobilitas Penduduk
    adalah suatu Interaksi dalam bentuk pergerakan atau juga perpindahan manusia, contohnya ialah sepertia emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk/melakukan pekerjaan atau wisata.
  • Komunikasi
    Komunikasi merupakan suatu interaksi dengan melalui perpindahan ide atau gagasan serta informasi, contohnya ialah seperti pengiriman informasi baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung misalnya membaca berita, melihat tayangan televisi, internet serta lain sebagainya.
  • Transportasi
    Adalah suatu interaksi dengan melalui perpindahan barang atau juga  energi, contohnya pengakutan barang, pergadangan dan lain sebagainya.

Sekian ulasan mengenai Pengertian Ruang, Interaksi Antar ruang, Bentuk dan Syaratnya, Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Epitel, Fungsi, Jenis, dan Contoh
Lihat Juga  √ Pengertian Variabel, Jenis, Contoh dan Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Teks Editorial : Pengertian , Kerangka, Struktur, Kaidah, Dan Contoh