√ Pengertian Respirasi Tumbuhan, Tahapan, Jenis dan Faktornya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pengertian Respirasi Tumbuhan perlu diketahui oleh semua orang sehingga mendapatkan informasi bermanfaat dari pembelajaran biologi. Tidak hanya manusia saja yang berespirasi, namun tumbuhan pun demikian.

Pengertian Respirasi Tumbuhan, Tahapan, Jenis dan Faktornya

Pengertian Respirasi Tumbuhan

Respirasi ini merupakan sistem pernapasan yang juga menyangkut persoalan pergerakan energi di tubuh makhluk hidup dalam mendukung interaksi senyawa.

Manusia membutuhkan O2 untuk bisa bernapas, sedangkan untuk tumbuhan membutuhkan CO2, kecuali diwaktu malam hari, Tumbuhan juga menghirup O2. Namun respirasi pada tumbuhan ini  juga berkaitan dengan sistem yang amat erat mengenai proses perubahan kimiawi. Apabila pada manusia, respirasi ini bertujuan untuk dapat menghidupkan organ keseluruhan hingga sistem syaraf pusat, pada tumbuhan pun juga demikian.

Pengertian Respirasi Tumbuhan merupakan suatu proses di mana tumbuhan itu menyerap molekul oksigen yang terdapat di udara untuk dapat menghasilkan air, karbon dioksida, serta juga energi, yang dibutuhkan tanaman untuk dapat tumbuh dan berkembang. Respirasi pada tumbuhan tersebut diketahui terjadi diwaktu pagi sertasiang hari bersamaan dengan proses fotosintesis dan juga diwaktu malam hari saat tumbuhan tidak melakukan fotosintesis. Dapat juga dikatakan bahwa 100% dari proses respirasi itu terjadi pada saat tumbuhan berfotosintesis.

Proses respirasi pada tanaman tersebut melibatkan penggunaan gula yang dihasilkan selama fotosintesis dan juga oksigen untuk menghasilkan energi bagi pertumbuhan tanaman. Dalam banyak hal, respirasi tersebut merupakan kebalikan dari fotosintesis. Di lingkungan alami, tanaman juga menghasilkan makanannya sendiri untuk dapat bertahan hidup.

Dalam proses fotosintesis tumbuhan itu menggunakan karbon dioksida (CO2) dari lingkungan untuk dapat menghasilkan gula serta oksigen (O2), yang nantinya dimanfaatkan ialah sebagai sumber energi. Perbedaan yang lainnya antara fotosintesis serta juga respirasi ialah fotosintesis hanya terjadi pada daun serta batang saja, respirasi itu terjadi pada daun, batang serta juga akar tanaman. Proses respirasi tersebut  direpresentasikan sebagai berikut ini.

Rumus Kimia Respirasi Pada Tumbuhan :

C₆H₁₂O₆ + 6O₂ → 6CO₂ + 6H₂O + 38 ATP (Energi)

Proses dan Tahapan Respirasi Pada Tumbuhan

Setiap proses pasti terdapat prosedur didalamnya, begitu juga dengan respirasi tanaman ini yang memiliki proses yang urut serta runtut. Namun pada beberapa tumbuhan itu mungkin mempunyai proses yang berbeda urutannya karena tiap spesies tanaman, sejatinya itu mempunyai proses bernapas yang berbeda.

1. Penyerapan O2 dari Alam

Pada Tahapan ini ialah proses yang mana terjadi penangkapan atau juga penyerapan gas oksigen dari alam. Tumbuhan ini ternyata mempunyai kemampuan ini juga, walaupun mereka hanya membutuhkan CO2 saja disaat  melakukan fotosintesis.

2. Mobilisasi Gas & Penyerapan O2

Pergerakan gas-gas pada tumbuhan tersebutakan terjadi pada proses ini. Yang mana pada tumbuhan, proses yang dimaksud dinamakan difusi. Mungkin tepatnya, dikatakan bahwa pada proses tersebut, tumbuhan mulai melakukan pertukaran gas lama dengan gas baru pada tubuhnya. Di proses tersebut, tumbuhan juga memasukkan O2 ke dalam selnya.

4. Pertukaran CO2

Di sini terjadi difusi lagi yangmana terdapat proses pelepasan O2, sedangkan CO2 yang dihasilkan itu akan diserap oleh tubuh tanaman itu sendiri. Berbagai sel pada tumbuhan akan menikmati proses tersebut sebagai penunjang hidup mereka.

5. Tahapan Respirasi

Terdapat beberapa tahapan respirasi yang perlu diketahui, seperti misalnya ialah Glikosis. Ini merupakan sebuah tahapan di mana glukosa yang dihasilkan didalam tumbuhan itu diubah menjadi 2 molekul asam piruvat.

Macam Jenis Respirasi Pada Tumbuhan

Terdapat 2 jenis respirasi pada tumbuhan yang dikenal didalam studi biologi sejak zaman sampai pada sekarang ini. Dari keduanya itu dapat dibedakan bahwa beberapa tumbuhan ternyata masih mempunyai kebutuhan pada O2 walalupun dikatakan mereka itu bernapas dengan CO2.

1. Respirasi Aerob

Jenis Respirasi Aerob merupakan sistem yangmana tumbuhan itu menggunakan oksigen yang terdapat di udara untuk bisa mendapatkan energi bagi dirinya. Pemecahan karbohidrat pada tumbuhan itu sangat bergantung pada O2. Respirasi tersebut terjadi seumur hidup dan juga sintesisnya ialah karbondioksida (CO2) serta air (H2O).

2. Respirasi Anaerob

Jenis Respirasi Anaerob merupakan sistem yang mana tumbuhan itu tidak perlu memakai O2 dalam melakukan reaksi pemecahan rantai karbohidrat. Respirasi tersebut terjadi hanya sementara pada tumbuhan, hasilnya ialah sintesis berupa alkohol serta juga karbondioksida. Jenis respirasi ini menghasilkan ATP (Energi) yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan respirasi Aerob.

Faktor Yang Mempengaruhi Respirasi Tumbuhan

Adapun Faktor yang mempengaruhi respirasi tumbuhan ini akan diuraikan sebagai berikut :

1. Faktor Internal :

  • Faktor Protoplasmik
  • Konsentrasi substrat respirasi yang tersedia

2. Faktor Eksternal :

  • Temperatur
  • Cahaya
  • Konsentrasi oksigen di udara
  • Konsentrasi karbon dioksida
  • Tersedianya air
  • Luka pada organ tumbuhan
  • Senyawa kimia
  • Perlakuan mekanik

Zat Yang Menghambat Proses Respirasi

Selain dari beberapa syarat yang dibutuhkan supaya tumbuhan itu bisa melakukan respirasi, terdapat juga beberapa zat yang mampu untuk membuat proses respirasi tumbuhan itu menjadi terganggu. Dibawah ini merupakan beberapa jenis zat yang menggangu dari pada proses Respirasi pada tumbuhan, diantaranya  :

  • Iodoasetat (C2H3IO2)
  • Fluorida
  • Sianida
  • Kloroform, Aseton dan Eter

Tidak ada cara lebih baik dalam menentukan bagaimana respirasinya itu selain dengan penelitian botani yang simultan juga mendalam. Apapun proses respirasi pada tumbuhan tersebut akan selalu dapat menunjang kehidupannya. Tanda dari berhentinya proses respirasi itu ialah tanaman akan layu, setelah itu mati.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Respirasi Tumbuhan, Tahapan, Jenis dan Faktor, semoga apa yang dipaparkan mengenai Respirasi Tumbuhan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Agresi, Jenis, Bentuk, Aspek dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Gelombang Mekanik, Karakteristik, Jenis, Contoh dan Rumusnya
Lihat Juga  √ Pengertian Anomie, Culture Lag, Mestizo Culture, dan Contohnya