√ Pengertian Bronkiolus, Ciri, Fungsi, Letak dan Strukturnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Bronkiolus, penjelasan selengkapnya akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Bronkiolus, Ciri, Fungsi, Letak dan Strukturnya

Pengertian Bronkiolus

Bronkiolus ini merupakan salah satu saluran pada pernafasan setelah trakea di dalam tenggorokan yang dapat berfungsi sebagai jalan nya udara yang masuk dari hidung kemudian disalurkan pada paru-paru.

Bronkiolus ini  merupakan salah satu percabangan dari bronkus pada batang tenggorok manusia. Bronkioli bercabang pada bronkus tersier pada bronkus serta kemudian menjadi tempat percabangan alveolus.

Luas permukaan bronkiolus ini menentukan besar oksigen yang bisa diikat secara efektif oleh paru-paru. Percabangan tersebut berkisar 20-25 x dari Bronkus Tersier.

Bronkiolus itu yang terdiri dari beberapa cabang yang melingkupi dari kanan serta kiri sehingga akan bercabang dari Bronkiolus tersebut serta kemudian menjadi bentuk yang lebih kecil.

Namun hal ini juga mempunyai dinding yang sangat halus sehingga pada umumnya itu bisa/dapat mudah terserang penyakit dengan kedudukan bronkus yang mendatar.

Bronkiolus ialah sebagai sistem pernapasan dengan sepasang paru-paru atau dari trakea yang mana bisa/dapat menarik udara pada tekanan udara atmosfer secara memaksa dan akan masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut juga dapat ataua bisa dilakukan dengan memperluas rongga tulang rusuk yang terletak pada bagian bawah paru-paru.

Fungsi Bronkiolus

Setelah mengerti mengenai pengertian bronkiolus diatas, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi bronkiolus, beberapa fungsi dari Bronkiolus itu sendiri diantaranya sebagai berikut :

  1. Bronkiolus ialaha salah satu alat penyalur udara yang bisa/dapat dialirkan ke alveoli dengan mendapatkan pertukaran gas pada oksigen.
  2. Bronkiolus ini merupaan salah satu alat yang berperan penting yang bisa pengontrolan udara sehingga dapat didistribusikan dengan paru-paru.
  3. Bronkiolus ini mempunyai tulang yang rawan hingga dapat/bisa berfungsi dalam menjaganya jaringan otot polos.
  4. Bronkiolus ini dapat berkontraksi hingga bisa/dapat melebar secara efektif.
  5. Bronkiolus ini juga memiliki fungsi untuk melakukan sekresi zat yang bisa memastikan pada bernapasan dan juga bisa mengeluarkan protein racun pada pernapasan manusia.

Ciri -Ciri Bronkiolus

  • ada dua
  • merupakan percabangan dari bronkus
  • sebagai tempat lewatnya udara pernapasan

Struktur Bronkiolus

Seteleh mengetahui beberapa fungsi yang telah diuraikan di atas maka selanjutkan kita akan membahas mengenai struktur dari bronkiolus, penjelasannya sebagai berikut :

Struktur bronkiolus tersebut terbagi menjadi tiga bagian diantaranya .

  1. Bronkiolus Lobular ini merupakan salah satu alat dari lobus yang lebih besar.
  2. Bronkiolus Terminalis ini merupakan salah satu alat yang bisa/dapat melakukan transfer makanan dari rongga mulut.
  3. Bronkiolus Respiratorius ini merupakan salah satu alat yang bisa/dapat bertanggung jawab dalam mengarahkan udara pada alveoli.

Penyakit Pada Bronkiolus

Dari beberapa ulasan di atas maka Bronkiolus ini juga sering terjadi penyalit yang sering terjadi pada tubuh manusia diantaranya sebagai berikut :

  • Bronkokonstriksi ini merupakan suatu penyebab dari kontraksi dengan penyempitan bronkiolus yang diakibatkan oleh asap rokok serta alergi yang lainnya.
  • Penyakit Bronkiolitis ini merupakan salah suatu penyebab dari salah satu peradangan yang biasanya akan terjadi pada anak-anak dari virus serta influenza.
  • Penyakit Obliteran ini merupakan salah suatu penyebab yang mempengaruhi dari orang dewasa pada bernapasan dari asap beracun serta infeksi virus.

Letak Bronkiolus

Letak bronkiolus ini berbatasan secara langsung dengan gelembung-gelembung udara di dalam paru, yakni alveoli. Maka dengan berdasarkan tata letaknya bronkiolus ini juga kerap difungsikan sebagai salah satu jembatan dengan melalui beberapa proses keluar nya udara dengan oksigen pada sistem pernafasan yang terdapat pada manusia.

Kesimpulan

Maka dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa fungsi utama dari bronkiolus ialah sebagai alat yang dapat menyalurkan udara pada alveoli serta dapat juga mengontrol jumlah udara yang akan didistribusikan.

Dengan demikian kombinasi dari alveoli itu juga akan dapat permukaan dengan adanya pertukaran gas dengan cara percabangan udara ke alveoli sehingga hal tersebut dapat memaksimalkan tubuh untuk meningkatkan pertukaran oksigen serta gas udara.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Bronkiolus, Ciri, Fungsi, Letak dan Strukturnya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Retail, Fungsi, Jenis, Contoh, & Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial, Unsur, Ciri, dan Kelebihannya
Lihat Juga  √ Pengertian Bronkus, Struktur, Bagian, Beserta Fungsinya