√ Pengertian Musik Ansambel, Jenis, Cara dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan mengenai Seni Budaya, didalam kesenian tersebut terdapat banyak sekali jenis kesenian, salah satunya jenisnya adalah seni musik, didalam seni musik ini juga terdapat banyak sekali jenisnya salahh satunya ada seni musik ansambel yang akan dijelaskan dibawah ini :

pengertian-musik-ansambel-adalah

Pengertian Musik Ansambel Adalah

Kata ansambel ini berasal dari bahasa prancis. Ansambel ini memiliki arti rombongan musik. Sedangkan untuk pengertian ansambel menurut kamus musik, ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan seperti yang tercantum dalam sebutannya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, pengertian musik ansambel ini ialah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu dan juga memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.

Jenis Pengelompokan musik ansambel

Didalam pengelompokan musik ansambelini, dibedakan menjadi tiga (3) macam astau jenis. Adapun 3 macam pengelompokan musik ansambel ini dikelompokan dengan berdasarkan penyajian musiknya, berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik serta juga dengan berdasarkan golongan alat musiknya. Dibawah ini merupakan penjelasannya :

  • 1. Berdasarkan penyajiannya

Dengan Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel ini dikelompokkan menjadi dua (2) yaitu sebagai berikut :

  1. Musik ansambel sejenis
    Musik ansambel sejenis merupakan bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat musik yang sejenis. Contoh musik ansambel sejenis ini ialah ansambel rekorder.


  2. Musik ansambel campuran
    Musik ansambel campuran ini merupakan bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik atau juga bermacam-macam jenis alat musik. Contoh dari musik ansambel campuran ini ialah pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin dan juga simbal.


  • 2. Berdasarkan peranan dan fungsinya

Dengan berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik yang digunakan, musik ansambel ini dikelompokkan menjadi 3 jenis diantaranya sebagai berikut :

  1. Ansambel melodis
    Ansambel melodis merupakan alat musik yang digunakan dan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contoh dari ansambel melodis ini ialah piano,pianika, biola, terompet, tamborin, rekorder dan harmonica.


  2. Ansambel ritmis
    Ansambel ritmis merupakan alat musik yang digunakan dan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh dari ansambel ritmis ini ialah tamborin, drum set, triangle, gong serta gendang.


  3. Ansambel harmonis
    Ansambel harmonis ini merupakan alat musik yang digunakan berfungsi untuk dapat memainkan melodi lagu serta juga mengatur irama lagu.


  • 3. Berdasarkan golongannya

Dengan berdasarkan golongan alat musik, ansambel ini dibagi menjadi 2 jenis yakni dilihat dari aspek sumber bunyi, cara memainkan serta juga peranannya dalam musik ansambel.

a. Sumber bunyi

  • Akrofon
    Akrofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari getaran udara yang ada. Contoh seperti akrofon adalah seruling serta terompet.
  • Membranofon
    Membranofon merupakan alat musik yang mendapatkan sumber bunyi dari plastik. Contoh membranofon ini seperti gendang, rebana dan drum.
  • Kordofon
    Kordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu didapatkan dari dawai atau juga tali. Contoh kordofon ini ialah gitar, kecapi dan biola.
  • Idiofon
    Idiofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu terletak pada bunyi alat itu sendiri jikadimainkan. Contoh idiofon ini ialah angklung dan gong.
  • Elektrofon
    Elektrofon merupakan alat musik yang bunyinya itu bersumber pada tegangan listrik. Contoh seperti elektrofon adalah organ listrik dan juga gitar listrik.


Cara memainkan alat musik

  1. Dipukul
    Contoh dari alat musik yang dipukul ini seperti drum, bongo, gendang dan saron.
  2. Dipetik
    Contoh dari alat musik yang dipetik ini seperti gitar dan kecapi.
  3. Ditiup
    Contoh dari alat musik yang ditiup ini seperti terompet, seruling dan klarinet.
  4. Digoyangkan/digetarkan
    Contoh dari alat musik yang digoyangkan/digetarkan ini seperti angklung.
  5. Digesek
    Contoh dari alat musik yang digesek ini seperti biola, rebab dan selo.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Musik Ansambel, Jenis, Cara dan Contohnya, semoga apa yang dijelaskan diatas dapat bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Lihat Juga  √ Pengertian Etika Bisnis, Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Menurut Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian RAM Dan ROM, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya
Lihat Juga  √ Pengertian Ideologi Fasisme, Unsur, Sifat dan Tujuannya