√ Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Dilihat dari bahasanya, birokrasi ini bersumber dari kata “Biro” yang memiliki arti meja dan “Kratein” yang memiliki arti pemerintahan. Oleh sebab itu birokrasi memiliki arti meja pemerintahan. Untuk lebih detailnya silahkan baca artikel mengenai birokrasi yang akan diuraikan dibawah ini :

Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya

Pengertian Birokrasi

Dalam KBBI Pengertian Birokrasi secara bahasa itu diartikan ialah sebagai sistem pemerintahan yang dilakukan oleh pegawai pemerintahan disebabkan sudah berpegang dengan hierarki serta jenjang jabatan.

Sedangkan didalam Wikipedia, Birokrasi ini berasal dari kata “Bureaucracy” yang memiliki arti sebagai sebuah organisasi yang mempunyai rantai komenado itu dengan bentuk piramida, yang mana lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya hal tersebut ditemui pada instansi yang sifatnya sipil atau juga militer.

Pengertian birokrasi sendiri menurut para ahli yang dikemukakan oleh Michael G. Roskin, et.al. Definisi birokrasi menurut beliau adalah tiap-tiap organisasi besar yang terdiri atas para pejabat yang diangkat yang mana fungsi utamanya ialah untuk menjalankan atau juga mengimplementasikan (to implement) kebijakan-kebijakan yang sudah diputuskan atau juga diambil oleh para pengambil keputusan (decision makers).

Dengan kata lain birokrasi ini merupakan struktur yang sudah diorganisasi atau juga sistem rasional yang sudah dirancang sedemikian rupa bentuknya itu supaya memungkinkan terjadinya kebijakan publik yang efektif serta juga efisien.

Birokrasi tersebut dijalankan dengan beberapa prosedur atau aturan yang memiliki sifat tetap. Sedangkan komando didalam bentuk hirarki kewenangan yang mana berjalan atau mengalir dari atas kebawah.

Birokrasi dinamakan juga ialah sebagai badan yang melakukan penyelenggaraan layanan publik (Civil Service). Birokrasi tersebut tersusun atas individu yang diangkat eksekutif serta posisi mereka selalu datang dan juga pergi. Dalam artian, individu tersebut duduk didalam birokrasi itu sebab dipertahankan menurut prestasi kerjanya serta juga kadang-kadang mereka dikeluarkan disebabkan karena prestasi kerjanya kurang baik.

Ciri-Ciri Birokrasi

Max Weber kemudian menerangkan bahwa ciri-ciri birokrasi ini diantaranya sebagai berikut :

  • Jabatan administrasi yang diorganisir atau juga tersusun itu secara hierarkis.
  • Masing-masing dari jabatan itu mempunyai area kompetensi sendiri-sendiri.
  • Pegawai negeri ditetapkan, tidak dipilih oleh menurut pada kualitas teknik yang ditunjukan dengan ijazah atau juga  ujian.
  • Pegawai negeri itu mendapatkan gaji tetap sesuai dengan pangkat atau juga kedudukannya.
  • Pekerjaan ialah karier yang terbatas, atau pada intinya, pekerjaannya itu ialah sebagai pegawai negeri.
  • Para pejabat juga tidak mempunyai kantor sendiri
  • Para pejabat iitu sebagai subjek untuk dapat melakukan pengontrolan dan pendisiplinan
  • Promosi itu didasarkan dari pertimbangan kemampuan yang melebihi rata-rata.

Jenis-Jenis Birokrasi Negara

Ideal typhus Amerika Serikat ini menyatakan bahwa dapat diketahui tipe-tipe birokrasi negara yang bisa digunakan untuk memisahkan tipe birokrasi. Dengan mengetahui Ideal typhus tersebut dapat membandingkan dengan birokrasi yang terdapat di Indonesia. Di Amerika Serikat terdapat empat (4) jenis birokrasi antara lain yaitu:

Departemen-Departemen di Dalam Kabinet (The Cabinet Departements)

Didalam suatu birokrasi itu tersusun atas beberapa lembaga birokrasi yang dibagi itu dengan berdasarkan tugasnya. Seperti departemen pertahanan, departemen pendidikan, departemen kesehatan serta juga departemen lain yang memiliki tugas dalam  melaksanakan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh lembaga eksekutif syerta udikatif.

Agen-Agen Federal (Federal Agencies)

Agen-agen federal ini merupakan ungkapan lain dari tangan kanan dari lembaga keprisidenan. Agen tersebut terbentuk dengan dasar dari pilihan presiden yang sedang memerintah pada saat itu. Contohnya NASA dan FBI (Federal Bereau Investigation). Sedang untuk di Indonesia sendiri contohnya ialah LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) serta juga BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional)

Perusahaan-Perusahaan Federal Milik Federal (Federal Corporation)

Adapun jenis birokrasi ini ialah birokrasi yang menyatukan antara lembaga pemerintah dengan lembaga bisnis. Contoh jika di Indonesia ialah BUMN (Bada Usaha Milik Negara). Garuda Indonesia Airways (GIA). Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Bank Mandiri serta juga Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Agen-Agen Pengaturan Independen (Independent Regulatory Agencies)

Agen-Agen pengaturan independe merupakan  birokrasi yang dibuat untuk keperluan didalam menyelengggarakan regulasi ekonomi atas dunia bisnis. Contoh birokrasi seperti ini jika di Indonesia ialah BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha), KPU (Komisi Pemilihan Umum), KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) serta lain sebagainya.

Karakteristik Birokrasi

Max Weber juga menyatakan karakteristik yang ideal dari birokrasi diantaranya sebagai berikut :

  • Kerja yang ketat pada peraturan (rule)
  • Tugas yang sifatnya khusus (spesialisasi)
  • Kaku dan sederhana (zakeliik)
  • Diselenggarakan secara resmi (formal)
  • Diatur dari atas ke bawah (heirarchi)
  • Berpedokan pada logika (rational)
  • Tersentralistis (otorithy)
  • Taat dan patuh (obedience)
  • Disiplin (dicipline)
  • Terstruktur (sistematic)
  • Tanpa pandang bulu (impersonal)

Peran Birokrasi dalam Pemerintahan Modern

Michael G. Roskin, et.al menggemukakan bahwa birokrasi ini mempunyai peranan penting didalam sebuah pemerintahan modern. Peran birokrasi pada pemerintahan modern diantaranya sebagai berikut:

  • Administrasi
    Peran administrasi pemerintahan modern ini mencakup kegiatan atau aktivitas administrasi, pengaturan, pelayanan, perizinan, serta juga  pengumpul informasi.
  • Pelayanan
    Birokrasi ini bertujuan ialah sebagai pelayanan masyarakat atau kelompok tertentu. Contohnya untuk di Indonesia ialah Badan Metereologi dan Geofisika (BMG).
  • Pengaturan (Regulation)
    Peran pengaturan dari birokrasi ini idibuat untuk dapat memberikan kesejahteraan masyarakat.
  • Pengumpul Informasi (Information Gathering)
    Badan birokrasi ini dijadikan ujung tombak jalannya kebijaksanaan sebuah negara untuk dapat menyiapkan data yang berhubungan dengan kebijaksanaan terhadap beberapa pelanggaran atau juga kebutuhan dalam menentukan kebijakan baru dengan situasi faktual.

Menurut Andrew Heywood, peran birokrasi diantaranya sebagai berikut :

  • Melaksanakan administrasi
  • Nasehat kebijakan (policy advice)
  • Artikulasi kepentingan
  • Stabilitas politik

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian E-Business, Strategi, Keuntungan, Unsur dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Ekonomi Makro, Tujuan, Ruang Lingkup & Pengaruh
Lihat Juga  √ Pengertian Kalimat Imperatif, Deklaratif, Interogratif, Ciri dan Contohnya