√ Pengertian Marketing

Posted on

pengertian marketing

Pengertian Marketing

Pengertian Marketing ini ialah seluruh aktivitas atau kegiatan yang memiliki tujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau juga jasa yang ditawarkan suatu perusahaan kepada target pasar tertentu. Dengan kata lain, marketing ini merupakan suatu usaha untuk menarik perhatian calon konsumen.

Marketing atau juga pemasaran bisa atau dapat dilakukan dalam segala macam cara atau bentuk dengan memanfaatkan segala macam media, misalnya dengan berupa iklan yang dipasang pada televisi, billboard,radio, media digital, media cetak, serta sebagainya.


Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengerti mengenai pengertian marketing ini maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli dibawah ini :

Menurut Philip Kotler

Marketing ini merupakan aktivitas atau kegiatan sosial serta pengaturan yang dilakukan satu atau juga sekelompok orang untuk kemudian mendapatkan yang diinginkan yakni dengan cara menciptakan sebuah produk untuk kemudian ditukarkan sejumlah nominal tertentu dengan pihak lain.


Menurut Tung Desem Waringin

Marketing ini merupakan suatu proses mengomunikasikan suatu nilai tambah yang lebih tinggi dari sebuah produk.


Laksita Utama Suhud

Marketing ini merupakan suatu usaha yang perlu dilakukan supaya sebuah bisnis/usaha selalu tampak lebih baik dibandingkan para pesaingnya di kalangan pasar.


Menurut Sutisna

Definisi Marketing ini merupakan suatu usaha menyampaikan pesan kepada publik, terutama pada konsumen sasaran, mengenai keberadaan sebuah produk di pasaran.


Tujuan Marketing

Tujuan-Marketing

Secara umum, tujuan marketing ini merupakan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Tujuan tersebut dapat atau bisa dirinci lebih lanjut dalam 3 tujuan spesifik berikut ini.

  1. Konsumen dapat atau bisa mengetahui produk (barang/jasa) yang ditawarkan dengan secara detail serta  sebaliknya, produsen untuk mampu menyediakan produk sesuai permintaan serta kebutuhan konsumen.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan dengan secara rinci seluruh kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan aktivitas pemasaran, mulai dari deskripsi kemudian desain lalu promosi dan setelah itu iklan produk sampai  komunikasi dengan konsumen serta juga pengiriman produk.
  3. Perusahaan bisa atau dapat mengenali serta memahami konsumen itu dengan baik sehingga produk yang dihasilkan itu sesuai serta bisa “menjual dirinya sendiri”, artinya akan selalu dibeli konsumen itu tanpa perlu dilakukan upaya pada pemasaran lagi.

Fungsi Marketing

Fungsi-Marketing

Selain mempunyai tujuan yang jelas, marketing tersebut juga mempunyai fungsi-fungsi lain yang menunjang aktivitas atau kegiatan bisnis. Fungsi-fungsi itu dapat atau bisa dibedakan menjadi 6 macam dengan penjelasan sebagai berikut.

1. Fungsi Promosi

Promosi tersebut harus dilakukan dengan cara serta media yang tepat itu dengan memperhatikan target konsumen. Apabila target pemasaran produknya ini ialah remaja atau dewasa muda, promosi tersebut dilakukan dengan melalui kerja sama itu dengan para influencer di media sosial.


2. Fungsi Perantara

Setelah produk tersebut dikenal, harus terdapat pihak yang bisa atau dapat menjadi perantara supaya produk bisa atau dapat sampai ke tangan konsumen. Dalam hal ini, pihak marketer yang kemudian menjadi penghubung antara perusahaan serta konsumen dengan cara mencari informasi, mengelompokkan produk, serta lain sebagainya.


3. Fungsi Pertukaran

Marketing tersebut memungkinkan terjadinya pertemuan antara produsen itu dengan konsumen dengan pendekatan yang sesuai serta juga disukai konsumen. Apabila sudah merasa mengenal serta juga membutuhkannya, konsumen kemudian akan bersedia menukarkan sejumlah uang untuk mendapatkan produk tersebut.


4. Fungsi Distribusi

Suapay dapat atau bisa sampai ke tangan konsumen, sebuah produk tersebut tentu harus didistribusikan dengan cara dipindahkan, kemudian diangkut, serta disimpan. Marketing tersebut kemudian harus menentukan lokasi-lokasi yang berpotensial, yakni tempat barang/jasa tersebut banyak dicari.


5. Fungsi Riset

Untuk kemudian menentukan target pasar yang tepat, tim marketing tentu harus melakukan riset terlebih dahulu sehingga kemudian akan mendatangkan hasil yang diinginkan. Riset tersebut biasanya dilakukan dengan melalui survei, lalu dianalisis untuk dapat menghasilkan kesimpulan.


6. Fungsi Penjualan

Marketing tersebut juga mempunayi fungsi penjualan langsung kepada konsumen untuk dapat membantu tim sales bisa mencapai target. Hal tersebut disebabkan fungsi utama marketing, diantaranya promosi, berkaitan secara langsung itu dengan penjualan.


Tugas Marketing

Tugas-Marketing

Seorang marketing officer ini ujung tombak perusahaan yang sangat menentukan pada kesuksesan sebuah produk di pasaran. Untuk itu, baik perusahaan atau pun juga marketing officer tersebut wajib memahami hal-hal pokok yang kemudian menjadi tugas serta tanggung jawabnya.


1. Melakukan Riset Pasar

Harga sebuah barang produksi tersebut tidak hanya ditentukan oleh harga bahan baku serta biaya produksinya, namun juga beberapa faktor lain. Selain untuk mempertimbangkan keunggulan produk, dan juga untuk dapat menetapkan harga yang tepat, marketing tersebut jgua harus melakukan riset pasar untuk dapat mengetahui harga produk yang sejenis.


2. Mengidentifikasi Kebutuhan dan Harapan Konsumen

Seorang konsumen tersebut akan memutuskan untuk kemudian memilih sebuah produk apabila produk tersebut sesuai itu dengan kebutuhan serta keinginannya. Karena itu, marketing tersebut harus mampu melihat apa yang menjadi kebutuhan serta juga keinginan konsumen sehingga perusahaan tersebut bisa atau dapat menawarkan produk yang pasti dibeli konsumen.


3. Membuat Perencanaan Produk

Dengan berdasarkan hasil identifikasi terhadap kebutuhan serta juga harapan konsumen, tim marketing dapat atau bisa memberikan usulan perencanaan produk kepada tim produksi. Dengan demikian, produk yang kemudian dihasilkan mempunyai peluang tinggi untuk dipasarkan dengan luas yakni dengan tingkat penjualan yang tinggi.


4. Merancang Strategi Pemasaran

Produk yang baik itu kemudian perlu didukung oleh strategi pemasaran yang tepat sasaran. Apabila tidak, produk tersebut tentu akan menjadi sia-sia atau pun juga tidak mencapai target penjualan yang ditetapkan. Strategi pemasaran melingkupi bentuk serta media promosi beserta target yang ingin dicapai sehingga dapat atau bisa dievaluasi keberhasilannya.


5. Melayani Konsumen dengan Baik

Kualitas serta kesesuaian produk dengan kebutuhan dan juga harapan konsumen ini sangat menentukan penjualan. Namun, pelayanan dari perusahaan yang diwakili tim marketing tersebut juga ikut memengaruhi keputusan konsumen. Pelayanan yang baik tentu akan menghasilkan konsumen yang juga loyal pada produk Anda.


Perbedaan Marketing dan Sales

Perbedaan-Marketing-dan-Sales

Secara umum, perbedaan marketing serta juga sales tersebut bisa atau dapat dilihat dari bidang tugasnya. Marketing ini ialah bagian dari aktivitas bisnis yang fokus di perencanaan produk kemudian penetapan harga setelah itu promosi produk dan kemudian pendistribusian produk untuk memuaskan konsumen.

Sementara itu, aktivitas sales tersebut hanya fokus pada penjualan produk. Tidak sama seperti marketing yang kemudian harus menjaga citra produk serta juga kepuasan konsumen, tugas sales tersebut hanya menawarkan produk supaya konsumen tertarik untuk mau membeli serta target penjualan bisa tercapai.

Dilihat dari tujuannya, marketing serta sales juga mempunyai perbedaan yang sangat jelas. Marketing memiliki target untuk mengakuisisi konsumen itu dengan mencari cara untuk kemudian mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya. Sementara itu, target sales ini ialah meningkatkan omzet perusahaan.

Adapun secara lebih detail, perbedaan marketing serta sales adalah sebagai berikut.

1. Marketing

  1. Mengutamakan kebutuhan dan keinginan konsumen.
  2. Berorientasi pada profit.
  3. Perencanaan bersifat jangka panjang.
  4. Menekankan pada inovasi teknologi untuk menghasilkan cost value yang lebih baik.

2. Sales

  1. Mengutamakan produk.
  2. Berorientasi pada volume penjualan.
  3. Perencanaan bersifat jangka pendek.
  4. Mempertahankan teknologi yang sudah ada dan mengurangi biaya.

Strategi Marketing

Strategi-Marketing

Supaya dapat atau bisa mencapai tujuannya, marketing pun tersebut juga harus dilakukan dengan strategi yang tepat. Seiring dengan perkembangan teknologi, strategi marketing tersebut pun semakin berkembang dan juga beragam jenisnya. Di bawah ini merupakan beberapa strategi marketing yang banyak diterapkan saat ini.

1. Iklan Berbayar

Ini adalah salah satu strategi marketing yang sudah cukup lama dikenal, tetapi masih tetap tersebut dilakukan sampai saat ini disebabkan karna terbukti efektif untuk kemudian memperkenalkan produk secara luas. Strategi ini dijalankan dengan cara perusahaan tersebut kemudian membayar penyedia ruang iklan untuk dapat menampilkan produknya sehingga akan dikenal luas.


2. Marketing Transaksional

Strategi transaksional ini kemudian sangat efektif untuk dapat mendongkrak penjualan. Memberikan diskon atau juga kupon belanja, promosi, atau pun juga mengadakan acara besar ini merupakan beberapa contoh dari strategi pemasaran transaksional. Cara-cara tersebut juga terbukti mampu untuk menarik minat konsumen untuk dapat membeli produk lebih banyak.


3. Marketing Interaktif

Marketing interaktif tersebut dilakukan dengan melibatkan konsumen di dalam proses marketing itu sendiri. Salah satu contohnya ialah dengan mencantumkan nama konsumen diproduk edisi terbatas atau juga teknik kustomisasi lainnya. Cara tersebut cukup efektif untuk dapat meningkatkan permintaan serta loyalitas konsumen.


4. Marketing Melalui Media Sosial

Tingginya jumlah pengguna media sosial ini ialah pasar yang sangat potensial. Selain pada jangkauannya tak terbatas, pemasaran tersebut melalui media sosial tersebut juga sangat hemat biaya, mudah untuk dilakukan, serta menjangkau segala macam lapisan konsumen. Selain itu jgua meningkatkan omzet, brand produk itu lebih cepat dikenal.


5. Marketing Melalui Konten

Di dalam dunia digital, konten tersebut sangat berharga serta inilah yang dapat atau bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi marketing. Pemasaran tersebut tidak dilakukan dengan menawarkan produk dengan secara langsung, tetapi dengan menciptakan serta juga mendistribusikan konten yang bernilai, informatif, serta juga dibutuhkan konsumen.


Konsep Marketing

Konsep-Marketing

Supaya marketing tersebut bisa atau dapat dilakukan secara tepat serta bisa mencapai tujuannya, tim marketing atau juga pelaku bisnis tersebut harus lebih dahulu mengetahui beberapa konsep dasar dari marketing. Konsep marketing tersebut meliputi beberapa hal berikut ini.

1. Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Kebutuhan ini merupakan suatu ketiadaan rasa tercukupi yang apabila tidak terpenuhi akan memunculkan akibat yang fatal. Kebutuhan tidak bisa atau dapat diciptakan, melainkan sebuah hakikat biologis serta juga kondisi konsumen sendiri. Sementara itu, keinginan ini merupakan sesuatu yang apabila tidak terpenuhi itu tidak menyebabkan masalah.


2. Produk

Di dalam konteks marketing, produk ini merupakan sebuah penawaran yang bisa atau dapat berupa barang, jasa, atau juga gagasan yang kemudian dihasilkan oleh produsen serta juga ditawarkan kepada para konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhannya.


3. Nilai, Biaya, dan Kepuasan Konsumen

Kebutuhan konsumen ini tidak bisa atau dapat disamaratakan serta tiap-tiap produk tersebut mempunyai tingkat pemenuhan kebutuhan yang berlainan. Penilaian konsumen pada sebuah produk tersebut menjadi pertimbangan penting bagi produsen (tim marketing) di dalam menciptakan sebuah produk.


4. Pertukaran dan Transaksi

Dalam aktivitas atau kegiatan marketing, terdapat suatu kesepakatan antara produsen serta juga konsumen di dalam melakukan pertukaran, baik itu antara produk dengan uang atau pun juga produk dengan produk lainnya.


5. Hubungan dan Jaringan Pemasaran

Hubungan di dalam konsep marketing ini merupakan suatu transaksi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus untuk mempertahankan bisnis di dalam jangka waktu panjang. Perusahaan tersebut juga perlu mengembangkan jaringan pemasaran antara produsen yakni dengan konsumen, pemasok, karyawan, serta lainnya.


6. Pasar

Yang dimaksud pasar ini merupakan para pembeli atau juga konsumen yang mempunyai kebutuhan serta mampu untuk melaksanakan pertukaran nilai sehingga kemudian terjadi transaksi. Ukuran pasar tersebut tergantung pada jumlah konsumen serta juga sumber daya yang ditukarkan yakni dengan kebutuhan konsumen.


7. Pemasar dan Calon Pembeli

Pemasar tersebut akan mengidentifikasi serta juga mencari calon pembeli yang ingin memenuhi kebutuhannya sehingga kemudian  bersedia melakukan transaksi.

Persaingan bisnis yang semakin ketat kemudian menuntut para pelaku bisnis untuk mau terus melakukan inovasi pemasaran yang juga kreatif. Salah satu caranya ialah dengan melakukan adaptasi marketing suapay sejalan dengan tren konsumen sehingga kemudian produk yang ditawarkan mampu untuk memenangkan persaingan.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Marketing, Konsep, Strategi, Tugas, Fungsi dan Tujuan, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Teks Diskusi, Ciri, Struktur, Kaidah dan Jenisnya
Lihat Juga  √ Pengertian Xantofil, Fungsi, Siklus Dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Intellectual Capital, Karakteristik, Pengukuran, Komponen dan Teori