√ Pengertian Pameran,Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Pameran, penjelasan ini juga dilengkapi dengan beberapa point penting seperti Tujuan, Manfaat, Jenis dan Pameran Menurut Ahlim penjelasan selengkapnya akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Pameran,Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli

Pengertian Pameran

Pengertian pameran ini merupakan suatu pertunjukan karya seni atau produk menarik lainnya yang diadakan di dalam galeri seni, museum, atau juga di pameran perdagangan.

Pendapat lain juga ada yang mengatakan bahwa pengertian pameran ini merupakan suatu kegiatan yang menyajikan karya seni atau produk tertentu untuk dapat dikomunikasikan pada khalayak sehingga dari situ dapat diapresiasi oleh masyarakat secara luas.

Dalam hal ini, pameran adalah merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang diselenggarakan sebagai media dalam menyampaikan ide atau juga gagasan kepada masyarakat itu dalam bentuk karya seni, budaya, pendididkan, produk tertentu, serta lainnya. Dengan kata lain, kegiatan atau aktivitas pameran ini adalah suatu bentuk promosi yang dilakukan oleh produsen, organisasi, atau juga perkumpulan tertentu dengan menampilkan display produk kepada calon pembeli atau juga relasi.

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu pameran, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Menurut Isabel Briggs Myers,

Pengertian pameran ini ialah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri), serta memamerkan hasil karya seni seperti misalnya lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.

2. Menurut Evelina Lidia,

Pengertian pameran ini adalah suatu kegiatan atau aktivitas masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen serta terbuka untuk umum.

3. Menurut Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

Pengertian pameran ini adalah suatu sarana pemasaran yang efektif sebagai tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, dan juga informasi mengenai keunggulan pada suatu produk kepada masyarakat, sekaligus juga sebagai upaya dalam meningkatkan penetrasi pasar.

4. Menurut Frank William Jefkins

Pengertian pameran ini merupakan satu-satunya media pemasaran yang dapat atau bisa menyentuh semua panca indera manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).

5. Menurut Adi Irwanto

Pengertian pameran ini ialah salah satu cara untuk dapat atau bisa menyajikan sebuah karya seni itu secara visual, baik itu karya seni dua dimensi atau juga tiga dimensi.

Tujuan Pameran

Pada dasarnya tujuan utama pameran ini ialah untuk dapat menyajikan suatu produk atau karya seni kepada khalayak dan juga mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap sebuah produk atau karya seni yang dipamerkan. Selain dari itu, terdapat beberapa tujuan pameran diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Tujuan Komersial

Kegiatan pameran dengan tujuan komersial ini adalah suatu aktivitas pameran yang bertujuan supaya karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga para seniman serta juga penyelenggara pameran memperoleh keuntungan.

2. Tujuan Kemanusiaan

Kegiatan pameran untuk kemanusiaan ini merupakan suatu aktivitas atau kegiatan pameran yang bertujuan untuk dapat kepentingan pelestarian, pembinaan, nilai-nilai, serta juga pengembangan hasil karya seni budaya yang terdapat di masyarakat. Hasil penjualan karya di dalam pameran itu disumbangkan sebagai tujuan kemanusiaan, seperti misalnya korban bencana, panti asuhan, serta lainnya.

3. Tujuan Sosial

Kegiatan pameran untuk tujuan sosial ini ialah suatu aktivitas pameran yang memiliki tujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, hasil penjualan tiket atua juga produk dalam pameran itu akan disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial.

Fungsi Pameran

Di dalam pelaksanaan pameran itu terdapat beberapa fungsi yang didapatkan oleh banyak pihak. dibawah ini merupakan beberapa fungsi pameran diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Fungsi Edukasi, ini merupakan fungsi pameran yang memiliki manfaat untuk mendidik dan melatih masyarakat di dalam memahami makna keahlian rohani manusia. Hal tersebut juga sangat bermanfaat karena dapat membantu dalam menyeimbangkan ingatan serta pandangan manusia terhadap sekitarnya.
  2. Fungsi Apresiasi, ini merupakan fungsi pameran yang memiliki manfaat sebagai media di dalam menyampaikan inspirasi para seniman sehingga para pengunjung itu dapat memberikan apresiasi kepada seniman serta karyanya.
  3. Fungsi Prestasi, ini merupakan fungsi pameran yang membantu memacu para pencipta seni untuk berprestasi serta juga menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.
  4. Fungsi Rekreasi, ini merupakan fungsi pameran yang memiliki manfaat sebagai media untuk relaksasi serta melepaskan diri dari tekanan kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang menguras banyak energi dan juga pikiran.

Manfaat Pameran

Setelah memahami tujuan serta fungsi pameran, tentunya kita juga perlu untuk mengetahui apa manfaat kegiatan pameran. Mengacu pada penjelasan diatasnya, berikut ini merupakan beberapa manfaat pameran:

  1. Sebaga sarana bagi para seniman serta pencipta karya untuk dapat menumbuhkan serta meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu produk atau juga karya seni yang berkualitas.
  2. Sebagai sarana bagi masyarakat luas untuk dapat menumbuhkan serta meningkatkan kemampuan di dalam mengapresiasi hasil karya orang lain.
  3. Membantu masyarakat luas supaya lebih mampu di dalam menilai atau juga mengevaluasi suatu hasil karya dengan secara objektif.
  4. Memberikan lebih banyak pengalaman bagi para pencipta produk atau juga karya seni.
  5. Sebagai sarana untuk melatih masyarakat dalam hal merencanakan serta menyelenggarakan suatu kegiatan.
  6. Sebagai sarana untuk relaksasi serta penyegaran jiwa.

Macam Jenis Pameran

Secara umum, pameran ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Mengacu pada pengertian pameran, dibawah ini merupakan jenis-jenis pameran ialah sebagai berikut:

1. Pameran Tetap

Pameran tetap ini merupakan jenis pameran yang menyajikan segala macam karya koleksi Galeri Nasional Indonesia yang dilaksanakan dengan secara periodik dengan berdasarkan konsep kuratorial yang mana penyelenggaraannya dilaksakanan oleh Galeri Nasional Indonesia. Jenis pameran ini diselenggarakan dengan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya seperti 6 bulan sekali atau juga setahun sekali.

2. Pameran Temporer

Pameran temporer ini meruapaknjenis pameran yang dilakukan dengan secara tunggal atau bersama dalam jangka waktu tertentu dengan memperlihatkan berbagai karya seni rupa yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau juga bekerjasama dengan pihak lain. Jenis pemarena ini umumnya berlangsung itu minimal 10 hari serta maksimalnya 30 hari.

3. Pameran Keliling

Pameran keliling ini merupakan jenis pameran yang menyajikan berbagai koleksi Galeri Nasional Indonesia atau juga dari luar yang diselenggarakan ke berbagai daerah di Indonesia atau juga luar negeri. Pameran tersebut diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia dan/atau juga bekerjasama dengan pihak lain yang mana waktu penyelenggaraannya itu berlangsung minimal selama 10 hari.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Pameran,Tujuan, Manfaat, Jenis dan Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Tari flamenco : Pengertian, Sejarah, Ragam Gerak, dan Intisari
Lihat Juga  √ Pengertian Planet, Jenis, Nama Beserta Urutannya
Lihat Juga  √ Pengertian Budi Pekerti, Macam, Tujuan Beserta Manfaatnya