√ 15 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai perubahan sosial, adapun penjelasan dari perubahan sosial ini diantaranya :

15 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial ini merupakan suatu perubahan yang terjadi di masyarakat yang berhubungan dengan norma, nilai-nilai sosial, serta juga berbagai aspek pada kehidupan manusia.

Apabila ditelusuri juga dibandingkan suatu masyarakat dimasa tertentu, masa lampau dan juga masa kini, maka dapat diambil sebuah kesimpulan ialah pada hakikatnya semua masyarakat yang ada di seluruh dunia ini pasti mengalami perubahan dan juga akan terus mengalami perubahan di masa mendatang. Meskipun perubahan sosial yang terjadi di tiap-tiap masyarakat itu tidak semua sama.

untuk lebih jelas lagi dibawah ini merupakan pengertian perubahan sosial yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut :

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

untuk lebih jelas lagi dibawah ini merupakan pengertian perubahan sosial yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin

    Merupakan suatu perubahan yang terjadi ialah sebagai suatu variasi dari cara hidup yang sudah diterima disebabkan karena adanya perubahan dari kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, ataupun adanya difusi atau juga penemuan-penemuan baru yang ada di masyarakat.

  2. Menurut Prof. Selo Soemardjan

    Merupakan suatu perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam masyarakat yang mempengaruhi dari sistem sosialnya.

  3. Kingsley Davis

    Merupakan suatu perubahan sosial itu ialah sebagai wujud perubahan yang terjadi dalam struktur dan juga fungsi dari suatu masyarakat.

  4. Menurut Emile Durkheim

    Merupakan suatu perubahan yang terjadi ialah sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan juga demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

  5. Menurut Robert M.I Lawang

    Merupakan suatu proses pada saat dalam suatu sistem sosial itu terdapat perbedaan-perbedaan yang bisa diukur, dan yang terjadi dalam kurun waktu tertentu.

  6. Menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

    Merupakan suatu proses perubahan, modifikasi, atau juga penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, dan juga kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik itu dalam aspek kehidupan material ataupun juga nonmateri.

  7. Menurut Robert H. Lauer

    Merupakan suatu perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga sampai tingkat dunia.

  8. Menurut Max Weber

    Merupakan suatu perubahan situasi dalam masyarakat iaalah sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.

  9. Perubahan sosial menurut Karl Marx

    Merupakan perubahan-perubahan yang berlangsung oleh karena suatu kekuatan produktif atau juga perkembangan teknologi dan juga tentu adanya perubahan pada kelas-kelas sosial.

  10. Menurut Samuel Koening

    Merupakan modifikasi-modifikasi yang terjadi didalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi ini terjadi disebabkan karena intern atau juga ekstern.

  11. Menurut William F. Ogburn

    Merupakan suatu perubahan-perubahan yang melingkupi unsur-unsur kebudayaan baik yang material atau juga yang immaterial, yang ditekankan pada pengaruh besar unsur-unsur dari kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

  12. Mac Iver

    Merupakan suatu perubahan-perubahan yang dialami pada kehidupan sosial atau juga perubahan pada keseimbangan hubungan sosial (ekuilibrium).

  13. Menurut Bruce J. Cohen

    Merupakan suaatu perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan tersebut adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial serta juga budaya masyarakat.

  14. Menurut Pasurdi Suparlan

    Merupakan suatu perubahan dalam struktur sosial dan juga pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik serta juga kekuasaan, maupun penduduk.

  15. Menurut Atkinson dan Brooten

    Merupakan suatu proses yang membuat sesuatu atau juga seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan juga merupakan proses yang menyebabkan perubahan dari pola perilaku individu atau juga institusi. Terdappat empat (4) tingkat perubahan yang perlu untuk diketahui ialah pengetahuan, sikap, perilaku, individual, serta jugaperilaku kelompok.

Nah itulah penjelasan mengenai 15 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaaat untuk anda. Terima Kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Jangka Sorong, Jenis, Bagian, dan Cara Membacanya
Lihat Juga  √ Litosfer : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis Lapisan, dan Batuannya
Lihat Juga  √ Pengertian Kasasi, Fungsi, Proses, Alasan dan Tata Caranya