√ Pengertian Rotasi Bumi, Waktu, Dampak, Beserta Kecepatannya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Rotasi Bumi, adapun penjelasan mengenai rotasi bumi ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Rotasi Bumi, Waktu, Dampak, Beserta Kecepatannya

Pengertian Rotasi Bumi

Rotasi Bumi merupakan berputarnya bumi pada porosnya. Berarti tiap derajat bujur itu ditempuh dalam waktu 24 x 60 menit: 360 = 4 menit. Dengan demikian perbedaan waktu antara dua (2) tempat yang berbeda bujurnya 15° ialah 15 x 4 menit = 60 menit = 1 jam.

Oleh sebab itu, perbedaan waktu antara dua daerah waktu yang berdampingan itu ialah 1 jam. Bumi itu dibagi dalam wilayah meridian yakni garis lingkar yang melewati kutub utara serta selatan.

Tempat-tempat yang terletak pada garis meridian yang sama itu memiliki waktu yang sama. Sebagai waktu pangkal itu ditetapkan waktu yang berlaku untuk meridian yang melewati Greenwich (Inggris) serta ditetapkan sebagai bujur 0°.

Waktu pangkal tersebut dinamakan dengan waktu Greenwich atau juga Greenwich Mean Time (GMT). Tiap garis bujur 15° atau juga kelipatan 15° di sebelah timur atau juga sebelah barat bujur 0° itu ditetapkan ialah sebagai bujur standar.

Waktu Standar

Waktu pada bujur standar itu disebut waktu standar atau juga waktu lokal. Indonesia sendiri mempunyai tiga (3) bujur standar yaitu 105°, 120°, serta 135° BT.

Apabila letak bujur standar tersebut di sebelah barat bujur 0°, waktunya dikurangi. Apabila letaknya di sebelah timur 0° waktunya itu ditambah.

Berarti, waktu lokal 105° BT ialah GMT + 105/15 x 1 jam = GMT + 7 jam.

Waktu lokal 120° BT ialah GMT + 120/15 x 1 jam = GMT + 8 jam.

Waktu lokal 135° BT adalah GMT + 135/15 x 1 jam = GMT + 9 jam.

Tiap-tiap daerah waktu kira-kira itu meliputi wilayah 7,5° di sebelah barat serta jugs  di sebelah timur bujur standar.

Kaitan Rotasi Bumi dengan Revolusi Bumi

Gerakan yang melingkar mengelilingi matahari itu terjadi selama satu (1) tahun, ialah selama 365, 2425 hari. sehingga hal tersebut menyebabkan revolusi bumi tidak pas dengan pergerakan bumi pada poros atau juga sumbunya (rotasi bumi). Dari peristiwa/kejadian inilah lahir yang namanya tahun kabisat yang datangnya itu tiap empat tahun sekali (terkecuali pada hitungan seratus yang tidak dapat dibagi 400).

Kecepatan Rotasi Bumi

Bumi berotasi pada sumbunya,akibat suatu pergerakan pada sumbunya, tiap-tiap wilayah pada bumi itu mengalami siang serta juga malam, walaupun dengan panjang siang serta juga malam yang dapat berbeda-beda.

meskipun tidak kita sadari,Bumi tersebut berputar pada porosnya itu dengan kecepatan 1.770 km per jam serta menyelesaikan 1 putaran itu  sekitar 23 jam, 56 menit serta 4.091 detik.

Dampak terjadinya Rotasi Bumi

Rotasi bumi ini mengakibatkan wilayah Indonesia ini terbagi menjadi 3 daerah waktu, diantaranya :

1) Waktu Indonesia Bagian Barat dengan bujur standar 105° BT yang melingkupi Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, serta Kalimantan Tengah.

2) Waktu Indonesia Bagian Tengah dengan bujur standar 120° BT yang melingkupi Sulawesi, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, serta juga Nusa Tenggara Timur.

3) Waktu Indonesia Bagian Timur dengan bujur standar 135° BT yang melingkupi kepulauan Maluku dan Papua.

Bujur 180° itu telah ditetapkan ialah sebagai batas Penanggalan Internasional (International Date Line). Artinya, tanggal pada mbelahan bumi timur (dari 0° s/d 180° BT) itu lebih dahulu 1 hari daripada tanggal di belahan bumi Barat (dari 0° s/d 180° BB).

Letak batas Penanggalan Internasional tersebut berada di Samudra Pasifik. Rotasi bumi ini juga mengakibatkan peristiwa lain seperti misalnya penggembungan bumi pada khatulistiwa serta juga pemepatan bumi pada kutub-kutubnya dan juga mengakibatkan angin pasat serta angin barat.

Secara Umum akibat terjadinya rotasi bumi ini diantaranya ;

  • Terjadinya perubahan waktu
  • Terjadinya perubahan arah angin
  • Terjadinya gerak semu harian matahari dan benda – benda langit lainnya
  • Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer
  • Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi
  • Terjadinya pergantian siang dan malam
  • Bentuk bumi menjadi bulat spheroid
  • Terjadinya pembelokan arah angin
  • Terjadinya gaya coriolis
  • Dapat berfungsinya satelit
  • Terjadi perubahan arah bandul ( efek faucault )
  • Adanya Jetlag apabila kita naik pesawat

Sekian dan Terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Rotasi Bumi, Waktu, Dampak, Beserta Kecepatannya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Pasar Uang, Fungsi, Tujuan, Ciri, dan Instrumennya
Lihat Juga  √ Rangkuman Dan Ringkasan : Pengertian, Ciri, Manfaat, Teknik
Lihat Juga  √Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Ciri dan Ruang Lingkupnya