√Latar Belakang, Kronologi dan Dampak Akibat Perang Dunia 1

Diposting pada

Pendidikan.co.id – Pada tahun 1914 perang dunia pecah antara 2 aliansi yang sudah lama bermusuhan antara Prancis, Inggris dan Rusia pihak sekutu, sedangkan pihak sentral diisi oleh Italia, Austria Hungaria dan Jerman. Dalam sejarah perang dunia 1, banyak sekali militer yang terlibat dalam perang tersebut dan perang terbesar sepanjang sejarah perang dunia sampai melibatkan 70 juta pasukan militer.

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 1

Sebelum terjadi perang dunia 1 pecah, negara Eropa membentuk kekuatan besar yang dinamai sebuah aliansi. Aliansi tersebut kemudian terjadi konflik yang mengakibatkan terbunuhnya keturunan kekaisaran Austria Hungaria Franz Ferdinand. Peristiwa pembunuhan tersebut, dilakukan oleh pihak nasionalis pejuang Yugoslavia pada tanggal 22 Juni. Akibat terbunuhnya keturunan kekaisaran Austria Hungaria, muncul ultimatum pada kerajaan Serbia. Ultimatum tersebut bermusyawarah ke pihak aliansi untuk mengumpulkan kekuatan besar untuk memulai peperangan besar yang dikenal sebutan “Perang Dunia 1”.

Ada 2 faktor yang menyebabkan meletusnya perang dunia 1 antara lain sebagai berikut:

  • Perbanyak Persekutuan Militer antar Kekuatan Besar

Negara-negara yang terancam pada pihak negara yang berkuatan besar, berlomba-lomba mencari kawan untuk mengadapi ancaran atau serang dari negara lain. Maka negara terbut menimbulkan persekutuan antara negara untuk membangun kekuatan militer yang sangat besar.

Pada tahun 1878, Austria bersekutu dengan pihak Jerman untuk menghadapi kekuatan besar dari Rusia. Kemudian masuk persekutuan lainnya antara Italia masuk ke pihak Autria dan Jerman untuk menghadapi kekuatan Prancis. Ketiga (3) negara tersebut menggunakan nama persekutuan disebut dengan Negara Sentral.

Lihat Juga  √ Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Ciri, Jenis, Bentuk dan Cara Mencegahnya

Pihak Inggris dan Prancis siaga 1 menghadapi negara sentral tersebut dengan menyiapkan pasukan untuk melawan meraka. Kabar baik datang dari pihak Inggris maupun Prancis, Rusia masuk untuk bersekutu dengan 2 negara tersebut pada tahun 1907 yang disebut dengan Negara Sekutu.

  • Berlomba-Lomba Perkembangan Militer

Persaingan antara pihak negara sentral maupun negara sekutu, berlomba-lomba memperkuat diri dengan militer. Dari perkembangan militer ini, muncul ide berlomba ingin mengembangkan senjata canggih untuk memperkuat persenjataan bagi militer mereka. Sikap mencurigai bagi pihak negara sentral maupun negara sekutu menyebabkan ketegangan semakin meningkat.


  • Kronologi Terjadinya Perang Dunia 1

Perang antara dua kubu aliansi ini saling serang selama 4 tahun lamanya yang saling serang melalui darat, udara maupun laut. Pada wilayah peperangan antara 2 kubu aliansi tersebut menjadi 3 front pertempuran yaitu Front Barat, Front Timur dan Front Balkan. Pada wilayah front barat, Jerman menghadapi perlawanan sangat hebat dengan pasukan aliansi sekutu yang dipelopori oleh Inggris tersebut dan negara mengikut perang dengan Inggris ialah Belgia, Belanda dan Prancis.

Pada wilayah front timur, kembali lagi Jerman memulai peperangan dengan menghadapi negara besar yaitu imperius Rusia. Sedangkan wilayah front balkan, Jerman kembali lagi berhadapan pasukan tangguh seperti, Inggris, Rumania, Serbia, dan Rusia. Setelah beberapa bulan perang berkecamuk, Italia bergabung dengan aliansi sekutu. Italia ikut bergabung karena masih bermusuhan dengan imperium Austria Hungaria. Permusuhan antara 2 negara tersebut terjadi karena wilayah Italia dikuasai oleh imperium Austri Hungaria.

Wiayah laut, Jerman sangat berkuasa dalam perang dunia 1 tersebut dengan membabi buta musuh-musuh mereka. Jerman menang di daerah laut, karena memiliki teknologi canggih kapal selam yang sangat pesat dan maju. Jerman menggunakan kapal selam tersebut menghancurkan musuhnya dengan menghancurkan kapal dagang maupun kapal militer aliansi sekutu. Banyaknya ribuan militer di kapal pihak Inggris menjadi korban akibat serangan kapal selam Jerman, dengan itu Amerika serikat pada tanggal 10 April 1917 menyatakan perang terhadap Jerman maupun pihak aliansi sentral.

Lihat Juga  √ Pengertian Brosur, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Setelah Amerika Serikat ikut andil pada perang dunia 1, Jerman dan pihak sentral mengalami kekalahan telak dan menyerah kepada pihak aliansi negara sekutu pada tahun 1918. Pihak negara sekutu mengadakan perjanjian dengan negara sental untuk menjalin perdamaian. Perjanjian ini dinamakan dengan “Perjanjian Versalles” pada tanggal 28 Juni 1919. Isi Perjanjian versalles antara lain sebagai berikut:

  1. Pihak sekutu ingin Jerman menyerahkan daerah jajaghan mereka Lotaringen dan Elsas ke pihak Prancis, sementara wilayah Malmedy dan Eupen ke pihak Belgia.
  2. Pihak sekutu juga ingin pihak Jerman membatasi pasukan militer meraka kurang lebih sekitar 100 ribu.
  3. Pihak sekutu juga mengultimatum agar Jerman menganti rugi akibat perang yang mereka mulai tersebut ke negara sekutu.
  4. Wilayah Jerman terbagi 2, yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat. Jerman Barat dikuasi oleh pihak negara sekutu.

Dampak Akibat Perang Dunia 1

Perang dunia 1 sudah berakhir pada tahun 1918, akan tetapi perang tersebut mengalami dampak yang sangat buruk terhadap kelangsungan kehidupan manusia. Berikut dampak sangat besar tersebut yang menyengsarakan kehidpan manusia antara lain sebagai berikut:

1. Bidang Politik

Pada bidang politik, banyak sekali imperium negara sentral seperti Jerman, Ottoman (Turki) dan Austria Hungaria mengalami kekalahan dan akibatnya mereka runtuh yang berdiri berabad-abad lamanya. Akan terapi, pihak sekutu diwakili imperium Rusia yang dikuasai oleh Raja Tsar Nicholas II mengalami nasib yang sama oleh imperium di negara sentral dan imperium Rusia bangkit kembali dengan kekuasaan baru yang dipegang oleh Lenin dengan membawa paham komunis di negara tersebut.

2. Bidang Ekonomi

Berikut hasil dampak di bidang ekonomi sebagai berikut:

  • Rusaknya sarana dan prasaran baik fisik maupun nonfisik.
  • Rusaknya pusat industri di Eropa.
  • Hancurnya pertanian yang mengakibatkan kelaparan dimana-mana, seperti di Rusia maupun di negara yang lainnya.
  • Dampak kerugikan di negara Eropa, Amerika Serikat pun mengalami hal yang sama dengan krisisnya ekonomi di berbagai sektor perekonomian.
  • Meningkatnya angka pengangguran diberbagai pihak.
Lihat Juga  √ Imperialisme : Pengertian, Tujuan, Macam, Penyebab, Akibat Menurut Para Ahli

3. Bidang Sosial

Dampak perang dunia 1 mengimbas ke bidang sosial, antara lain sebagai berikut:

  • Menurunnya populasi manusia akibat angka kematian yang dialami negara Eropa.
  • Meningkatnya peran perempuan untuk meningkatkan kelangsungan hidup mereka.
  • Negara Eropa mengupayahkan untuk peningkatkan produktivitas industri.

Rekomendasi Artikel Lainnya, Baca Juga:

 

Demikian Uraian Penjelasan Materi Tentang Latar Belakang, Kronologi dan Dampak Akibat Perang Dunia 1
Semoga Bermanfaat Penjelasan Materi ini, Terima Kasih.