√Pengertian, Klasifikasi & Ciri Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Makhluk hidup ialah suatu organisme yang dapat/bisa mempertahankan dirinya dari segala macam perubahan lingkungan dan dapat juga untuk berkembang biak demi melestarikan jenisnya. Didalam ilmu biologi itu sendiri yang termasuk ke dalam golongan makhluk hidup ialah mikroorganisme yakni manusia, tumbuhan, hewan dan juga bakteri. Sedangkan untuk virus tidak termasuk kedalam golongan makhluk hidup disebabkan karena virus tidak bisa untuk berkembang biak dengan sendiri (tetapi harus memerlukan inang atau organisme lain sebagai tempat). Selain itu virus juga tidak mampu untuk bertahan hidup kalau di luar inangnya.

Pengertian, Klasifikasi & Ciri Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

5 Tingkatan Penyusun Tubuh Makhluk Hidup

Secara umum terdapat 5 tingkatan penyusun tubuh makhluk hidup, antara lain sebagai berikut:

  1. Unit struktural terkecil yang disebut sel.
  2. Sel-sel dengan fungsi yang sama berkumpul untuk membentuk jaringan.
  3. Kumpulan dari jaringan tersebut akan membentuk organ.
  4. Kemudian kumpulan dari organ itu akan membentuk sistem organ.
  5. Setelah itu sistem organ yang ada akan membentuk satu organisme.

Klasifikasi Mahluk Hidup

Klasifikasi mahluk hidup merupakan suatu cara dalam mengelompokkan mahluk hidup dengan berdasarkan kesamaan cirri yang dimiliki. Tujuan dari mengklasifikasikan mahluk hidup ialah untuk mempermudah dalam mengenali, membandingkan, serta mempelajari mahluk hidup.

Selain itu Tujuan khusus lainnya dari klasifikasi mahluk hidup ialah :

  1. Menggolongkan/Mengelompokan mahluk hidup dengan berlandaskan persamaan dan juga perbedaan ciri-ciri yang dipunyai.
  2. Mendeskripsikan ciri-ciri dari jenis mahluk hidup untuk membedakannya dengan mahluk hidup dari jenis yang lain.
  3. Mengetahui hubungan kekerabatan diantar mahluk hidup.
  4. Dalam mempermudah memberi nama bagi mahluk hidup yang belum diketahui identitasnya.
Lihat Juga  √ Pengertian Gas Alam, Komposisi, Jenis, Manfaat dan Sifatnya

Dibawah ini adalah dasar-dasar klasifikasi mahluk hidup.

  • Klasifikasi mahluk hidup dengan berdasarkan persamaan dan perbedaan yang dipunyai.
  • Klasifikasi mahluk hidup dengan berdasarkan ciri dari bentuk tubuh ( morfologi ) & alat dalam tubuh ( anatomi )
  • Klasifikasi mahluk hidup dengan berdasarkan manfaat, ukuran, tempat hidup, dan cara hidupnya.

Pengertian Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

Menurut Kimball (1983) Pengertian Makhluk Hidup, Terdapat 5 Ciri dari makhluk Hidup Menurut Kimball , antara lain sebagai berikut :

  1. Bersifat rumit
  2. Responsif
  3. Berevolusi
  4. Mengadakan metabolisme
  5. Berreproduksi

Menurut Helena Curtis (1975) Pengertian Makhluk Hidup, Makhluk hidup ialah sesuatu yang :

  1. Memanfaatkan energi dari lingkungannya serta merubahnya dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain
  2. Beradaptasi dengan lingkungannya
  3. Bersifat homeostatis
  4. Kompleks & terorganisir dengan baik
  5. Merespon jika terdapat rangsangan
  6. Bereproduksi
  7. Tumbuh serta berkembang

Menurut Dwijoseputro (1998) Pengertian Makhluk Hidup menurutnya adalah sesuatu yang :

  1. Mengadakan metabolisme
  2. Mengadakan Gerak
  3. Mengadakan pertumbuhan
  4. Bereproduksi
  5. Responsif

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Dibawah ini merupakan ciri-ciri dari makhluk hidup, antara lain sebagai berikut:

1. Bernapas

Respirasi (bernapas) adalah proses masuknya udara dari luar yang didalamnya terkandung oksigen dan pengeluaran udara dari dalam paru-paru.

Udara yang keluar dari paru-paru tersebut mengadung karbondioksida & uap air. Makhluk hidup menghirup oksigen kedalam tubuh yang akan digunakan untuk dapat mengoksidasi zat-zat pada makanan dalam tubuh guna menghasilkan energi yang nantinya akan digunakan dalam beraktivitas. Tiap-tiap mahkluk hidup juga memiliki cara & alat pernapasan yang juga berbeda-beda. Misalnya seperti manusia, mamalia dan unggas bernapas dengan menggunakan paru-paru. Sedangkan tumbuhan dengan menggunakan lentisel dan stomata yang terdapat pada batang dan daun.

2. Bergerak

Pergerakan ialah suatu perpindahan dari semua ataupun sebagian posisi tubuh dari mahkluk hidup yang terjadi oleh adanya sebuah rangsangan. Perpindahan semua bagian tubuh terjadi pada manusia dan hewan. Misalnya, manusia yang berjalan, ikan yang berenang dan burung sedang terbang, jika pada tumbuhan gerak hanya terjadi dibagian tertentu saja, seperti gerak pada batang tumbuh-tumbuhan yang menuju arah datangnya cahaya.

Lihat Juga  √ Ovum: Pengertian, Struktur, Fungsi dan Proses Pembentukan Sel Telur

3. Peka Terhadap Rangsang

Tiap-tiap mahkluk hidup mempunyai kemampuan menanggapi rangsang yang berbeda. Contohnya, tanaman dalam pot yang disimpan di dalam sebuah ruangan akan tumbuh ke arah datangnya cahaya. Kepekaan terhadap rangsang itu membuktikan dan menunjukan bahwa di dalam tubuh mahkluk hidup terjadi sebuah proses pengaturan.

4. Membutuhkan Makanan (Nutrisi)

Semua mahkluk hidup membutuhkan asupan (nutrisi) untuk bertahan hidup dan juga sebagai sumber energi dalam melaksanakan aktivitasnya. Dalam memperoleh makanan setiap makhluk hidup berbeda-beda tapi umumnya tumbuhan mampu untuk membuat makanan sendiri dengan melalui proses yang dinamakan dengan fotosintesis, tetapi jika manusia dan hewan mendapatkan makanan dari mahkluk hidup lainnya.

5. Tumbuh dan Berkembang

Manusia, hewan, serta tumbuhan selama hidupnya mengalami masa pertumbuhan. Pertumbuhan merupakan perubahan dari kecil menjadi besar yang disebakan karena bertambahnya jumlah sel & volume sel. Pertumbuhan itu bersifat mutlak, artinya tidak dapat kembali keseperti semula.

6. Mengeluarkan Zat Sisa

Tiap-tiap makhluk hidup melakukan proses metabolisme didalam tubuh. Selain untuk menghasilkan energi, proses metabolisme tersebut juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika zat sisa dalam tubuh tidak segera dikeluarkan maka kadar zat sisa yang tinggi dalam tubuh akan memiliki efek yang berbahaya dan akan menjadi racun.

7. Berkembang biak

Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan jenisnya, makhluk hidup itu berkembang biak (reproduksi). Dalam proses reproduksi yang dihasilkan akan mewarisi sifat dari induknya. Terdapat dua cara dalam berkembang biak yakni secara vegetatif atau tak kawin dan berkembang biak secara generatif atau kawin.

8. Beradaptasi

Adaptasi merupakan kemampuan mahkluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Semua Mahkluk hidup yang mampu untuk beradaptasi maka dia akan dapat bertahan lebih lama dan populasinya akan dapat bertambah banyak begitu sebaliknya jika tidak mampu untuk beradapatasi maka tidak akan dapat bertahan hidup lebih lama.

Lihat Juga  √ Pengertian Energi Nuklir, Jenis, Sejarah, Keuntungan dan Kerugian

9. Melakukan Metabolisme

Dalam tubuh manusia terjadi reaksi kimia yang disebut metabolisme, reaksi tersebut dapat berupa penyusunan maupum penguaraian zat tertentu supaya dapat diserap oleh tubuh.Pada proses penguaraian zat menjadi partikel yang lebih kecil disebut dengan proses katabolisme sedangkan pada proses penyusunan senyawa tertentu disebut dengan proses anabolisme.

10. Regulasi

Regulasi adalah sebuah proses pengaturan keserasian dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan juga hormon.


Sekian dan Terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian, Klasifikasi & Ciri-ciri Makhluk Hidup Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat untuk anda.

 

Baca Juga Artikel Penting Lainnya :