√ Statistik : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id –  Statistik ini berasal dari bahasa Latin yang disebut dengan status yang memiliki artik negara atau hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. dibawah ini merupakan pengertian statistik secara lengkapnya.

Statistik : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Menurut Para Ahli

Pengertian Statistik

Statistik merupakan sekumpulan angka yang digunakan atau dimanfaatkan dalam menerangkan sesuatu baik itu angka acak ataupun angka tersusun dalam suatu daftar grafik. atau Pengertian statistik lainnya  adalah, statistik merupakan sebuah sekumpulan cara serta aturan mengenai pengumpulan, penganalisaan, pengolahan dan juga penafsiran data dari angka-angka. Statistik ialah sekumpulan angka yang menerangkan dan menjelasaknan sifat data juga hasil pengamatan. Dibawah ini merupakan pengertian statistik menurut para ahli

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

  1. Croxton dan Cowden
    Statistik ialah sebuah metode untuk/dalam mengumpulkan, mengelola, menyajikan serta juga menginterpretasikan data yang berwujud angka.
  2. Anderson Dan Bancroft
    Statistik merupakan pham ilmu dan seni perkembangan serta juga metode yang paling efektif dalam pengumpulan,pentabulasian serta dan juga penginterpretasikan data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga akan dapat memungkinkan kesalahan dalam kesimpulan serta juga estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang dengan didasarkan pada matematik probailitas(peluang).
  3. Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.
    Statistik merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan suatu data, pengolahan data penganalisisan data, serta juga penarikan kesimpulan dengan berdasarkan kumpulan data tentu juga penganalisasan yang dilakukan.
  4. Steel dan Torrie
    Statistik merupakan suatu metode yang memberikan cara -cara atau langkah-langkah untuk menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.
  5. Drs. Djawanto
    Menurut Drs. Djawanto,Statistik merupakan suatu kumpulan angka-angkayang berhubungan dengan melukiskan sebuah persoalan.
  6. J.Supranto
    Mengemukan pengertian statistika kedalam 2 kelompok yakni :

    1. Dalam arti sempit,
      Statistik merupakan suatu data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).
    2. Dalam arti luas,
      Statistik merupakan paham ilmu yang mempejari bagaimana cara pengumpulan , penyajian , dan juga analisa data , juga pengambilan kesimpulan dengan secara umum dengan berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh.

Manfaat Statistik

Dibawah ini merupakan manfaat dan peran dari statistika, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Dalam kehidupan sehari-hari, statistik tersebut berperan ialah sebagai penyedia bahan atau juga keteranagn dari berbagai hal untuk diolah serta juga ditafsirkan.
  2. Dalam penelitian ilmiah, Statistik tersebut dapat berperan ialah sebagai penyedia alat untuk dapata mengemukakan atau pun menemukan kembali keterangan yang seolah tersembunyi dalam angka.
  3. Dalam ilmu pengetahuan, statistik tersebut berperan ialah sebagai peralatan analisis juga interprasi diri data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga akan dapat disimpulkan data itu.

Fungsi Statistik

Terdapat 2 fungsi Statistika secara umum antara lain:

  • Fungsi deskriptif
    Fungsi deskriptif statistik ialah fungsi statistik untuk daoat memahami data, mendiskripsikan data, menerangkan data, peristiwa , yang dikumpulkan didalam suatu penelitian, penyelidikan, serta tidak sampai pada generalisasi atau pengambilan kesimpulan tentang populasi yang diselidiki.
  • Fungsi inferensial
    Fungsi inferensial statistik ialah suatu fungsi statistik untuk dapat meramalkan serta juga mengontrol mengenai keseluruhan atau populasi dengan berdasarkan data atau gejala serta juga peristiwa yang terdapat dalam suatu penelitian, karena itu bagian ini dimulai dengan adanya suuatu ekstimasi, hipotesis.

Tujuan Statistik

Berikut ini merupakan tujuan statistik, yakni ialah sebagai berikut:

  • Untuk mendeskriptif serta juga menerangkan data mengenai populasi yang diteliti/selidiki
  • Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih mudah untuk dipahami
  • Untuk dapat menetapkan pada kondisi bagaimana suatu hipotesis tersebut dapat digunakan atau membantu dalam melakukan sesuatu.
  • Untuk dapat menyediakan suatu ekstimasi atau model mengenai nilai yang tidak diketahui dengan berdasarkan data yang diselidiki.
  • Untuk menyediakan sebuah ekstimasi mengenai akibat dari suatu hipotesis yang diterima yang akan digunakan ialah sebagai dasar dalam membuata atau mengambil keputusan yang akan dijalankan.

Jenis-Jenis Statistika

 

Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Berdasarkan orientasi pembahasannya, statistika ini dibagi menjadi 2 yakni stataistika matematika dan statistika terapan.

  1. Statistika matematika ini sama halnya dengan statistika teori yaitu lebih mengutamakan pada pemahaman akan suatu model, penurunan konsep serta juga rumus-rumus statistika dengan secara matematis-teoritis, seperti pemahaman juga penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas, galat, dan lain sebagainya . Sedangkan,
  2. Statistika terapan lebih mengutamakan pada pemahaman suatu konsep serta juga teknik statistika dan pengunaannya atau penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

 

Berdasarkan Fase atau Tujuan Analisisnya

Berdasarkan tujuan analisis, statistika ini dibedakan lagi menjadi 2 yaitu Statistika deskriptif dan statistika inferensial.

  1. Statistika deskriptif  iniberkaitan atau berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian data tanpa pengambilan kesimpulan yang memiliki sifat umum atau generalisasi. Data pada statistika deskriptif  ini disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik, lingkaran, polygon, perhitungan mean, median, modus,persentil, desil, perhitungan penyebaran data dengan melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan prosentase. Serta juga melakukan analisis korelasi, analisis regresi atau membandingkan rata-rata namun tidak dilakukan uji signifikansi. Sedangkan,
  2. Statistika inferensial inin memungkinkan dilakukannya pengambilan kesimpulan dengan secara general.

 

Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data Yang Dianalisis

Berdasarkan asumsi tentang distribusi populasi data yang dianalisis, Statistika tersebut dibedakan menjadi dua yaitu Statistika parametrik dan Statistika non-parametrik.

  1. Statistika parametrik merupakan statistika yang didasarkan model distribusi normal, sedangkan
  2. Statistika non-parametrik merupakan  statistika dengan teknik yang tidak didasarkan pada model distribusi normal atau disebut distribusi bebas.

 

Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

Dengan berdasarkan jumlah variabel terikatnya, Statistika tersebut dibedakan menjadi Statistika Univariat dan Statistika Multivariat.

  1. Statistika Univariat hanya mempunayai satu variabel terikat, sedangkan
  2. Statistika Multivariat mempunayai lebih dari satu variabel terikat.

Sekian uraian mengenai Statistik : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenis Menurut Para Ahli, Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Konstitusi, Tujuan, Fungis, Sifat dan Jenisnya
Lihat Juga  √ Pengertian Laporan Perubahan Modal, Unsur, Penyebab, Akibat, Tujuan, dan Contoh
Lihat Juga  √Pengertian, Ciri, Jenis, Syarat dan Kerangka Pada Cerpen