√ Pengertian Telnet, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Comand

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Telnet, penjelasan selengkapnya mengenai Telnet ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Telnet, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Comand

Pengertian Telnet

Telnet merupakan singkatan dari  (Telecommunications Network Protocol), Telnet ini ialah suatu remote login yang terjadi pada sebuah jaringan internet yang dikarnakan oleh adanya suatu service itu dari protocol telnet. Dengan adanya sebuah telnet ini dapat/bisa memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses komputer lain dengan menggunakan remote dengan menggunakan sebuah jaringan internet.

Dan untuk pendapat yang lain mengenai telnet ialah sebuah protocol yang memungkinkan pengguna itu untuk dapat login serta bekerja pada sistem jarak jauh, seperti pada saat terdapat program ataupun file yang tersimpan di komputer jarak jauh yang berada pada komputer penggunanya itu sendiri. Dan pada singkatnya telnet ini merupakan perangkat lunak (software) yang juga digunakan untuk dapat melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.

Telnet ini dimanfaatkan untuk dapat/bisa melakukan login pada sebuah komputer yang lainnya yang ada di dalam suatu jaringan internet serta bisa/dapat juga melakukan aktivitas/akses pada pelayanan umum, serta juga termasuk pada segala bentuk database. Artinya dengan kata lain dapat untuk terkoneksi ke komputer yang lain didalam satu gedung, atau satu ruangan serta juga pada komputer yang terdapat di seluruh penjuru dunia.

Dan apabila terhubung atau juga terkoneksi, input yang diberikan kepada keyboard tersebut bisa secara langsung untuk mengeontrol ke remote komputer tadi. Bisa untuk dapat mengakses pelayanan apapun yang sudah disediakan oleh remote machine serta hasilnya kemudian itu akan ditampilkan pada terminal lokal.

Fungsi Telnet

Fungsi dari telnet sendiri ialah untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Karena telnet ini bisa memungkinkan komputer pengguna itu untuk menjadi terminal dari komputer yang lainnya yang terdapat dijaringan internet. Dan telnet ini juga memungkinkan bagi seluruh penggunanya untuk dapat melakukan login yang mana sebagai pemakai komputer jarak jauh serta juga menjalankan program komputer layanan yang juga terdapat di komputer tersebut.

Cara Kerja Telnet

Adapun cara kerja dari teknologi telnet ini yakni memberikan akses secara langsung untuk berbagai layanan yang terdapat di internet, termasuk penyediaan database. Telnet ini menggunakan dua jenis program, yakni client serta kiga server. Cara kerjanya ialah software client beroperasi pada komputer. Komputer yang dimaksud ini berposisi sebagai pihak yang meminta suatu layanan. Sementara, software server itu merupakan pihak yang menghasilkan layanan tersebut.

Secara singkat, tugas yang dilakukan client ialah menghubungkan Transfer Control Protocol atau TCP dengan server yang tersedia. Setelah itu, client itu akan mendapat input dari user, setelah itu client melakukan format ulang input dari user serta mengubahnya ke bentuk format yang standar. Barulah setelah itu, terjadi proses suatu pengiriman ke server. Selanjutnya, client itu mengubah format output itu untuk ditampilkan di layar.

Adapun tugas server di dalam rangkaian teknologi Telnet diawali dengan memberikan informasi ke software bahwa jaringan komputer pengguna ini sudah siap disambungkan. Server itu kemudian menunggu permintaan di dalam bentuk format standar. Setelah permintaan sampai, server tersebut akan mengerjakannya, lalu kembali mengirimkan hasilnya ke client itu dalam bentuk format standar. Kerja server ini diakhiri dengan menunggu permintaan lain selama proses remote.

Telnet Command

Telnet Command atau perintah yang terdapat di Telnet ini memiliki ragam jenisnya. dibawah ini beberapa perintah dalam telnet, sebagai berikut :

  • close ialah suatu perintah untuk menutup koneksi yang sedang dijalankan
  • logout ialah suatu perintah yang membuat remote user itu keluar secara paksa serta menutup koneksinya
  • display ialah suatu perintah untuk menampilkan operating parameters
  • mode ialah suatu perintah untuk mencoba masukkan line/character mode(‘mode ?’ dsb)
  • open ialah suatu perintah yang bertujuan mengkoneksikan ke situs/website
  • quit ialah suatu perintah untuk keluar dari telnet exit
  • send ialah suatu perintah memasukkan special characters (‘send ?’ dsb)
  • set ialah suatu perintah untuk menyiapkan atau setting operating parameters (‘set ?’ dsb)
  • unset ialah suatu perintah untuk melakukan unset operating parameters (‘unset ?’ dsb)
  • status ialah suatu perintah untuk melakukan cetak informasi status
  • toggle ialah suatu perintah untuk melakukan toggle operating parameters (‘toggle ?’ dsb)
  • slc ialah suatu perintah menyiapkan treatment bagi special characters
  • z ialah suatu perintah untuk melakukan suspend pada telnet

Kelebihan dan Kekurangan Telnet

Adapun kelebihan dan kekurangan dari TELNET ini ialah sebagai berikut :

Kelebihan Telnet

Kelebihan telnet ialah apabila menggunakan telnet server yakni user interface yang juga cukup ramah, maksudnya ialah pengguna itu dapat memebrikan sebuah perintah dari jarak jauh (remote) jadi seolah-olah pengguna itu mengeksekusi sebuah perintah kepada command line kepada komputer.

Kekurangan Telnet

Kekurangan telnet ialah pada pengguna NTLM authentication tanpa adanya sebuah enkripsi yang setelah itu bisa memudahkan pencuri password yang dilakukan sniffers, serta apabila untuk administrator sistem itu disarankan agar menggunakan SSH pada linux dari pada menggunakan telnet server untuk mengkonfigurasi sistem kita.

Demikianlah penjelasan mengenai , semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kaish

Lihat Juga  √ Pengertian Negosiasi, Tujuan Manfaat dan Contohnya
Lihat Juga  √ Kebijakan : Pengertian, Tingkatan, Macam, Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Gopher, Fungsi, Cara Kerja Beserta Kelebihannya