√ Pengertian Mailing List, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Mailing List (Milis), penjelasan mengenai Mailing List ini akan diuraikan selengkapnya sebagai berikut :

Pengertian Mailing List, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Pengertian Mailing List

Mailing list ini merupakan alamat e-mail yang bisa di gunakan atau di manfaatkan oleh pengguna (user) internet dalam melakukan suatu kegiatan atau aktivitas saling berbagi atau tukar menukar segala macam informasi. Adapun pesan yang di kirimkan itu menuju alamat sebuah milis dengan cara otomatis yang selanjutnya itu akan di teruskan ke alamat e-mail dari tiap-tiap anggotanya. Di indonesia Mailing list ini sering di sebut dengan sebutan milis.

Pengelompokkan alamat e-mail ini bisa didefinisikan yakni seperti pada saat suatu surat yang di kirimkan itu menuju alamat ini yang setelah itu dengan otomatis mengirimkan itu ke seluruh alamat yang sebelumnya itu sudah dilakukan pendaftaran masuk kedalam database yang terdapat di mesin tersebut.

Selain dari itu, Mailing list (Milis) ini dapat membuat surat yang di kirimkan kepada tiap-tiap orang dapat di lakukan dengan hanya mengirimkan ke mailing listnya saja. Metode dengan mengirimkan e-mail ini bisa di atur apakah hal ini bisa di terima oleh seluruh orang atau langsung dapat di terima.

Fungsi Mailing List

Mailing List ini mempunyai fungsi ialah sebagai berikut :

  • Dapat berkomunikasi menggunakan teknologi yang minimalis serta membuat seluruh anggota mailing list bisa menerima sebuah e-mail yang sudah di kirimkan oleh seorang anggotanya serta tidak perlu melakukan pengiriman yang di lakukan satu persatu kepada tiap-tiap anggotanya.
  • Di dalam melakukan interaksia atau komunikasi dengan suatu komunitas seperti dengan saudara di dalam satu keluarga besar atau dengan teman-teman yang terbesar di seluruh daerah yang sudah tersebar. Maka mailing list ini dapat di manfaatkan pula menjadi jalan untuk bisa memperlancar suatu komunikasi tersebut.

Manfaat Mailing List

Mailing List ini bisa/dapat manfaatkan ialah sebagai sumber untuk dapat memperoleh segala jenis informasi seperti misalnya  lowongan kerja, bisu-isu terkini, erita terbaru, teknologi serta masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan dari Mailing List

Adapun kelebihan dan kekurangan dari mailing List diantaranya sebagai berikut

Kelebihan Mailing List

  • Anggota milis ini dapat mendapatkan informasi terkini dari sesama anggota.
  • Mudah juga di dalam mendapatkan informasi terbaru, seperti misalnya informasi lowongan kerja dan lain-lain.
  • Menambah relasi

Kekurangan Mailing List

  • Tidak begitu praktis atau simpel disebabkan diperlukan tiap hari untuk membuka Email untuk menghindari penumpukan email yang masuk.
  • Pengiriman balasan juga memakan kuota space email yang besar disebabkan harus disertakan dengan kiriman terdahulunya.

Macam Jenis Milis

Dibawah ini merupakan macam jenis Milis, Mailing list ini mempunyai dua jenis, ialah sebagai berikut :

  • Announcement-type list, ialah sebuah proses komunikasi yang terdapat pada mailing list yang dilakukan hanya 1 arah, maksudnya ialah anggota pada mailing list itu tidak punya otorisasi untuk membalas hanya menerima pesan atau juga email dari mailing list saja.
  • Discussion-type list, yakni anggota itu bisa berkomunikasi dengan 2 arah, anggota mailing list juga dapat menerima serta mengirim pesan kepada sesama anggota milis.

Contoh Mailing List

  • Group Yahoo ialah dengan alamat groups.yahoo.com. Untuk dapat mengikuti mailing list ini dibutuhkan email Yahoo.
  • Group Google yakni dengan alamat groups.google.com. Untuk mengikuti mailing list pada group ini maka membutuhkan email google atau GMail.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Mailing List, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contohnya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan, Faktornya
Lihat Juga  √ Pengertian Resume, Perbedaannya, Cara Membuat Dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Ideologi Fasisme, Unsur, Sifat dan Tujuannya