√ Pengertian WWW Para Ahli, Fungsi, Manfaat, Contoh, dan Sejarahnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai WWW atau singkatan dari World Wide Web, Kata WWW sendiri lagi sudah tidak asing dipikiran kita bagi yang suka menjelajah di internet. karna www ini merupakan salah satu hal penting di internet jadi kita akan membahas selengkapnya mengenai www. penjelasan sebagai berikut :

Pengertian WWW Para Ahli, Fungsi, Manfaat, Contoh, dan Sejarahnya

Pengertian WWW (World Wide Web)

Pengertian WWW atau World Wide Web merupakan sebuah ruang informasi pada internet yang digunakan atau difungsikan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam (URI) untuk dapat mengenali sumber daya berguna. World Wide Web tersebut berisi kumpulan peladen web dari seluruh penjuru bagian dunia untuk menyediakan informasi serta data yang dapat digunakan bersama.

World Wide Web ialah sebagai bagian dari internet mengandung informasi-informasi seperti misalnya suara, video, gambar, dan video. Singkatnya, WWW merupakan sistem untuk mengirimkan serta juga menyebarkan data dengan melalui jaringan internet pada skala yang besar di seluruh penjuru dunia.

Menurut masyarakat awam, WWW merupakan keseluruhan dari internet itu sendiri untuk mencari apapun di mesin pencari Google, kenyatannya WWW ini hanya sebagian saja.

Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Supaya = lebih mengerti lagi mengenai apa arti WWW, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli tentang definisi dari WWW. Dibawah ini merupakan pengertian World Wide Web menurut para ahlim diantaranya :

1. MCLeod (Pearson)

Pengertian Www menurut MCLeod ialah suatu informasi yang dapat diakses dengan melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan serta juga kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.

2. V. Djong

Definisi WWW menurut V. Djong ialah fasilitas di internet untuk dapat layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain itu ditulis dengan secara lengkap, misalnya www.google.co.id.

3. Akbar Kaelola

Pengertian WWW menurut Akbar Kaelola ialah sebagai media bagi manusia dalam kegiatan atau aktivitas berbagi dokumen, gambar, film, musik serta informasi, dan juga menjual barang maupun jasa di internet.

4. Lisa Kuswayatno

Pengertian WWW / World Wide Web dikemukakan oleh Lisa Kuswayatno ialah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.

5. Yuhefizar

Definisi WWW menurut Yuhefizar merupakan suatu metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses dengan melalui sebuah paladen/ browser.

6. F. Budi Hardiman

Menurut F. Budi Hardiman, pengertian World Wide Web merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

Fungsi WWW dan Manfaat World Wide Web

Sesuai dari pengertian WWW diatas, maka WWW ini berfungsi ialah untuk menyediakan data serta informasi apapun dan dari manapun supaya dapat diakses orang lain dari seluruh bagian dunia. Dengan adanya WWW di internet bisa/dapat memberikan kemudahan serta juga kecanggihan pengguna internet itu secara lebih cepat dan mudah.

WWW memungkinkan para pengguna untuk berselancar dengan mudah hanya dengan melalui sebuah alamat URL atau link. Untuk mengakses WWW itu jgua perlu menggunakan koneksi internet.

Secara umum, terdapat empat layanan serta manfaat World Wide Web, diantaranya sebagai berikut :

1. Web Mail Service

Web mail service ini digunakan untuk mengirimkan surat elektronik kepada orang lain. Layanan ini juga bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar.

Layanan email gratis ini misalnya seperti Gmail.com, Yahoo.com, dan hotmail.com. Sedangkan untuk email berbayar ini biasanya untuk keperluan perusahaan itu dengan menggunakan domain sendiri.

2. Search Engine

Search engine atau mesin pencari ini merupakan layanan gratis untuk mencari informasi itu dengan berdasarkan kata kunci tertentu. Search engine yang cukup populer saat ini ialah Google, dan Bing.

3. Web Hosting

Ini merupakan tempat untuk menyimpan data base dari sebuah website. Sebuah website itu hanya bisa diakses apabila domain website tersebut terhubung dengan web hosting tempat ia menyimpan data base.

4. Portal

Portal ini merupakan sebuah layanan di internet yang mana terdapat beberapa layanan sekaligus, contohnya seperti email, news, chatting, tanya jawab. Salah satu portal yang cukup populer itu diantaranya Yahoo.com.

Contoh WWW / World Wide Web

Tentunya para pengguna internet ini sudah tidak asing lagi dengan istilah dari World Wide Web (WWW). Sebagian besar website yang terdapat di internet itu menggunakan WWW pada awal nama domainnya.

Dibawah ini merupakan beberapa contoh WWW:

www.google.com
www.yahoo.com
www.facebook.com
www.twitter.com
www.youtube.com Dan lain-lain

Sejarah WWW dan Perkembangannya

Istilah WWW pertamakali itu ditemukan oleh Tim Berners-Lee, ditahun 1991. Pada perkembangannya, World Wide Web (WWW) ini telah melewati sejarah yang cukup panjang hingga saat ini. Berikut penjelasannya:

  • Tahun 1989
    Tim Berners Lee pertamakali mengungkapkan idenya untuk membuat sebuah protokol di internet yang berfungsi ialah sebagai sistem distribusi informasi.
  • Tahun 1990
    Tim Berners Lee kemudian menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yakni HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), serta juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Tahun 1991
    Tim Berners Lee kemudian menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.
  • Tahun 1993
    Marc Andersen serta timnya dari NCSA menciptakan web browser yang diberinama Mosaic serta berbasis grafik untuk OS X-Windows.
  • Tahun 1994
    Andersen kemudian bekerjasama dengan Jim Clark untuk membuat Netscape yang setelah itu menggantikan ketenaran Mosaic ialah sebagai web browser.
  • Tahun 1995
    Terdapat sekitar 300.000 website di internet yang mana pada tahun sebelumnya itu hanya 50 website.
  • Tahun 2009
    Tim Berners-Lee kemudian mendirikan World Wide Web Foundation, yang mana tujuannya ialah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian WWW Para Ahli, Fungsi, Manfaat, Contoh, dan Sejarahnya, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Kornea Mata, Fungsi, Lapisan Beserta Gangguan
Lihat Juga  √ Pengertian ISP, Fungsi, Jenis Layanan Beserta Contohnya
Lihat Juga  √ Demokrasi : Pengertian, Prinsip, Sejarah, Ciri dan Macam