√ Pengertian Analisis, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai analisis, yang dilengkapi dengan point-point jenis, fungsi, tujuan dan contohnya, untuk penjelasan selengkapnya dibawah ini :

pengertian analisis menurut para ahli tahun 2015

Pengertian Analisis

Kata Analisis berasal dari kata analisa. Penggunaan kata ini mempunyai arti kata yang berbeda tergantung yang mana anda meletakkan kata ini. Dalam konteks bahasa analisa ini berarti memeriksa dengan secara menyeluruh mengenai struktur bahasa tersebut. Dalam laboratorium bisa juga diartikan dengan meneliti zat dalam penelitian.

Namun definisi umum dari analisis ini ialah aktivitas/kegiatan yang melingkupi beberapa aktivitas. Aktivitas-aktivitas tersebut berupa membedakan, mengurai, serta juga memilah-milih untuk bisa dimasukan ke dalam kelompok tertentu atau dikategorikan dengan tujuan-tujuan tertentu. Hingga akhirnya harus mencari kaitan antara hal-hal tersebut serta juga menterjemahkan arti tersebut.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Menurut beberapa ahli, terdapat beberapa pengertian mengenai analisis, diantaranya sebagai berikut :

Minto Rahayu

Pengertian Analisis merupakan sebuah proses dari sebuah kinerja yang memiliki urutan tahapan pekerjaan sebelum dilakukannya riset serta juga didokumentasikan dalam penulisan laporan.

Robert J. Schreiter

Analisis ini diumpakan sebagai “membaca” sebuah teks. Proses tersebut akan menyambungkan berbagai tanda dan juga menempatkan tanda tersebut didalam proses komunikasi yang dinamis. Tanda tersebut bisa dilihat dengan melalui pesan yang disampaikan dengan proses.

Husein Umar

Analisis merupakan sebuah proses pekerjaan yang urutan serta juga tahapan dari pekerjaan sebelum hasil dari sebuah riset didokumentasikan dalam sebuah laporan.

Macam Jenis Analisis

Terdapat beberapa jenis analisis yang dapat anda pilih. Metode yang diambil oleh tiap-tiap jenis analisis pun juga berbeda. Dibawah ini merupakan beberapa jenis analisis :

Analisis Logika

Adalah sebuah analisis yang mendasarkan pada suatu prinsip tertentu serta juga berdasarkan pada logika dan juga pembelahan yang jelas antara satu dengan yang lain.

Analisis realis

Sebuah analisis yang dalam melakukan proses analisis akan menggunakan urutan benda yakni sebagai dasar pemikiran. Urutan benda tersebut didasarkan pada kesatuan atau juga sifat dasar dari benda itu sendiri.

Fungsi dan Tujuan Analisis

Analisis ini mempunyai fungsi untuk dapat mengumpulkan data-data yang terdapat pada suatu lingkungan tertentu. Analisis bisa diterapkan diberbagai jenis lingkungan dan juga keadaan. Analisis akan lebih optimal dipergunakan dalam keadaan kritis serta juga untuk keadaan yang membutuhkan strategi. Disebabkan karena analisis bisa mengetahui secara mendetail mengenai keadaan lingkungan saat ini.

Analisis ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang pada akhirnya data-data tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis. Biasanya akan digunakan dalam menyelesaikan krisis atau juga konflik, atau dapat saja hanya digunakan sebagai arsip. Didalam bidang pendidikan analisis ini digunakan untuk melakukan sebuah penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.

Contoh Analisis

Salah satu contoh untuk analisis ini berkaitan dengan perusahaan. Dalam hal ini yang digunakan ialah analisis SWOT. SWOT merupakan kepanjangan dari strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), serta Threats (ancaman). Dari ketiga unsur ini kinerja dan juga struktur dari perusahaan tersebut akan diteliti satu persatu.

Hasil dari analisis SWOT ini sendiri dapat digunakan untuk berbagai kepentingan perusahaan. Seperti untuk membantu mengatasi krisis internal atau juga eksternal dari perusahaan sendiri. Selain dari itu hasil dari analisis dapat dijadikan arsip serta juga digunakan sebagai pembanding perkembangan perusahaan, sebagai salah satu patokan untuk bisa meningkatkan kinerja kerja dan juga pengembangan produk perusahaan.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Analisis, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Aksiologi, Aspek dan Bagian Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Westernisasi, Ciri, Dampak, Pola, Media dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Budi Pekerti, Macam, Tujuan Beserta Manfaatnya