√ Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis, Perbedaan dan Menurut Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Kelompok, penjelasan mengenai kelompok ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis, Perbedaan dan Menurut Ahli

Pengertian Kelompok

Kelompok merupakan sejumlah orang yang mempunyai norma, nilai, serta tujuan yang sama, yang dengan secara sengaja serta juga teratur itu saling berinteraksi.

Pada dasarnya Kelompok ini merupakan orang yang mempunyai kepentingan yang sama serta juga mempunyai beberapa landasan interaksi yang sama. Mereka itu saling terikat bersamaan dengan serangkaian hubungan sosial yang khas. Kelompok tersebut juga dapat terorganisasi dengan secara ketat serta berjangka panjang, tetapi juga terdapat juga bersifat cair dan hanya sementara.

Kelompok ini terdiri dari dua orang (dyadlduo), tiga orang (tryadltrio), empat orang (kwartet), serta juga seterusnya sampai ratusan atau juga bahkan sampai ribuan orang.

Semakin banyak anggota di dalam kelompok, maka akan semakin kecil juga kesempatan terjadinya suatu interaksi sosial yang mendalam sesama anggota kelompok tersebut. Sebaliknya, Apabila semakin kecil /sedikit jumlah dari anggota pada suatu kelompok, maka hal tersebut akan semakin besar kesempatan untuk terjadinya suatu interaksi sosial yang mendalam antar sesama anggota kelompok.

Pengertian Kelompok Menurut Ahli

Untuk dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai kelompok ini, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli, diantaranya sebagai berikut :

Menurut Merton

kelompok ini merupakan sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang sudah mapan, sedangkan di dalam kelompok itu terdapat rasa solidaritas disebabkan karna adanya nilai bersama serta juga karna adanya tanggung jawab bersama.

Menurut Homans (1950)

Mengatakan bahwa kelompok ini merupakan sejumlah individu yang berkomunikasi satu dengan lainnya itu dalam jangka waktu tertentu yang jumlahnya juga tidak terlalu banyak, sehingga hal itu memberikan kesempatan bagi seluruh anggota untuk berkomunikasi secara langsung.

Menurut Joseph De Vito (1997)

kelompok ini merupakan sekumpulan individu yang berhubungan antara satu sama lain yang mempunyai tujuan bersama serta ada suatu organisasi atau struktur diantara mereka. Di dalam kelompok itu dikembangkan norma-norma yang dianggap ialah sebagai dasar berperilaku anggotanya.

Macam Jenis Kelompok

Berdasarkan dengan jumlah anggota, sifat atau juga hubungan antaranggota, dan juga tujuannya, kelompok yang ada didalam masyarakat itu bisa/dapat dibedakan antara lain:

Kelompok primer

Kelompok primer ini merupakan suatu kelompok yang jumlah anggotanya itu hanya sedikit, kendati demikian tidak setiap kelompok yang anggotanya sedikit itu merupakan dari kelompok primer. Hubungan antaranggota tersebut memiliki sifat personal (saling kenal dengan secara pribadi) serta juga mendalam, yang diwarnai dengan adanya kerja sama, sering sekali bertatap muka itu dalam jangka waktu lama, sehingga bisa/dapat membangun keterlibatan perasaan yang dalam.

Tujuan Kelompok Primer

Tujuan dari kelompok primer ini ialah untuk membangun suatu hubungan personal itu sendiri.

Walaupun terkadang terjadi sebuahkonflik, namunmasing-masing dari anggota kelompok primer tersebut akan menunjukkan perhatian yang tulus juga terhadap kesejahteraan sesama anggota. Maka , hubungan didalam kelompok primer inbi bersifat informal, intim /akrab, personal, serta juga total.

Contoh Kelompok Primer

Contoh dari kelompok primer diantaranya sebagai berikut

  1. Keluarga
  2. Kelompok teman
  3. Kawan sepermainan.

Kelompok sekunder

Kelompok sekunder ini merupakan suatu kelompok yang jumlah anggotanya itu banyak. Hubungan antaranggota tersebut juga memiliki sifat impersonal (tidak saling kenal dengan secara pribadi), yang lebih diwarnai oleh adanya kompetisi, serta jarang bertatap muka di dalam jangka waktu lama, sehingga tidak dapat membangun hubungan yang emosional dengan secara baik. Hubungan yang terdapat di dalam kelompok ini lebih bersifat fungsional, artinya adalah orang itu bukan dilihat dari segi “siapanya” melainkan lebih dilihat dari segi “apa kegunaannya” bagi pencapaian tujuan kelompok tersebut.

Tujuan Kelompok Sekunder

Tujuan kelompok sekunder ini adalah untuk mencapai tujuan tertentu, sehingga para anggota kelompok tersebut lebih berperan ialah sebagai sarana dan bukan sebagai tujuan.

Hubungan didalam kelompok sekunder ini memiliki sifat impersonal, parsial,  formal, serta juga dilandaskan pada kemanfaatan kelompok semata.

Contoh Kelompok Sekunder

Contoh dari kelompok sekunder diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Organisasi buruh,
  2. Universitas,
  3. Sekolah,

Perbedaan Kelompok Primer dan Sekunder

PrimerSekunder
Umumnya KecilBiasanya Besar
Relatif memiliki interaksi jangka panjangInteraksinya sebentar
Memiliki Hubungan Yang akrabKurangnya keakraban dan pengertian
Memiliki kedalaman emosionalHubungannya biasa saja
Mudah bekerja sama dan personalLebih formal dan impersonal

 

Dengan berdasarkan cara pandang seseorang terhadap suatu kelompok itu dengan berbagai yang melingkupi hidupnya, kelompok tersebut dibedakan diantaranya :

In-group

Ini merupakan semua kelompok dimana seseorang itu merasa menjadi anggotanya serta juga mengharapkan suatu pengakuan, kesetiaan, serta juga pertolongan.

Out-group

Semua kelompok dimana seseorang itu merasa bukan sebagai anggotanya serta juga mungkin akan menunjukkan suatu permusuhan, kompetisi damai, atau juga hanya sekedar merasa berbeda.

In-group serta juga out-group ini terpisahkan didalam hubungan permusuhan. Individu pada anggota in-group itu menyebut kelompok atau dirinya itu sebagai “kami”, serta juga menyebut individu para anggota out-group itu sebagai “mereka”. Permusuhan di dalam in group serta juga out group ini cenderung bersuasana kultural (budaya). Misalnya ialah seperti,antara penduduk pendatang dengan penduduk asli, antar geng(komunitas tertentu), sampai pada permusuhan yang berdasarkan pada suatu SARA.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis, Perbedaan dan Menurut Ahli, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Eksploitasi, Jenis, Contoh, Dampak dan Menurut Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Grafik, Contoh, Jenis, Tujuan Beserta Fungsinya
Lihat Juga  √Pengertian Silvikultur, Dasar, Tujuan, Kegiatan dan kedudukan