√ Pengertian Farmakologi, Cabang, dan Ruang Lingkupnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Farmakologi (pharmacology) ini berasal dari bahasa Yunani, yakni pharmacon (obat) serta logos (ilmu). Farmakologi ini dapat didefinisikan ialah sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi obat dengan tubuh untuk dapat menghasilkan efek terapi (therapeutic). untuk lebih lanjut mengenai penjelasan farmakologi baca artikel dibawah ini sampai habis :

Pengertian Farmakologi, Cabang, dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Farmakologi

Farmakologi adalah sebuah istilah yang merujuk kepada suatu bidang ilmu tentang pengaruh senyawa terhadap sel hidup dengan melalui proses kimiawi. Adapun senyawa yang ditujukan di sini yakni  obat. Obat merupakan tiap-tiap zat kimia yang bisa mempengaruhi suatu proses hidup pada tingkat molekuler. Dimasa lalu, farmakologi ini mencakup semua bidang ilmu pengetahuan tentang sejarah, sumber, sifat-sifat fisik serta kimia, komposisi, efek-efek biokimia dan juga fisiologi, mekanisme kerja, absorpsi, biotransformasi, eksresi, penggunaan terapi, dan juga penggunaan lainnya dari obat. Tetapi, beriring berkembangnya ilmu pengetahuan, beberapa bagian dari farmakologi ini tersebut berkembang menjadi disiplin ilmu yang berdiri sendiri, dalam ruang lingkup yang lebih sempit.

Definisi Farmakologi :

  1. ilmu yang mempelajari cara serta bagaimana fungsi sistem hidup itu di pengaruhi oleh obat
  2. ilmu yang mempelajari sejarah, asal usul obat, sifat fisika serta kimiawi, efek terhadap fungsi biokimia serta faal, cara kerja, absorpsi,cara mencampur dan juga membuat obat, biotransformasi dan juga eksresi, penggunaan dalam klinik dan efek toksiknya
  3. ilmu yang mempelajari tentang penggunaan obat untuk diagnosa, pencegahan serta penyembuhan penyakit
  4. ilmu mengenai obat (pharmacon dan logos)

Cabang dan Ruang Lingkup Farmakologi

Secara singkat perkembangan farmakologi itu  dapat dikategorikan pada beberapa cabang, antara lain :

  1. Farmakognosi
  2. Farmasi
  3. Farmakologi klinik
  4. Farmakokinetik
  5. Farmakodinamik
  6. Farmakoterapi
  7. Toksikologi

Farmakognosis

merupakan farmakognosi berasal dari kata Yunani yaitu: Pharmacon (obat) serta Gnosis (ilmu pengetahuan). Istilah tersebut diperkenalkan oleh S.A.Seydler, seorang mahasiswa kedokteran Halle/Saale, Jerman, yang menggunakan judul Analectica Pharmacognoistica dalam disertasinya ditahun 1815. Namun penelitian sejarah terakhir sudah menemukan penggunaan istilah dari Farmakognosi yang lebih awal J.A. Schmidt menggunakan istilah tersebut didalam Lehrbuch der Materia Medica, dipublikasikan di Vienna pada tahun 1811 yang menjelaskan mengenai studi tumbuhan obat serta sifat-sifatnya.

Ilmu farmakognosi tersebut mempelajari pengetahuan dan juga pengenalan obat yang berasal dari tanaman serta zat-zat aktifnya yang berasal dari mineral dan juga hewan.

Toksikologi

Toksikologi ini merupakan pemahaman mengenai pengaruh-pengaruh dari bahan kimia yang merugikan bagi organisme hidup.

Farmasi

Farmasi merupakan suatu bidang profesional kesehatan yang ialah sebuah kombinasi dari ilmu kesehatan dan juga ilmu kimia, yang memiliki tanggung jawab memastikan efektivitas serta juga keamanan penggunaan obat. Profesional bidang farmasi disebut dengan sebutan farmasi atau apoteker.

Farmako klinik

farmako klinik merupakan suatu ilmu farmakologi yang mempelajari pengaruh kondisi klinis pasien terhadap efikasi obat, contohnya kondisi hamil dan juga menyusui, neonatus serta anak, geriatrik, inefisiensi ginjal dan juga hepar.

Farmakokinetik

Dengan Secara gamblang istilah dari farmakokinetik menurut ilmu farmakologi itu sebetulnya dapat diartikan ialah sebagai proses yang dilalui obat di dalam tubuh atau juga tahapan perjalanan obat tersebut di dalam tubuh. Proses farmakokinetik ini dalam ilmu farmakologi menglingkupi beberapa tahapan mulai dari proses absorpsi atau juga penyerapan obat, distribusi atau juga penyaluran obat ke seluruh organ tubuh, metabolisme obat hingga sampai kepada tahap ekskresi obat itu sendiri atau juga proses pengeluaran zat obat tersebut dari dalam tubuh.

Farmakodinamik

farmakodinamiki merupakan bagian ilmu farmakologi yang mempelajari efek dari fisiologik serta biokimiawi obat terhadap berbagai jaringan tubuh yang sakit ataupun sehat dan juga mekanisme kerjanya.

Farmakoterapi

Farmakoterapi merupakan sub ilmu dari farmakologi yang mempelajari mengenai penanganan penyakit dengan melalui penggunaan obat-obatan. Dalam ilmu ini obat-obatan digunakan untuk dapat membuat diagnosis, mencegah timbulnya, serta juga cara menyembuhkan suatu penyakit. Selain dari itu, farmakoterapi tersebut juga mempelajari khasiat obat pada berbagai penyakit, bahaya yang dikandungnya, kontraindikasi obat, pemberian obat yang tepat.

Sekian penjelasn mengenai Pengertian Farmakologi, Cabang, dan Ruang Lingkupnya, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Lihat Juga  √ Pengertian Magnet, Sifat, Bentuk Jenis, dan Teorinya
Lihat Juga  √Pengertian, Jenis dan Fungsi Musik Tradisional Secara Umum
Lihat Juga  √ Pengertian Variabel, Jenis, Contoh dan Menurut Para Ahli