√ Pengertian Fosil, Jenis, Fungsi, dan Cara Terbentuknya Menurut Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Fosil merupakan sisa dari tumbuhan dan makhluk hidup yang sudah mati dan hidup di zaman purba, untuk lebih jelasnya baca artikel dibawah ini :

Pengertian Fosil, Jenis, Fungsi, dan Cara Terbentuknya Menurut Ahli

Pengertian Fosil

Pengertian fosil merupakan sisa-sisa tumbuhan, makhluk hidup yang sudah mati. Makhluk hidup serta juga tumbuh-tumbuhan tersebut hidup di jaman purba. Yang setelah berpuluh ribu tahun itu terpendam di bawah lapisan tanah, sisa-sisa makhluk hidup dan juga tumbuhan purbakala itu mengeras. Sehingga akan terbentuklah apa yang disebut dengan fosil. Fosil merupakan salah satu bukti yang kuat bahwa dahulu itu terdapat kehidupan purba jauh sebelum seperti sekarang ini.

Pengertian Fosil Menurut Ahli

Dibawah ini akan dipaparkan pengertian fosil yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, diantaranya sebagai berikut :

Leonardo da Vinci (1452-1519)

Merupakan seorang pelukis kenamaan yang berasal dari Italia berpendapat bahwa fosil itu merupakan suatu bukti adanya makhluk hidup serta juga kehidupan di masa lalu.

Charles Darwin

Beliau berpendapat kalau makhluk hidup yang terdapat di lapisan bumi yang tua itu akan mengadakan perubahan bentuk yang di sesuaikan dengan lapisan bumi yang lebih muda. Oleh sebab itu, pada lapisan bumi yang lebih muda ditemukan fosil yang berbeda dengan lapisan bumi yang lebih tua. Karena terdapatnya perbedaan iklim, tanah, serta juga faktor-faktor lain, maka terjadilah perubahan di permukaan bumi dengan secara bertahap yang menyebabkan adanya perubahan pula pada makhluk hidup untuk menyesuaikan diri.

George Cuvier (1764-1832)

George cuvier juga memiliki pendapat bahwa pada masa tertentu sudah diciptakan makhluk hidup yang berbeda dari masa ke masa lainnya. Makhluk hidup tersebut dapat diciptakan khusus pada tiap-tiap zaman dan pada tiap-tiap zaman tersebut diakhiri dengan kehancuran alam. tiap-tiap lapisan bumi tersebut akan dihuni oleh makhluk hidup yang berbeda dengan makhluk hidup pada lapisan bumi sebelumnya.

Jenis-jenis Fosil

Dalam ilmu paleontologi, Terdapat dua macam jenis fosil yakni fosil tubuh serta fosil jejak. penjelasannya sebagai berikut :

Fosil Tubuh

Pengertian fosil tubuh merupakan fosil yang terdiri dari sisa-sisa tubuh organisme atau juga makhluk hidup itu sendiri. Seperti misalnya, gading gajah purba mamooth, maupun juga pada tulang-tulang binatang purba lainnya.

Fosil Jejak

Jenis fosil yang kedua merupakan fosil jejak. Pengertian untuk fosil ini ialah fosil yang terbentuk dari aktivitas atau juga perilaku-perilaku organisme di waktu lampau. Organisme atau juga makhluk hidup jaman purba pasti menyisakan jejak-jejak aktivitas mereka ketika masih hidup. Fosil-fosil jejak contohnya seperti, sarang dari makhluk hidup tersebut, kotorannya, bekas-bekas cakarannya, atau juga sisa-sisa aktivitas yang lainnya.

Fungsi Fosil

Fosil ini sendiri memiliki kegunaan didalam aplikasi geologi , diantaranya sebagai berikut  :

  1. Fosil dalam mementukan umur relatif suatu batuan
  2. Menentukan korelasi batuan antara tempat yang satu dengan tempat lain.
  3. Dapat mengetahui evolusi makhluk hidup
  4. Menentukan keadaan lingkungan dan ekologi yang ada ketika batuan yang mengandung fosil terbentuk.
  5. Dapat merekonstruksi lingkungan masa lampau

Cara Terbentuknya Fosil

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan Bagaimana sih sisa-sisa makhluk hidup serta juga tumbuh-tumbuhan pra sejarah yang sudah mati itu bisa menjadi fosil? Menurut para ahli paleontologi terdapat beberapa cara kenapa sisa-sisa makhluk hidup pra sejarah itu menjadi fosil. penjelasannya sebagai berikut :

Karbonisasi

Jasad organisme itu seringkali langsung terkubur serta belum mengalami proses pembusukan. Lapisan sedimen yang mengendap di atasnya membuat jasad itu jadi lebih dalam terkuburnya. Kemudian, jasad dari organisme yang terkubur sangat dalam tersebutk akan terpanaskan oleh panas bumi. Sehingga dari hal tersebut akan menyisakan karbon film, contohnya seperti fosil daun.

Pembekuan

Fosil tersebut terbentuk karena mengalami proses pembekuan. Contohnya seperti mamooth (gajah purba). Yang sisa dari jasad mereka itu tertanam di dalam es yang beku.

Fosil Amber

Pengertian fosil amber merupakan suatu fosil yang terbentuk di dalam getah pohon. Contohnya seperti, serangga purba yang terperangkap atau terjebak di dalam getah pohon. Setelah itu jadilah sebuah fosil serangga.

Rekristalisasi

Rekristalisasi merupakan sebuah proses pemfosilan yang satu jenis mineral berubah menjadi kristal ke dalam bentuk mineral lainnya.

Proses Fosilisasi Fosfat

Fosilisasi fosfat merupakan proses fosilisasi yang memanfaatkan mineral fosfat untuk dapat meresap ke dalam pori batuan, Seteah itu masuk ke sisa organisme. Serat otot makhluk hidup tersebut bisa menjadi awet atau juga menjadi fosil dengan melalui proses ini.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Fosil, Jenis, Fungsi, dan Cara Terbentuknya Menurut Ahli, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Enzim Adalah : Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Sifat
Lihat Juga  Teks Eksposisi
Lihat Juga  √ Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat dan Dampaknya