√ Pengertian Referensi, Tujuan, Sumber, Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Di dalam melakukan hal itu referensi yang tepat sangatlah berguna untuk menunjang hal tersebut. Penjelasan mengenai Referensi selengkapnya akan diuraikan dibawah ini :

Pengertian Referensi, Tujuan, Sumber, Jenis dan Contohnya

Pengertian Referensi

Pengertian Referensi (rujukan) ini merupakan segala bentuk dari teori atau juga argumentasi yang bisa di gunakan untuk menunjang suatu ide atau dapat juga gagasan, teori atau argumentasi supaya bisa mempertegas apa maksud yang ingin kita utarakan atau sampaikan dengan menggunakan tulisan atau juga dapat menggunakan lisan. Referensi ini juga merupakan tulisan yang di dalamnya itu mempunyai informasi yang ada di dalam buku yang buku tersebut di tinjau serta jugsa dapat di nilai berdasar kepada sumber penulisnya.

Tujuan Referensi

Refensi ini sendiri mempunyai tujuan diantaranya sebagai berikut  :

  • Memperkuat Argumentasi
    Dari referensi tersebut dapat digunakan sebagai sebuah bahan untuk bisa memperkuat dan menunjang suatu argument atau pun juga teori yang di kemukakan itu di dalam bentuk tulisan.
  • Menghindari Plagiarisme
    Tujuan selanjutnya ialah sebagai penghalang dari suatu tindakan plagiat atas sebuah hasil karya dari milik orang lain.
  • Menghargai Karya Orang Lain
    Tujuan tersebut bisa mencantumkan referensi ialah sebagai penghargaan atas karya orang lain.
  • Memberikan Informasi Kepada Para Pembaca
    Ini bertujuan untuk bisa memberikan suatu informasi kepada para pembacanya tentang hal sumber asli dan juga terlengkap dari suatu teori atau juga pendapat tersebut.

Sumber Referensi

Sumber referensi ini bisa kita temui dari;

Buku

Buku ini merupakan sumber yang paling sering kita pergunakan serta sangatlah di sarankan untuk bisa  membuat karya tulis. Untuk itu di sarankan juga untuk menggunakan buku terbitan baru supaya teori yang terkandung di dalamnya juga merupakan penyesuaian serta juga perbaikan dari yang sebelumnya.

Surat Kabar atau Majalah

Selain dari buku kita juga bisa mencarinya di surat kabar atau juga majalah walau sangat jarang di di gunakan disebabkan karena sangatlah sulit menemukan argument yang relevan. Selain dari itu pula jarang surat kabar atau juga majalah di pelihara dengan menyimpannya di perpustakaan.

Jurnal

Jurnal tersebut dapat di gunakan ialah sebagai referensi yang baik dengan bentuk online ataupun juga cetak.

Internet

Sumber ini sangat perlu untuk di perhatikan dari tingkat kredibilitas situs yang akan di gunakan yakni sebagai referensi. Karena pada dasarnya sumber dari internet ini akan di batasi di dalam penulisan karya ilmiah tertentu yang di sebabkan karna tulisannya itu dapat di ambil dari internet baik itu dengan melalui blogspot atau website yang umumnya penulis bukan ahli di bidangnya sehingga oleh karena itu tidak memenuhi kualifikasi ilmiah.

Jenis Referensi

Referensi ini mempunyai beberapa jenis yang diantaranya ialah sebagai berikut :

Kutipan

Kutipan ini ialah salah satu jenis referensi yang di rujuk dari banyak sumber dengan cara menyalin kalimat, paragraph, teori atau juga argumentasi dari seseorang yang ahli di bidang tertentu untuk bisa melengkapi penulisan yang di buat. Kutipan tersebut terbagi lagi menjadi dua yaitu:

  • Kutipan langsung
    Kutipan ini merupakan suatu kutipan yang di tuliskan langsung serta juga sama persis dengan apa yang terkandung di sumbernya dan juga disertai dengan data pustaka ialah sebagai informasi tambahan tentang sumber dari kutipan itu.
  • Kutipan Tidak Langsung
    kutipan ini yang penulisannya dengan bahasa sendiri yang di dalamnya itu tidak merubah makna dari sumbernya dengan cara menuliskan data pustakanya.

Catatan Kaki

Catatan kaki ini merupakan cara penulisan sumber dengan cara memberikan sebuah symbol yang terdapat pada kata dengan membutuhkan penjelasan tertentu yang bisa di ambil dari sumber lainnya. Di dalam catatan kaki itu dapat di tuliskan di margin bawah karya tulis dengan berisikan penjelasan tentang  kata yang dimaksudkan dengan lengkap.

Contoh Referensi

  • Smith, J. (2005a). Harvard Referencing. London: Jolly Good Publishing.
  • Smith, J. (2005b). Dutch Citing Practices. The Hague: Holland Research Foundation.

Dalam Menuliskan Kota Tempat diTerbitkan, Kota Yang sudah Dikenal Secara Internasional (Seperti London Atau juga New York) itu Dikutip Hanya Kotanya Saja. Bila Kotanya itu Kurang Dikenal Secara Internasional, Negaranya (Atau juga Provinsi Untuk Indonesia) Juga Disertakan.

Contoh Dari Referensi Jurnal

  • Smith, John Maynard. (1998). The Origin Of Altruism. Nature 393: 639–40.

Artikel pada Surat Kabar Biasanya itu Dikutip Dalam Teks Tapi Dihilangkan didalam Bagian “Daftar Rujukan”. Contoh Pengutipan Surat Kabar Formal ialah :

  • Bowcott, O. (2005, 18 October). “Protests Halt Online Auction To Shoot Stag”, The Guardian. Diakses 7 Februari 2006.

Bila Publikasinya Offline:

  • Bowcott, O. (18 Oktober 2005). Protests Halt Online Auction To Shoot Stag. The Guardian.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Referensi, Tujuan, Sumber, Jenis dan Contohnya, semoga apa yang dipaparkan diatas ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Lihat Juga  √ Pengertian Koordinasi, Jenis, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Ruang Lingkup
Lihat Juga  √ Pengertian Sensus Penduduk, Tujuan, Metode dan Macamnya
Lihat Juga  √ Pengertian Lingkungan, Jenis, Unsur, Konsep dan Menurut Ahli