√ Pengertian Kampanye, Unsur, Jenis, Bentuk, Fungsi, Tujuan, & Media

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Secara etimologi kata kampanye sendiri berasal dari bahasa Perancis, yakni “Campaign” yang memiliki arti lapangan, operasi militer. Istilah dari kampanye ini banyak digunakan untuk segala macam kegiatan atau aktivitas, baik itu dalam pemasaran bisnis, pemilihan pemimpin (PILPRES, PILKADA), aktivitas sosial, serta segala macam kegiatan lainnya. Penjelasan selengkapnya dibawah ini :

Pengertian Kampanye, Unsur, Jenis, Bentuk, Fungsi, Tujuan, & Media

Pengertian Kampanye

Pengertian Kampanye ini ialah serangkaian usaha serta tindakan komunikasi yang tersusun dan terencana untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat banyak yang dilakukan oleh seseorang atau juga sekelompok orang itu dengan  secara terorganisir dalam sebuah proses pengambilan keputusan serta dilakukannya dengan secara berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu.

Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pun juga pernah menjelaskan mengenai arti kata kampanye, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Menurut Rogers & Storey

Pengertian kampanye ini ialah rangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan ialah menciptakan efek tertentu pada masyarakan banyak yang dilakukannya itu secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu.

2. Menurut Pfau dan Parrot

Pengertian kampanye ini ialah suatu proses yang dirancang dengan secara sadar, bertahap serta juga berkelanjutan yang dilaksanakan pada jangka waktu tertentu dengan tujuan ialah mempengaruhi masyarakat yang telah ditetapkan.

3. Menurut Rajasundarman

Definisi kampanye ini ialah pemanfaatan metode komunikasi kepada masyrakat umum supaya terkoordinasi didalam waktu tertentu. Kampanye ini harus ditujukan untuk mengarahkan kepada masyarakat tentang permasalahan serta juga pemecahan masalah.

4. Menurut Imawan

Pengertian kampanye ini ialah salah satu upaya persuasif yang dilakukan seseorang atau juga sekelompok orang kepada orang lain supaya sepaham terhadap ide atau juga gagasan yang ditawarkan.

5. Menurut Rachmadi

Pengertian kampanye ini ialah kegiatan atau aktivitas yang terorganisir dengan secara sistematis untuk mendorong masyarakat itu melakukan sesuatu yang diinginkan dengan memanfaatkan media tertentu supaya tepat sasaran serta  disertai dengan evaluasi.

6. Menurut Drs Antar Venus, M.A

Arti kampanye ini ialah upaya yang ditujukan untuk menciptakan perubahan serta juga dampak tertentu didalam kehidupan bermasyarakat yang dilakukan didalam kurun waktu tertentu.

7. Menurut Kotler dan Roberto

Definisi kampanye ini ialah upaya yang dilakukan oleh individu atau juga sekelompok orang untuk menamankan ide, sikap, perilaku yang diinginkan oleh pelaku kampanye.

8. Menurut Cangara

Kampanye ini ialah aktivitas atau kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mempengaruhi masyarakat supaya mempunyai wawasan terhadap perilaku yang menjadi keinginan pemberi informasi.

9. Menurut UU pasal 1 ayat 26 No. 10 tahun 2008

Pengertian kampanye ini ialah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh peserta pemilu untuk dapat meyakinkan para pemilih dengan cara menawarkan visi, misi serta juga program yang ditawarkan oleh calon peserta Pemilu.

Unsur Kampanye

Mengacu pada definisi kampanye di atas, maka seluruh kegiatan dan aktivitas kampanye ini harus mempunyai empat unsur berikut:

  1. Kegiatan kampanye ini memiliki tujuan untuk menciptakan dampak atau efek tertentu
  2. Sasaran kampanye ini ialah khalayak dalam jumlah yang besar
  3. Kegiatan atau aktivitas kampanye umumnya fokus dalam waktu tertentu
  4. Kampanye tersebut dilakukan melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir

Fungsi Kampanye

Secara umum, fungsi kampanye ini berfungsi ialah sebagai informasi supaya masyarakat itu lebih tanggap terhadap suatu pesan yang disampaikan didalam kampanye. Menurut Drs. Antar Venus, MA, dalam kegiatan atau aktivitas kampanye ini mempunyai fungsi berikut ini:

  1. Sebagai sarana informasi yang dapat mengubah pola pikir masyarakat
  2. Sebagai upaya pelaksana kampanye untuk dapat mencapai tujuan dengan menggugah kesadara serta juga pendapat masyarakat terhadap isu tertentu
  3. Pengembangan usaha dengan membujuk khalayak untuk membeli produk yang dipasarkan
  4. Untuk membangun citra positif peserta kampanye

Tujuan Kampanye

Mengacu pada pengertian kampanye di atas, maka kegiatan atau aktivitas komunikasi di dalam kampanye itu harus dilakukan dengan secara tersusun dan terlembaga. Lembaga tersebut bisa dari pemerintah, pihak swasta, atau juga dari lembaga swadaya masyarakat.

Jadi, pada praktiknya kampanye ini mempunyai tujuan yang bermacam-macam tergantung tujuan lembaga itu sendiri. Namun, secara umum tujuan kampanye ini ialah untuk menggugah isu tertentu dengan menyampaikan informasi produk atau juga gagasan/ ide yang dikampanyekan sehingga membuat masyarakat itu menyukai, simpati, perduli, atau juga berpihak kepada yang melakukan kampanye.

Beberapa contoh kampanye yang terdapat di masyarakat ialah :

  1. Ajakan untuk mau menyumbang dana bagi korban bencana alam
  2. Anjuran pemerintah untuk mau melakukan imunisasi bagi anak
  3. Ajakan sekelompok orang pada masyarakat untuk mau memilih calon gubernur tertentu
  4. Anjuran seorang atlit untuk mau mengkonsumsi makanan yang sehat serta juga suplemen tertentu
    Dan lain sebagainya

Bentuk dan Jenis Kampanye

Pada praktiknya, tersdapat beberapa bentuk serta jenis kampanye. Namun pada umumnya kegiatan atau aktivitas kampanye ini dilakukan dengan slogan, pembicaraan, media cetak, simbol-simbol, siaran rekaman berbentuk suara serta gambar.

Pelaksanaan kampanye ini juga dilakukan dengan melalui media internet didalam rangka pencitraan yang nantinya berkembang menjadi upaya persamaan sebuah gagasan atau juga isu suatu kelompok kepada masyarakat dengan harapan mendapatkan tanggapan.

Jenis Kampanye Berdasarkan Orientasinya

1. Product Oriented Campaigns

Ini adalah salah satu kampanye yang berorientasi pada produk. Jenis kampanye ini umumnya itu dilakukan dalam lingkungkan bisnis komersil. Kampanye tersebut bertujuan untuk dapat membangun citra positif terhadap produk yang ditawarkan dan diperkenalkan ke masyarakat.

2. Candidate Oriented Campaigns

Ini merupakan jenis kampanye yang berorientasi pada kandidat. Kampanye jenis ini biasanya mempunyai latar belakang hasrat dan ambisi untuk kepentingan politik. Misalnya seperti kampanye PEMILU, kampanye PILKADA.

3. Ideologically or Cause Oriented Campaigns

Kampanye jenis ini berorientasi pada tujuan-tujuan khusus yang memiliki sifat sosial. Seperti yang dijelaskan oleh Kotler, kampanye perubahan sosial tersebut bertujuan untuk dapat menangani segala macam masalah sosial dengan perubahan pandangan, sikap, serta juga perilaku masyarakat.

Contohnya seperti:

  1. kampanye ASI,
  2. kampanye Donor Darah,
  3. kampanye imunisasi,
  4. kampanye Keluarga Berencana (KB).

Jenis Kampanye Berdasarkan Isinya

Terdapat beberapa macam kampanye yang dapat dibedakan dari isinya, diantaranya ialah :

1. Kampanye Positif

Kampanye yang berisi mengenai pengenalan mengenai produk atau juga seseorang yang dikampanyekan. Pada umumnya informasi yang disampaikan mengenai hal-hal yang baik saja.

2. Kampanye Negatif

Kampanye negatif ini biasanya dilakukan oleh kompetitor yang mana isi dari kampanyenya itu tentang kekurangan produk atau juga seseorang. Pada dasarnya kampanye negatif ini berdasarkan data serta fakta yang sudah terjadi sebelumnya.

3. Kampanye Hitam

Kampanye hitam ini ialah kampanye yang bertujuan untuk membunuh karakter seseorang atau juga produk yang menjadi kompetitor. Tetapi, informasi yang disampaikan didalam kampanye hitam ini adalah fitnah, kebohongan, atau juga tuduhan tanpa bukti.

Media Kampanye

Seperti yang sudah dipaparkan diatas, terdapat banyak bentuk serta jenis kampanye. Semua bentuk dan juga jenis kampanye ini membutuhkan media kampanye yakni sebagai corong untuk dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Dibawah ini merupakan beberapa media kampanye yang umum digunakan diantaranya :

  1. Media Elektronik (televisi, radio)
  2. Media Cetak (koran, tabloid, majalah)
  3. Media Komunikasi Kelompok (pameran, seminar, diskusi panel)
  4. Media Luar-Ruangan (poster, banner, billboard, papan nama)
  5. Media Digital (Website, sosial media, email, aplikasi chatting, dan lain-lain)

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Kampanye, Unsur, Jenis, Bentuk, Fungsi, Tujuan, dan Medianya, semoga apa yang dipaparkan mengenai Kampanye diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Dokumentasi, Pengkodean, Fungsi, Tugas, dan Manfaatnya
Lihat Juga  √ Pengertian Atom JJ Thomson, Teori, Kelebihan dan Kekurangan
Lihat Juga  √ Pengertian Spermatopyta, Struktur, Ciri, Klasifikasi, dan Jenisnya