√ Pengertian Sensus Penduduk, Tujuan, Metode dan Macamnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Sensus Penduduk, Sensus penduduk ini sangat penting guna mengambil keputusan yang baik didalam bernegara. untuk itu dibawah ini penjelasannya.

Pengertian Sensus Penduduk, Tujuan, Metode dan Macamnya

Pengertian Sensus Penduduk

Pengertian Sensus penduduk merupakan keseluruhan dari proses pencatatan total data demografis di suatu negara untuk seluruh penduduk dalam periode waktu tertentu. Waktu untuk melakukan di lakukannya sensus penduduk di setiap negara itu berbeda-beda. Di Indonesia, sensus penduduk ini dilakukan sepuluh tahun sekali, sedangkan untuk di beberapa negara lain, terutama negara industri maju, sensus penduduk tersebut dilakukan dalam lima tahun sekali. Sensus penduduk tersebut dilaksanakan oleh badan-badan resmi tertentu milik pemerintah. Contohnya seperti, di Indonesia, lembaga yang bertanggung jawab untuk dapat melakukan sensus penduduk ialah  Badan Pusat Statistik (BPS). Selain di tingkat pusat, BPS tersebut juga ada di daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Macam-macam Sensus Penduduk

Didalam pelaksanaannya, sensus penduduk ini terbagi atas dua macam, yaitu sensus de jure dan juga sensus de facto.

  1. Sensus de jure ini merupakan sensus penduduk yang didasarkan atas bukti hukum yang dipunyai penduduk. Salah satu dari bukti hukum, ialah adanya Kartu Tanda Penduduk  disingkat dengan KTP.
  2. Sensus defacto merupakan pencatatan penduduk yang dilakukan pada tiap-tiap orang yang ditemui petugas di suatu daerah, walaupun orang yang ditemui tersebut bukan penduduk dari daerah yang bersangkutan.Contohnya, Budi merupakan seorang penduduk yang secara sah bertempat tinggal dan juga menetap di Bandung, tetapi pada saat dilakukan sensus penduduk Budi ini sedang berada di Medan. Oleh sebab  itu, oleh si petugas dicatat sebagai penduduk Medan.

Tujuan Sensus Penduduk

Adapun tujuan dari Sensus penduduk ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari peniode ke periode;
  2. Mengetahui persebaran serta juga kepadatan penduduk di tiap-tiap wilayah;
  3. Mengetahui berbagai atribut sosial penduduk. seperti contohnya tingkat kelahiran, kematian, serta juga  migrasi dan segala macam faktor yang memengaruhinya.

Metode Sensus Penduduk

Adapun metode sensus penduduk ini diantaranya:

1. Sensus Penduduk dengan Metode Householder.

Pada metode Householder, pengisian daftar pertanyaan mengenai data kependudukan diserahkan kepada penduduk atau juga responden, sehingga penduduk tersebut diberi daftar pertanyaan untuk dilakukan pengisian dan akan diambil kembali beberapa waktu setelah nya. Metode semacam tersebut hanya dapat dilakukan pada daerah yang tingkat pendidikan penduduknya relatif tinggi, oleh sebab itu mereka mampu memahami serta juga  menjawab tiap-tiap pertanyaan yang diserahkan kepada mereka.

2. Sensus Penduduk dengan Metode Canvaser.

Pada metode Canvaser, pengisian daftar pertanyaan mengenai data kependudukan dilakukan oleh petugas sensus dengan cara mendatangi serta juga mewawancarai penduduk atau responden dengan secara langsung. Petugas sensus mengajukan pertanyaan-pertanyaan sesuai daftar serta juga  penduduk yang didatangi menjawab dengan secara lisan sesuai dengan keadaan atau juga kondisi yang sebenarnya.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Sensus Penduduk, Tujuan, Metode dan Macamnya, semoga apa yang dijelaskan diatas dapat bermanfaat untuk anda yang membaca di pendidikan.co.id. Terima kasih.

Lihat Juga  √ Pengertian Peran, Konsep dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Cairan Serebrospinal, Proses Terbentuk, Letak dan Fungsinya
Lihat Juga  √ Pengertian Chauvinisme, Sejarah, Dampak Beserta Cirinya