√ Pengertian Biografi, Ciri, Bentuk, Struktur Dan Jenisnya

Diposting pada

Pendidikanku.Co.Id – Kata Biografi ini berasal dari bahasa Yunani, yakni kata bios yang artinya adalah hidup dan graphien yang artinya adalah tulis. Biografi sendiri adalah sebuah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi ini dapat diartikan ialah sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Untuk lebih jelasnya baca artikel dibawah ini :

Pengertian Biografi, Ciri, Struktur dan Jenisnya

Pengertian Biografi

Biografi merupakan kisah atau keterangan mengenai kehidupan seseorang. Didalam biografi tersebut dijelaskan dengan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan juga sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, serta segala bentuk yang dihasilkan atau juga yang dilakukan oleh seorang tokoh itu dijelaskan juga. Teks biografi tersebut disusun atau ditulis oleh orang lain, bukan dilakukan oleh diri sendiri.

Biografi ini seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga bercerita mengenai orang yang masih hidup. Biografi ini membutuhkan bahan-bahan utama serta jugajuga bahan pendukung. Bahan utama ini dapat berupa benda-benda, misalnya seperti buku harian, surat-surat, kliping koran, dan juga lain sebagainya. Sedangkan untuk Bahan pendukung itu biasanya berupa biografi lain, buku referensi, sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut dan lain sebagainya.

Bentuk Biografi

Biografi tersebut terdiri dari 2 bentuk yakni biografi singkat dan biografi panjang, yangmana biografi singkat itu hanya berisi mengenai fakta-fakta kehidupan seseorang serta peran yang penting. Sedangkan untuk biografi panjang terbentuk dari informasi penting yang dikisahkan dengan lebih detail serta juga ditulis dengan gaya bercerita yang baik.

Jenis-Jenis Biografi

Biografi ini dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok. Dibawah ini merupakan macam jenis biografi diantaranya sebagai berikut:

Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

  1. Authorized Biography
    merupakan sebuah biografi yang penulisannya itu telah mendapatkan izin atau dengan sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.
  2. Unauthorized Biography
    merupakan sebuah biografi yang penulisannya itu tidak atas izin atau tanpa sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Umumnya penulisan pada unauthorized biography ini dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan sudah meninggal atau wafat.

Biografi Berdasarkan Isinya

  1. Biografi Perjalanan Hidup
    merupakan sebuah biografi yang isinya itu mengenai perjalanan hidup seorang tokoh dengan secara lengkap atau juga dengan mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap sangat berkesan.
  2. Biografi Perjalanan Karir
    merupakan sebuah biografi yang isinya itu mengenai perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan sampai ini. Atau bisa juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas

  • Biografi Politik
    merupakan sebuah biografi yang isinya itu mengenai kisah hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Walaupun dengan melalui riset, pada umumnya biografi politik ini mengandung sarat akan kepentingan penulis atau juga tokoh yang diceritakan.
  • Biografi Intelektual
    merupakan biografi yang isinya itu menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual ini dibuat dengan melalui berbagai riset serta juga penulisannya menggunakan bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik
    merupakan biografi yang penulisannya itu didapatkan dari hasil wawancara secara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisah kehidupannya.

Biografi Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri
    merupakan sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh sang penerbit dengan biaya produksinya mulai dari penulisan, percetakan serta juga pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi ini ialah untuk dijual dipasaran atau juga untuk mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi
    merupakan sebuah biografi tokoh yang biaya penulisannya serta juga biaya produksinya itu ditanggung oleh sponsor. Apabial dilihat dari sisi komersil, biografi jenis ini  tidak akan laku atau juga harga jualnya itu terlalu tinggi sehingga sulit untuk dijangkau.

Struktur Biografi

Dibawah ini merupakan Struktur biografi yang terdiri atas orientasi, peristiwa &masalah, reorientasi. Penjelasannya sebagai berikut :

Orientasi

Orientasi adalah suatu bagian yang mana pada bagian ini menjelaskan mengenai pengenalan tokoh, yang berisi gambaran awal mengenai tokoh yang diceritakan didalam sebuah biografi.

Peristiwa dan Masalah

Bagian peristiwa/kejadian adalah bagian yang berisi mengenai suatu peristiwa /kejadian yang sudah pernah dialami, termasuk itu didalamnya memuat mengenai suatu masalah yang pernah dihadapinya didalam mencapai sebuah tujuan dan juga cita-citanya. Hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, serta juga mengharukan yang pernah dialami tokoh juga dipaparkan pada bagian ini.

Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup dari sebuah biografi. Bagian reorientasi ini menjelaskan mengenai pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi ini memiliki sifat opsional, artinya bagian ini boleh ada atau juga bisa tidak.

Ciri-Ciri Biografi

Dibawah ini merupakan ciri-ciri biografi, diantaranya sebagai berikut :

  • Biografi ini memiliki struktur yang terdiri atau terbentuk atas : orientasi, peristiwa atau masalah, juga reorientasi.
  • Biografi ini menguraikan dengan berdasarkan informasi fakta dan juga disajikan dalam bentuk narasi.
  • Faktualnya (fakta) dengan berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.
  • Hal yang perlu diperhatikan didalam teks biografi, diantaranya sebagai berikut :
    1. Judul biografi
    2. Hal yang menarik serta juga mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
    3. Hal yang mengagumkan serta juga mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
    4. Hal yang bisa untuk di contoh atau menjadi teladan dari kehidupan tokoh.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Biografi, Ciri, Bentuk, Struktur Dan Jenisnya, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Globe, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya
Lihat Juga  √ Hujan Salju : Pengertian, Proses Terjadinya, Manfaat dan Akibatnya
Lihat Juga  √ Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis dan Strukturnya