√ Pengertian Suku, Ciri, dan Macamnya Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Suku. secara umum suku adalah suatu kelompok sosial yang ada disuatu daerah dengan ciri tertentu. Untuk lebih jelasnya dibawah ini selengkapnya :

Pengertian Suku, Ciri, dan Macamnya Menurut Para Ahli

Pengertian Suku

Pengertian suku merupakan kelompok golongan sosial yang terdapat di kalangan masyarakat yang digunakan untuk membedakan suatu golongan yang satu dengan golongan lainnya. Biasanya tiap-tiap suku ini memiliki ciri khas tersendiri. Suku juga dapat diartikan sebagai suatu golongan manusia yang terikat dengan tata kebudayaan masyarakat tertentu. Nah untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dipaparkan pengertian suku yang dikemukakan oleh beberapa para ahli.

Pengertian Suku Menurut Para Ahli

1. Menurut Frederick Barth

Menurutnya suku merupakan himpunan manusia yang memiliki  atau mempunyai kesamaan dari segi ras, agama, asal-usul bangsa, juga sama-sama terikat didalam nilai kebudayaan tertentu.

2. Menurut Hasan Shadily MA

Menurut beliau pengertian suku adalah sekumpulan orang yang dianggap mempunyai atau memiliki hubungan biologis.

3. Menurut Koentjaraningrat

Menurutnya Pengertian suku merupakan sekelompok manusia yang menyatu dengan budaya setempat itu dengan secara sadar, serta biasanya berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sama.

4. Menurut Raroll

Menurut beliau suku itu merupakan golongan manusia yang mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya dengan berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Suatu kelompok tersebut bisa diakui sebagai suku apabila memiliki ciri khas tersendiri didalam hal budaya, bahasa, agama, perilaku, ataupun juga ciri-ciri biologis.

5. Menurut Ensiklopedia Indonesia

Menurut Ensiklopedia Indonesia Pengertian suku adalah kelompok sosial yang memiliki atau mempunyai kedudukan tertentu disebabkan faktor garis keturunan, adat, agama, bahasa, serta lain sebagainya. Biasanya tiap anggota suku itu memiliki kesamaan dalam hal sejarah, bahasa, adat istiadat serta juga dalam tradisi.

Ciri-Ciri Suku

Dibawah ini merupakan ciri khas suatu suku yang membedakannya suku yang satu dengan suku yang lain, diantaranya:

1. Perbedaan ciri fisik

Perbedaan dari ciri fisik ini ialah ciri pertama yang membedakan suatu suku dengan suku lainnya. Tiap-tiap suku itu biasanya mempunyai ciri fisik tersendiri yang membedakannya dengan suku lain. Contohnya seperti saja suku Jepang yang mempunyai warna kulit kuning langsat. Sedangkan untuk suku bangsa Afrika itu kebanyakan mempunyai warna kulit hitam.

2. Perbedaan bahasa

Tiap-tiap suku itu mempunyai cara bahasa tersendiri, baik itu bahasa nasional atau juga bahasa adat. Tidak hanya itu saja, masing-masing dari suku itu biasanya juga mempunyai cara penyampain (logat) bahasa tersendiri. Oleh sebab itulah, kita dapat mengetahui suku seseorang itu dari cara penyampain atau logat yang ia pakai pada saat berbicara.

3. Perbedaan kebudayaan

Selain berbeda dari segi penampilan fisik serta juga bahasa, Tiap-tiap suku juga mempunayai kebudayaan tersendiri yang menjadi salah satu ciri khas dari masing-masing suku. Contohnya, kebudayaan dari suku yang ada di India tentu saja berbeda dengan kebudayaan suku yang ada di Eropa. Perbedaan kebudayaan tersebut dapat kita lihat dari segi adat istiadat, kesenian, serta lain sebagainya.

4. Memiliki wilayah domisili

Kalau untuk Indonesia sekarang ini mungkin sudah banyak tiap suku itu menyebarkan ditiap-tiap daerah, Namun tetap tiap-tiap suku itu memiliki wilayah domisili tersendiri. Contohnya seperti suku Batak yang berdomisili di pulau Sumatera, suku Toraja yang berdomisili di Sulawesi, dan lain sebagai.

Macam Suku Di Indonesia

Dibawah ini merupakan nama-nama suku yang ada di indonesia, diantaranya :

Pengertian Suku, Ciri, dan Macamnya Menurut Para Ahli

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Suku, Ciri, dan Macamnya Menurut Para Ahli, maaf kalau ada penyampain atau kesalahan dalam nama-nama suku yang ada di indonesia. semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat untuk

Lihat Juga  √ Pengertian Tulang Rusuk, Letak, Struktur, Jumlah dan Fungsi
Lihat Juga  √ Pengertian Jaringan Ikat, Ciri, Fungsi, Letak, Komponen & Jenisnya
Lihat Juga  √ Tesaurus Dan Kamus : Pengertian, Ciri, Perbedaan & contohnya