√ Pengertian Fotosintesis, Faktor, Reaksi, Fungsi dan Manfaatnya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – kali ini kita akan membahas fotosintesis, penjelasan selengkapnya mengenai fotosintesis ini akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Fotosintesis, Faktor, Reaksi, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Fotosintesis

Fotosintesis ini ialah suatu proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh suatu tumbuhan yang menggunakan air (H2O), karbondioksida (CO2) dengan membutuhkan bantuan energi yakni cahaya matahari sehingga menghasilkan suatu zat makanan serta juga Oksigen (O2). Atau definisi Fotosintesis yang lainnya merupakan suatu proses meengolah atau juga pembentukan bahan organik ialah seperti karbohidrat yang berasal dari air serta juga karbondioksida dengaan bantuan energi cahaya matahari.

Proses fotosintesis ini dapat dilakukan oleh tumbuhan hijau, alga serta juga bakteri yang mempunyai klorofil (zat hijau daun) pada siang hari. Kenaapa terjadi pada siang hari? karena guna melakukan proses fotosintesis tumbuhaan membutuhkan energi cahaya matahari. Tumbuhan tersebut dapat menyerap energi cahaya matahari disebabkan karena memiliki pigmen yang disebut dengan sebutan klorofil, pigmen inilah yang memberikan warna hijau pada daun tumbuhan. Klorofil tersebut ada dalam organel yang disebut dengan sebutan kloroplas. Umumnya energi dari fotosintesis tersebut dihasilkan pada daun namun tetapi bisa juga terjadi pada organ atau juga bagian tumbuhan lainnya yang memiliki zat hijau.

Macam Reaksi Fotosintesis

Umumnya kebanyakan dari terjadinya suatu proses fotosintesis yang berlangsung di dalam kloroplas itu membutuhkan unsur cahaya matahari untuk dapat membuat glukosa. Namun tetapi terdapat satu lagi proses fotosintesis yang tidak menggunakan cahaya.

Sehingga reaksi fotosintesis itu sendiri terbagai atas reaksi terang serta reaksi gelap. penjelasan selengkapnya sebagai berikut :

1. Reaksi Terang

Reaksi terang ini merupakan suatu reaksi fotosintesis yang membutuhkan bantuan dari cahaya matahari, bisanya reaksi ini akan berlangsung di ruang terbuka yang terkena cahaya matahari dengan secara langsung. Reaksi terang tersebut berlangsung dalam membran tilakoid yang terdapat pada ruang kloroplas. Dalam reaksi tersebut, klorofil itu akan bertugas yakni sebagai penyerap cahaya matahari yang dimanfaatkan untuk dapat mengubah molekul air menjadi oksigen serta juga hidrogen dalam bentuk ATP. Reaksi terang tersebut dapat disebut sebagai fotolis.

2. Reaksi Gelap

Apabila pada reaksi terang itu sangat bergantung pada intensitas cahaya, maka pada reaksi gelap ini merupakan kebalikannya. Pada reaksi gelap ini artinya tidak bergantung pada cahaya matahari, namun tetapi reaksi gelap tersebut tidak akan terjadi apabila tumbuhan itu tidak menjalankan reaksit terang terlebih dahulu. Apabila pada reaksi terang berlangsung di dalam membran tilakoid, maka pada reaksi gelap ini akan berlangsung di bagian stroma kloroplas. Proses yang terjadi pada reaksi gelap ini sangatlah kompleks sama seperti reaksi terang serta adapaun tujuan utama dari reaksi gelap tersebut ialah untuk mengolah karbon dioksida itu untuk dijadikan glukosa.

Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Dibawah ini merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses fotosintesis, diantaranya ialah seperti di bawah ini:

1. Ketersediaan air

Kekurangan kadar air dapat menyebabkan daun layu serta stomata pada daun menutup, sehingga hal tersebut akan menyebabkan penyerapan karbondioksida itu menjadi berkurang.

2. Konsentrasi karbondioksida

Konsentrasi karbondioksida tersebut pun juga bisa/dapat mempengaruhi suatu proses fotosintesis, disebabkan karena, semakin tinggi Konsentrasi karbondioksida itu maka hal itu juga akan semakin meningkatkan laju dari fotosintesis.

3. Intensitas cahaya matahari

Intensitas cahaya matahari ini juga bisa berpengaruh pada proses fotosintesis, disebabkan karena energi cahaya matahari itu sangat dibutuhkan oleh tumbuhan didalam melakukan proses ini. Sebab semakin tinggi intensistas cahaya matahari itu juga maka akan semakin banyak energi yang dibentuk sehingga dapat mempercepat proses fotosintesis. Namun apabila intensitas cahaya itu terlalu tinggi bisa menyebabkan rusaknya klorofil pada tumbuhan.

Fungsi atau manfaat fotosintesis

Fungsi utama dari fotosintesis ialah untuk dapat menproduksi zat makanan yang berupa gulkosa / gula. Disebabkan karena gulkosa itu menjadi bahan yang paling utama di dalam pembuatan zat makanan lainnya seperti lemak serta protein pada tumbuuhan. Zat tersebut itu nantinya akan menjadi makanan untuk manusia serta juga hewan.

Fungsi lain dari fotosintesis ialah bisa utnuk membersihkan udara dari pencemaran dengan cara mengurangi kadar karbondioksidan di udara disebabkan karena karbondioksida itu merupakan bahan yang dibutuhkan oleh tumbuhan hijau dalam melakukan fotosintesis. Serta sebagai hasilnya selain zat makanan itu akan dihasilkan juga Oksigen yang sangat diperlukan dalam kelangsungan hidup manusia serta juga hewan di muka bumi.

Kemampuan tumbuhan didalam melakukan fotosintesis selama hidupnya itu membuat sisa-sisa tumbuhan yang hidup di masa lampau itu tertimbun oleh tanah selama berjuta-juta tahun serta akan menjadi batubara yang dapat digunakan oleh manusia yakni sebagai sumber enegri.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Fotosintesis, Faktor, Fungsi Beserta Manfaatnya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga  √ Pengertian Karbonasi, Manfaat, Kerugian, dan Tujuan
Lihat Juga  √ Pengertian Ekonomi Mikro, Peran, Komponen, Teori, Tujuan dan Ruang Lingkup
Lihat Juga  √ Bunyi : Pengertian, Syarat, Kecepatan, Sifat, Jenis, dan Rumus Cepat Rambat