√ Pengertian Kloroplas, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Saat ini kembali kita akan membagikan penjelasan mengenai Kloropas, tidak hanya pengertiannya saja namun juga dilengkapi juga dengan fungsi dan struktur dari kloropas, penjelasan selengkapnya  dibawah ini :

Pengertian Kloroplas, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Pengertian Kloroplas

Pengertian Kloroplas adalah sebuah organ pada sel yang hanya terdapat didalam tumbuhan. Kloroplas ini berfungsi sebagai berlangsungnya fotosintesis. Kloroplas ini merupakan organel yang memiliki membran ganda. Kloroplas sendiri terdapat pada hampir semua jenis tumbuhan namun tidak umum dalam semua sel. Jika ada, maka tiap-tiap sel dapat mempunyai satu sampai lebih plastid.

Pada tumbuhan tinggi seperti tumbuhan yang berbunga serta tumbuhan paku, kloroplas sendiri umumnya berbentuk seperti cakram yang mempunyai diameter itu kira-kira 2 x 5 mm, dan terkadang dapat lebih besar, kloroplas itu tersusun atas lapisan tunggal dalam sitoplasma dan terkadang mempunyai bentuk dan posisi yang berubah – ubah karena dipengaruhi dari intensitas cahaya. Kloroplas tersebut memang mempunyai bentuk yang berubah – ubah hal ini bisa kita lihat pada ganggang yang terkadang memiliki bentuk spiral, mangkuk, bintang, dan juga terkadang menyerupai jaring tergantung dari intensitas cahaya yang diterima pada ganggang tersebut.

Secara khusus kloroplas dewasa itu mempunyai membran stroma, disinilah terjadi reaksi – rekasi gelap pada saat fotosintesis. Dalam stroma itu terdapat sejumlah grana, yang pada masing – masingnya itu terdiri dalam setumpuk tilakoid berupa gelembung yang memiliki membran, pipih dan juga cakram. Membran tilakoid sendiri menyimpan pigmen – pigmen fotosintesis dan juga sistem transpor elektron yang terdapat dalam fasa fotosintesis yang sangat tergantung pada cahaya matahari.

Fungsi Kloroplas

Kloroplas inni adalah tempat – tempat untuk proses fotosintesis. Fotosintesis tersebutt memerlukan energi cahaya matahari diserap oleh klorofil untuk bisa diubah menjadi energi kimia yang kemudian disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lain yang sangat penting dan dibutuhkan tumbuhan. Reaksi yang terjadi pada fotosintesis tersebut merupakan reaksi pebentukan ATP yang melibatkan 2 transpor yakni transpor elektron serta tanspor hidrogen dalam senyawa seperti sitokrom & NADH.

Struktur Kloroplas

Setelah mengerti mengenai pengertian dan fungsi dari kloroplas kita juga harus mengetahui struktur dari kloroplas, Komponen Utama Dari Kloroplas ini diantaranya :

1. Membran Terluar

Membran luar didalam struktur kloroplas ini ialah membran yang sangat permeabel. Membran permeable ini adalah tipe membran sel yang bisa dilalui oleh semua zat baik itu zat padat atau juga zat cair tanpa terkecuali.

2. Ruang antar membran

Ruang antar mebran ini merupakan bagian dari kloroplas yang menjadi pembatas/penghalang antara membran didalam ataupun membran luar. Ruang antar membran tersebut terletak antara membran dalam serta membran luar yang memisahkan menjadi dua (2) bagian yang berbeda.

3. Membran Dalam

Membran dalam ini merupakan bagian kloroplas yang mempunyai fungsi yakni untuk pembatas antara stroma serta juga sitosol.

4. Stroma

Stroma ini merupakan suatu bagian membran dalam yang membungkus cairan kloroplas. Di dalam stroma inilah terjadinya reaksi gelap. Stroma merupakan bahan dasar (matriks) kloroplas tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis untuk penyimpanan hasil fotosintesis yang berupa amilum (pati).

5. Tilakoid

Tilakoid merupakaann bagian membran dalam yang mempunyai fungsi sebagai tempat reaksi terang dan juga perperan dalam menangkap cahaya matahari guna proses fotosintesis.

6. Granum

Granum ini merupakan bagan yang berupa kumpulan tilakoid yang bertumpuk – tumpuk kayak uang logam. Granum sendiri ialah sistem membran yang meempunyai fungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

7. DNA Plastida

DNA plastida ini adalah bagian kloroplas yang merupakan gen pembawa sifat pada plastida, yang berfungsi untuk replikasi kloroplas serta juga pembelahan sel kloroplas. Dalam kloroplas ini terdapat DNA yang mempunyai bentuk sirkular serta tidak mempunyai histon. Dalam satu kloroplas ini terdapat sekitar 20-100 DNA sirkular.

8. Ribosom
Ribosom merupakaan bagian dari membran dalam kloroplas yang mempunyai fungsi ialah sebagai sintesis protein.

9. Plastoglobula

Plastoglobula ini adalah senyawa kimiawi yang terkandung di dalam kloroplas. Senyawa plastoglobula tersebut tersusun dari lipid yang berbentuk globul.

10. Pati

Amilum atau disebut dengan pati ini adaaalah produk dari hasil fotosintesis tumbuhan.

Cara Kerja

Kloroplas merupakan situs fotosintesis. Bagian dari reaksi fotosintesis ini terjadi pada membran internal dalam organel. Kloroplas iitu mengandung banyak dari membran internal, membuat fotosintesis itu sangat efisien. Membran internal yang menumpuk di atas satu sama lain. Fotosintesis merupakan suatu proses biokimia yang dilakukan makhluk hidup berklorofil untuk dapat memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. Fotosintesis ini adalah salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi gula ialah sebagai molekul penyimpan energi. Dibawah ini merupaakan reaksi kimia singkat dari proses fotosintesis

12H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Kloroplas, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya, semoga apa yang dipaparkan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Lihat Juga  √ Pengertian Motivasi, Jenis, Faktor, dan Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Revolusi Bumi, Proses, Akibat Beserta Manfaatnya
Lihat Juga  √ Pengertian Motif Ekonomi, Perbedaan, Macam dan Tujuannya