√ Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Manfaat, Cara, dan Tahapannya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai manajemen strategi, manajemen strategi ini biasanya digunakan oleh organisasi atau perusahaan supaya dapat mencapai tujuannya, untuk lebih jelas mengenai manajemen strategi ini, diantaranya sebagai berikut :

Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Manfaat, Cara, dan Tahapannya

Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Strategi ini merupakan suatu proses atau rangkaian aktivitas atau juga kegiatan pengambilan keputusan yang memiliki sifat mendasar serta menyeluruh, disertai juga dengan penetapan cara pelaksanaannya, yang dibuat oleh sang pimpinan organisasi dan yang akan diimplementasikan oleh semua jajaran di dalam organisasi atau perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan.

Beberapa ahli juga mendefinisikan manajemen strategi atau manajemen strategik ialah sebagai seni atau ilmu pengetahuan didalam merumuskan, mengimplementasikan, dan juga evaluasi terhadap segala macam keputusan lintas fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi tersebut untuk mencapai tujuan.

Manajemen strategis ini berfokus kepada proses penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat sertas mengembangkan kebijakan dan juga perencanaan dalam mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya untuk bisa menerapkan kebijakan serta juga merencanakan pencapaian tujuan organisasi.

Penerapan strategi yang baik serta tepat sasaran sangat dibutuhkan untuk aktivitas apapun, terutama didalam menjalankan bisnis. Strategi yang tepat dan disusun dengan secara terorganisir akan membuat sebuah organisasi tersebut dapat lebih mudah melaksanakan misi dalam mencapai tujuan.

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu manajemen pernah menjelaskan mengenai definisi manajemen strategis, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Menurut J. David Hunger

Pengertian manajemen strategi ini merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah organisasi/perusahaan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, pada intinya itu bahwa definisi manajemen strategi ini ialah suatu tindakan perencanaan beserta pengaturan strategi yang efektif yang dilakukan agar tujuan bisnis itu tercapai dan tentunya bisnis tersebut juga dapat berlangsung dalam waktu yang lama.

2. Menurut Thomas Wheelen and Co (2010)

Pengertian manajemen strategi merupakan serangkaian keputusan manajerial dan juga berbagai kegiatan atau aktivitas yang menentukan keberhasilan organisasi/perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan atau aktivitas tersebut termasuk perumusan/perencanaan strategi, pelaksanaan/ implementasi strategi, serta juga evaluasi.

3. Menurut Nawawi

Pengertian manajemen strategi merupakan sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk dapat mencapai tujuan masa depan, serta juga didefinisikan ialah sebagai sebuah keputusan yang fundamental.

Perencanaan itu akan  memungkinkan organisasi/perusahaan untuk dapat menjalankan misi dalam salah satu cara untuk bisa menghasilkan sesuatu, (perencanaan operasional untuk bisa menghasilkan barang dan/atau jasa) kualitas, serta juga optimasi yang diarahkan pada pencapaian tujuan strategis organisasi/perusahaan.

4. Menurut Bambang Haryadi (2003)

Pengertian manajemen strategi merupakan sebuah proses yang disusun dengan secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, serta juga melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian kegiatan atau aktivitas tersebut bertujuan untuk dapat mewujudkan visi serta misi sebuah organisasi.

5. Menurut Mulyadi (2001)

Pengertian manajemen strategi ini merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh sang manajer serta pegawai untuk merumuskan dan juga melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk dapat mewujudkan visi organisasi.

Tujuan Manajemen Strategi

Setelah tau mengenai pengertian manajemen strategis, tentunya kita juga harus mengetahui apa tujuannya. Seperti namanya, didalam manajemen startegis seorang manajer itu bertugas untuk menyusun serangkaian strategi perusahaan serta juga biasanya lebih dikaitkan dengan pemasaran.

Manajer tersebut menyusun, mengatur, mengimplementasi serta juga mengevaluasi strategi-strategi yang sudah disepakati dengan tujuan bisa mencapai target.

Dibawah ini merupakan 4 tujuan utama manajemen startegis dalam bisnis:

  • Memberikan Arah dalam Mencapai Tujuan
  • Menjaga Kepentingan Berbagai Pihak
  • Mengantisipasi Setiap Perubahan Secara Merata
  • Berkaitan Dengan Efektivitas dan Efisiensi

Pada pelaksanaannya tujuan manajemen strategis ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk mengimplementasikan serta juga melakukan evaluasi strategi yang sudah dipilih secara efektif dan juga efisien
  2. Bertujuan untuk dapat mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, melakukan koreksi serta juga penyesuaian apabila ditemukan penyimpangan didalam implementasi strategi
  3. Untuk membuat strategi baru yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal
  4. Bertujuan untuk meninjau ulang kekuatan serta juga kelemahan organisasi/perusahaan, melihat peluang serta juga ancaman dalam bisnis
  5. Supaya organisasi/perusahaan bisa berinovasi atas produk atau juga layanan sehingga dapat terus diterima oleh konsumen.

Manfaat Manajemen Strategi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, manajemen strategi ini sangat diperlukan untuk berbagai kegiatan atau aktivitas untuk bisa mencapai tujuan dengan maksimal. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat manajemen strategi:

  1. Manajemen strategi ini dapat menghasilkan keputusan terbaik bagi organisasi
  2. Kegiatan atau aktivitas merumuskan strategi tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan organisasi/perusahaan didalam menghadapi berbagai tantangan
  3. Keterlibatan pegawai didalam merumuskan strategi akan membuat merek mengerti serta juga menghargai produktivitas yang pada akhirnya meningkatkan motivasi kerja
  4. Implementasi manajemen strategi ini akan membuat organisasi/perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman dari luar
  5. Manajemen strategi yang baik itu akan membantu mencegah segala macam masalah yang berasal dari dalam ataupun juga masalah dari luar
  6. Implementasi manajemen strategi ini akan membuat proses operasional organisasi/perusahaan iyu menjadi lebih efektif dan juga efisien
  7. Strategi manajemen itu membantu organisasi/perusahaan untuk dapat beradaptasi terhadap suatu perubahan
  8. Pelaksanaan manajemen strategi ini juga akan membuat organisasi/perusahaan lebih profitable ketimbang organisasi/perusahaan yang belum menerapkannya

Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

Seorang pemula dalam dunia bisnis yang terutama pada skala yang kecil, biasanya akan cenderung mengabaikan dasar-dasar dalam melakukan bisnis. Mereka cenderung memulai bisnis itu tanpa rencana, hanya dengan menetapkan sasaran tanpa membuat sebuah strategi.

Didalam sebuah organisasi/perusahaan terutama pada bisnis komersial tentu mereka akan menyusun manajemen strategis karena memang hal tersebut sangat dibutuhkan. Nah dibawah ini merupakan beberapa tahapan dalam proses membuat atau menyusun manajemen strategis:

1. Merumuskan Strategi

Pada tahap ini organisasi/perusahaan akan melakukan pengembangan visi serta juga misi, melakukan analisis SWOT, menentukan serta juga menetapkan tujuan jangka panjang organisasi, serta juga beberapa strategi alternatif lainnya.

2. Menerapkan Strategi

Pada tahap ini, strategi yang sudah ditetapkan setelah itu diimplementasikan contohnya

  1. merancang struktur organisasi,
  2. distribusi sumber daya,
  3. membuat kebijakan,
  4. pengembangan proses pengambilan keputusan,
  5. engelolaan sumber daya manusia,
  6. usaha pemasaran, dan lainnya.

3. Mengevaluasi Strategi

Lingkungan juga terus berubah seiring berjalannya waktu maka hal yang diperlukan ialah evaluasi secara berkala. Tujuannya ialah untuk dapat melihat faktor-faktor baik itu secara internal atau juga eksternal perusahaan.

Terdapat tiga (3) kegiatan atau aktivitas utama dalam evaluasi strategis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengkaji ulang segala macam faktor internal dan eksternal yang menjadi landasan atau pedoman perumusan strategi yang sudah diterapkan sebelumnya
  2. Mengukur kinerja saat ini
  3. Melakukan upaya perbaikan terhadap kekurangan kinerja sebelumnya demi keberhasilan di masa depan

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif

Sekarang kita sudah paham mengenai pengertian manajemen strategi serta pentingnya strategi didalam menjalankan suatu bisnis. Namun tetapi, kita belum memiliki langkah yang baik didalam menyusun strategi bisnis yang baik.

Dibawah ini merupakan cara bagaimana menyusun strategi bisnis yang efektif:

1. Berpikir Kritis

Seseorang yang berfikir kritis itu akan lebih mudah dalam mengetahui masalah-masalah yang sedang terjadi. Dengan mengetahui masalah(problem), seseorang yang berfikir kritis nantinya akan berusaha mencari jalan keluar.

Nah, didalam menjalankan strategi yang baik, seseorang perlu berfikir kritis supaya dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam lingkup internal atau juga eksternal sehingga akan mengurangi resiko kegagalan di dalam bisnis

2. Berpikir Kreatif

Didalam menjalankan usaha bisnis, kita itu dituntut selain berfikir kritis juga harus berfikir kreatif terutama dalam menentukan jenis produk atau juga barang yang akan diproduksi. Kelebihan sebuah produk atau juga jasa dan juga kebutuhannya dalam kehidupan masyarakat mampu untuk membantu menarik minat mereka untuk menggunakannya.

3. Berani Mengambil Resiko

Bisnis merupakan dunia yang keras, penuh liku serta juga tidak ada yang berjalan mulus. Untuk dapat memulai suatu bisnis itu dibutuhkan orang-orang yang berani mengambil resiko.

Orang yang ragu akan mengalami kesulitan bahkan untuk memulai usahanya pun akan sulit. Akan tetapi, pada pelaksanaannya seseorang yang berani dalam mengambil resiko juga perlu bekerja keras supaya usaha yang dijalankan itu dapat menghasilkan.

4. Berpikir Terbuka dan Oportunis

Berpikir terbuka juga sangat penting dalam bisnis, terutama melihat bisnis anda dalam sudut pandang yang berbeda supaya dapat menimbulkan atau memunculkan ide baru. Orang yang berfikir terbuka itu akan lebih mudah bangkit serta juga membangun terhadap kritik dari orang lain. Seseorang yang oportunis itu akan lebih mudah dalam mencari serta juga memanfaatkan peluang yang ada.

5. Menjadi Orisinil

Menciptakan produk yang bisa menjadi ciki khas dari usaha yang sedang digeluti tanpa perlu menjiplak orang lain, karena hal tersebutlah yang akan membedakan produk Anda dari produk lain di mata konsumen.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Manfaat, Cara, dan Tahapannya, semoga apa yang dipaparkan mengenai manajemen strategi dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Lihat Juga  √ Pengertian Majas Personifikasi, Ciri, Beserta 25 Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Kalimat Imperative, Fungsi, Ciri, Macam dan Contoh
Lihat Juga  √ 8 Konsep Dasar Akuntasi, Pengertian, Tujuan dan Prinsipnya