√ Pengertian Otak Kiri, Struktur, Fungsi dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Sebelumnya juga kita sudah membahas mengenai Pengertian Otak Kanan, Nah pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Pengertian Otak Kiri yang dilengkapi juga dengan beberapa point penting seperti Stuktur, Fungsi dan Cara Kerja Otak Kiri, penjelasan selengkapnya akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Otak Kiri, Struktur, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Otak Kiri

Otak kiri ini merupakan bagian dari otak besar (cerebrum) yang berada pada posisi sebelah kiri. Otak kiri juga merupakan salah satu organ terpenting pada bagian tubuh yang memiliki peran dalam mengontrol seluruh pusat dari sistem syaraf serta juga struktur sel saraf. Otak kiri ini mempunyai tugas untuk regulasi sebagian tindakan yang dilakukan oleh tubuh serta juga mengatur fungsi dari berbagai organ.

Struktur Otak Kiri

Struktuk otak kiri ini sangat kompleks, memiliki jutaan sel sistem saraf pada manusia serta neuron yang saling bekerja sama dalam melakukan tugasnya. Bentuknya ini separuh dari bagian otak besar yang berhubungan saling berhubungan pada syaraf serta juga jaringan di otak kanan. kita pasti tau bahwa pengertian jaringan saraf ini berhubungan dengan bagian penting dari organ tubuh lainnya. Apabila memiliki otak kiri yang sehat, tentu hal tersebut akan mendorong kesehatan serta memaksimalkan fungsi dalam berfikir.

Antara neuron satu dengan yang lain itu saling terikat, sehingga akan terlihat seperti rantai yang tidak pernah terputus. Neuron yang satu itu membawa informasi ke neuron lainnya serta juga membawa bahan kimia yang yang disebut dengan neurotransmitter. Ratusan juta neuron yang saling terkait di dalam struktur otak kiri itu yang bertugas di dalam membawa segala macam informasi ke otak.

Fungsi Otak Kiri

Otak kiri ini mempunyai fungsi yang luas serta sakral dalam aktifitas manusia, tanpa otak kiri, manusia juga tidak akan mungkin untuk hidup serta berkembang. Berikut bermacam fungsinya :

Pengontrolan

Mengontrol tubuh bagian kiri, seluruh organ tubuh itu berada dalam kontrol otak kiri, Apabila terjadi kerusakan pada otak kiri tentu dampaknya ialah gangguan kesehatan seperti misalnya syaraf mati atau lumpuh pada tubuh bagian kiri.

Keterampilan Angka Angka

Otak kiri ini berperan di dalam segala materi atau bidang pembelajaran yang berhubungan dengan suatu perhitungan. Otak kiri ini mampu menganalisa dan menghitung dengan sangat matang, misalnya seperti dalam pembelajaran matematika, fisika, kimia, serta juga sains. Orang yang menguasai bidang tersebut ialah orang yang otak kirinya lebih dominan (lebih berperan).

Sebagai Pengambil Tindakan yang Mengandalkan Logika dan Rasio

Berperan di dalam membuat pertimbangan, di dalam memberi kekuatan serta tekad untuk disiplin, dan juga berfikir secara teknis serta penuh aturan. Otak kiri ini mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia untuk berbuat serta melakukan sesuatu dengan secara sistematis dengan mengandalkan logika serta rasio.

Pusat Inteligent Quotient (IQ)

Pusat IQ ini merupakan pusat kecerdasan yang mencakup sifat pikiran yang berhubungan dengan kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berfikir abstrak, serta memahami bahasa. Hal tersebut berkaitan erat dengan kemampuan kognitif masing – masing individu.

Obyektifitas

Orang yang lebih dominan dalam menggunakan otak kiri ini umumnya memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain itu dengan menggunakan logika rasional di dalam mengidentifikasi penyebab masalah serta kemudian berfikir cara mengatasinya, intinya orang itu ialah orang yang detail oriented.

Menulis dan Membaca

Kemampuan dalam menulis serta membaca ini juga merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang memerlukan pemikiran serta konsentrasi untuk menyusun dan juga memahami berbagai kata yang nantinya akan terekam di dalam ingatan serta  menjadi bahan untuk berfikir selanjutnya dengan secara logis sesuai ilmu atau pandangan yang didapat sebelumnya. Membaca serta menulis ini merupakan kecerdasan yang ditanamkan sejak kecil yang nantinya akan mengalami perkembangan itu sesuai kemampuan dari tiap tiap individu. Kemampuan itu dipengaruhi serta dijalankan fungsinya oleh otak kiri.

Cara Kerja Otak Kiri

Kamu tentu berfikir, bagaimana serta seperti apa otak kiri ini bekerja sehingga mampu menghasilkan kecerdasan yang luar biasa dan juga berbeda beda pada tiap orang. Adapun cara kerja dari otak kiri ini ialah dengan menggunakan daya ingat yang memiliki sifat jangka pendek (short term memory) sehingga akan berpengaruh pada fungsi berbicara, berbahasa, serta matematika. Jutaan sel sel di dalam otak kiri ini mampu memproses informasi yang memiliki sifat logis, lineal, serta rasional.

Otak kiri ini bekerja dengan memproses dunia dengan berdasarkan realitas yang menghasilkan penafsiran abstrak serta simbolis sehingga menjurus pada kemampuan di dalam melakukan tugas tugas itu dengan secara teratur dengan detail dan fakta.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Otak Kiri, Struktur, Fungsi dan Cara Kerjanya, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk teman-teman semua, terima kasih.

Lihat Juga  √ Pengertian Etika Bisnis, Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Menurut Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Promosi, Tujuan, dan Jenisnya Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Dropship, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangannya