√ Pengertian Ekonomi Mikro, Peran, Komponen, Teori, Tujuan dan Ruang Lingkup

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kali ini kita akan membahas mengenai EKONOMI MIKRO, penjelasan mengenai ekonomi mikro ini juga dilengkapi dengan beberapa point penting untuk itu penjelasannya dibawah ini :

Pengertian Ekonomi Mikro, Peran, Komponen, Teori, Tujuan dan Ruang Lingkup

Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro ini merupakan ilmu ekonomi yang khusus mempelajari tentang perilaku konsumen serta perusahaan dan juga penentuan harga-harga pasar serta  kuantitas faktor input, barang serta jasa yang diperjual-belikan.

Ekonomi mikro atau juga mikroekonomi ini secara langsung berpengaruh terhadap adanya pengambilan keputusan dalam hal penawaran serta juga permintaan barang atau jasa. Sehingga dari definisi ekonomi mikro itu mempunyai tujuan utama bagi perusahaan yakni untuk dapat menganalisis pasar serta juga bagaimana mekanismenya untuk membentuk harga relatif produk serta jasa.

Beberapa aspek analisis didalam ekonomi mikro ini diantaranya :

  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori permintaan dan penawaran
  • Elastisitas
  • Model-model pasar
  • Industri
  • Teori produksi
  • Teori harga

Adanya peran ekonomi mikro dalam bisnis tersebut dapat membantu menganalisis kegagalan pasar serta juga menjelaskan secara teoritis kondisi dalam pasar persaingan sempurna.

Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu ekonomi juga pernah menjelaskan mengenai pengertian ekonomi mikro, diantaranya seperti:

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, ekonomi mikro merupakan subjek ekonomi yang selalu sifatnya itu ekonomis rasional. Hal tersebut mengakibatkan para pelaku ekonomi itu harus mempertimbangkan hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.

2. David Ricardo

Menurut David Ricardo pengertian ekonomi mikro ini ialah suatu kondisi yang mana para pelaku ekonomi sudah mempunyai informasi mengenai seluk beluk sebuah pasar. Dengan begitu ekonomi makro tersebut merupakan faktor penentu dari pasa ekonomi global.

3. Marshal dan Piqou

Menurut Marshal dan Piqou, pengertian ekonomi mikro ini ialah tingkat mobilitas yang tinggi didalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi tersebut dapat langsung beradaptasi atau juga menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

4. N. G. Mankiw

Menurut N. G. Mankiw menyatakan bahwa pengertian ekonomi mikro ini merupakan ilmu yang membahas tentang/mengenai peran individu-individu pelaku ekonomi, bagaimana rumah tangga serta perusahaan membuat keputusan, dan juga bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu.

5. Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno pengertian ekonomi mikro ini ialah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dan juga penentuan harga-harga pasar serta kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual-belikan.

Mikroekonomi ini menganalisis bagaimana segala keputusan dan juga perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan juga permintaan atas barang dan jasa yang akan menentukanharga, menentukan penawaran serta juga permintaanbarang dan jasaselanjutnya.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro merupakan konsumen dan produsen. Didalam dunia ekonomi, produsen serta konsumen ini ialah individu-individu pada rumah tangga, masyarakat, organisasi atau perusahaan.

Mikroekonomi ini mengkaji perilaku penjual serta pembeli, termasuk interaksi keduanya dalam pasar faktor produksi. Sederhananya, ruang lingkup ekonomi ini meliputi beberapa hal berikut:

  • Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar
  • Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran
  • Teori perilaku konsumen
  • Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba
  • Pasar persaingan sempurna
  • Pasar monopoli
  • Pasar oligopoli
  • Pasar persaingan monopolistik
  • Permintaan akan input
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan

Tujuan Ekonomi Mikro

Beberapa tujuan dari ekonomi mikro ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Melakukan analisis terhadap mekanisme pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang serta jasa, dan juga alokasi dari sumberterbatas diantara banyaknya penggunaan alternatif
  2. Melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu saat pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.

Teori Ekonomi Mikro

Setelah memahami mengenai pengertian ekonomi mikro serta tujuannya, tentunya kita juga perlu untuk mengetahui apa saja yang dianalisis didalam mikro ekonomi. Analisis ekonomi mikro (mikroekonomi) ini terbagi menjadi tiga, diantaranya diantaranya :

1. Teori Harga

Harga ini digunakan ialah sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran serta juga permintaan barang atau jasa yang terdapat dalam pasar dan juga faktor yang dapat mempengaruhinya. Analisis dilakukan terhadap:

  • Proses pembentukan harga
  • Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi perubahan permintaan serta penawaran
  • Hubungan antara harga permintaan dan penawaran
  • Bentuk-bentuk pasar
  • Konsep elastisitas permintaan dan penawaran

2. Teori Produksi

Teori produksi ini juga digunakan ialah sebagai dasar untuk melakukan analisis biaya produksi serta tingkat dari produksi. Analisis tersebut dilakukan terhadap:

  • Semua yang berhubungan dengan biaya produksi barang dan jasa
  • Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen
  • Kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal

3. Teori Distribusi

Teori distribusi ini tujuannya diantarnya untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhubungan dengan upah tenaga kerja, besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, serta juga besarnya keuntungan yang didapatkan oleh produsen.

Komponen Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Didalam penerapannya pada bidang bisnis, ekonomi memiliki 3 komponen utama yang harus dipahami diantaranya sebagai berikut :

1. Interaksi di Pasar Barang

Apabila dilihat dari segi ekonomi mikro, perekonomian ini terdiri dari berbagai pasar termasuk pasar barang. Aktivitas tawar menawar diantara seperti penjual serta pembeli hingga terbentuk kesepakatan harga termasuk didalam interaksi pasar barang.

Ekonomi mikro disini juga penting untuk mendalami interaksi yang terjadi di pasar yang mana secara lebih jauh akan mempengaruhi kebijakan pengambilan keputusan terkait harga produk didalam perusahaan.

2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli

Seperti pada pengertian ekonomi mikro ialah sebagai teori yang mempelajari tingkah laku penjual serta  pembeli, sehingga ekonomi mikro ini tentu berkaitan  dengan perilaku produsen serta konsumen di pasar dengan tujuan berbeda.

Ekonomi mikro ini membahas bagaimana konsumen itu harus memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang dipunya, sementara produsen itu berupaya untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

3. Interaksi di Pasaran

Dalam hal ini ekonomi mikro tersebut menjelaskan teori mengenai interaksi konsumen serta produsen yang melibatkan faktor-faktor produksi seperti misalnya sumber daya alam, sumber daya manusia, modal serta juga  kewirausahaan.

Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis

Dari komponen-komponen utama tersebut, sehingga ekonomi mikro ialah sebagai teori di pasar berpengaruh terhadap perusahaan. Beberapa peran ekonomi mikro didalam bisnis atau juga perusahaan diantaranya sebagai berikut :

1. Merumuskan Kebijakan

Ekonomi mikro dapat  menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan perusahaan terkait dengan harga serta upah dalam pengelolaan sumber daya. Dengan adanya teori ekonomi mikro atau mikroekonomi tersebut dapat dijadikan sumber informasi untuk bisa/dapat mempelajari interaksi di pasar serta juga bagaimana campur tangan pemerintah sehingga bisa membentuk kebijakan perusahaan yang strategis dan juga inovatif.

2. Menyusun Prediksi

Dari pengertian ekonomi mikro tersebut juga sudah dijelaskan yakni sebagai sumber informasi interaksi di pasar. Sehingga dengan adanya ekonomi mikro itu maka sebuah perusahaan dapat menyusun strategi juga prediksi untuk kedepannya.

Ekonomi mikro tersebut juga dapat membantu memprediksi kemungkinan a[a yang akan terjadi di pasar, contohnya seperti dalam hal trend produk.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Dengan melalui ekonomi mikro atau mikroekonomi ini juga maka dengan secara tidak langsung perusahaan tersebut bisa/dapat memahami bagaimana kebutuhan konsumen. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap kemampuan produk dan jasa itu bisa bertahan di pasar.

4. Mengetahui Perputaran Barang

Ekonomi mikro juga dapat menjadi alat untuk mengetahui perputaran produk. Apabila ingin bertahan di pasar, maka perusahaan tersebut harus mengawasi produk yang dijual itu tetap berada dijalurnya, tujuannya ialah untuk menghindari kecurangan dari pesaing.

5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Produktivitas perusahaan ini dapat tercapai dengan dorongan berbagai aspek seperti misalnya SDM yang berkualitas, produk yang terjamin kualitasnya serta lainnya. Sehingga dengan meningkatnya produktivitas tersebut bisa meningkatkan keuntungan perusahaan itu secara maksimal.

Sekian dan Terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Ekonomi Mikro, Peran, Komponen, Teori, Tujuan, dan Ruang Lingkup, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Perencanaan, Fungsi, Tujuan, Beserta Jenisnya
Lihat Juga  √ Pengertian Sel Saraf, Struktur, Bagian, Fungsi dan Jenisnya
Lihat Juga  √ Pengertian Chauvinisme, Sejarah, Dampak Beserta Cirinya