WA Web

Diposting pada

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang begitu digemari pengguna smartphone hampir di seluruh dunia. Menariknya saat ini WhatsApp juga bisa digunakan pada perangkat PC atau laptop dengan sebutan WA Web.

wa-web

Saat ingin menggunakan WhatsApp versi web ini, maka pengguna perlu memiliki akun di dalam perangkat smartphone terlebih dahulu. Barulah nantinya bisa langsung melakukan scan barcode agar bisa menggunakan WhatsApp pada perangkat PC maupun laptop yang digunakan.

 

Apa yang Dimaksud WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah fitur WA yang sangat memungkinkan bagi setiap penggunanya untuk dapat melakukan sinkronisasi antara smartphone dengan PC atau laptop via browser. Dengan demikian, maka Anda tetap dapat mengakses obrolan menggunakan WA di PC atau laptop tersebut.

Tentu saja WhatsApp versi web ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang gemar menghabiskan waktu di perangkat PC dan laprtop. Terutama bagi kalangan pebisnis, maka WhatsApp ini akan menjadi sarana berkomunikasi secara mudah dan efisien.

Misalnya, ketika Anda perlu berkirim tugas menggunakan WhatsApp. Saat menggunakan fitur WA ini, pastinya akan terasa lebih simpel. Pekerjaan gampang terselesaikan dan target menjadi lebih praktis dicapai.

 

Kelebihan yang Diperoleh Penggunaan WhatsApp Web

Tiap-tiap aplikasi tentu akan mempunyai nilai plus dan minus. Sama halnya seperti WhatsApp Web. Kelebihan yang bisa diperoleh pengguna ketika memakai WhatsApp memang cukup banyak. Beberapa kelebihan tersebut di antaranya seperti berikut.

  1. Lebih Hemat Waktu

Penggunaan WhatsApp Web rupanya jauh lebih bisa untuk menghemat waktu. Khususnya bagi Anda yang memiliki pekerjaan banyak di depan PC seperti halnya mengetik file, membuat dokumen hingga mengirimkannya kepada klien.

Lihat Juga  √ Pengertian Talamus

Lebih-Hemat-Waktu

Dengan memakai WhatsApp Web seperti ini, maka Anda tidak perlu repot-repot lagi membuka ponsel untuk memberi kabar kepada klien. Semuanya bisa praktis dilakukan dengan menggunakan WhatsApp Web tersebut.

  1. Mengetik Cepat

WA versi web ini sangat memungkinkan setiap penggunanya untuk dapat mengetik secara cepat. Pastinya mengetik dengan keyboard laptop atau PC akan jauh lebih cepat ketimbang mengetik dengan keyboard ponsel. Mengetik dengan keyboard ponsel akan sering mengalami typo.

Mengetik-Cepat

Keyboard PC atau laptop terbilang cukup luas ketimbang keyboard ponsel dengan segala keterbatasannya. Dengan mengetik menggunakan keyboard yang lebih luas, tentu sangat mudah bagi pengguna agar dapat menuliskan kalimat menggunakan 10 jari.

  1. Pemakaian Ringan

Bukan hanya manfaat praktis saja, WhatsApp Web juga merupakan aplikasi yang penggunaannya sangat ringan. Hal ini karena aplikasi ini lebih condong dengan basis situs tertentu. Maka dari itu, wajar sekali jika aplikasi ini dikatakan sangat ringan dan begitu hemat kuota.

Pemakaian-Ringan

Dengan demikian, aplikasi ini akan mendukung seberapa kecil pun spek perangkat PC maupun laptop yang Anda gunakan. Yang terpenting adalah pastikan bahwa smartphone Anda bisa mencukupi kriteria minimum penggunaan WhatsApp Web.

  1. Berkirim File Langsung dan Cepat

Untuk file-file yang dibuat di PC atau laptop nantinya akan sangat mudah apabila dikirim menggunakan aplikasi ini. Mulai dari dokumen Word, Excel, Ppt, Adobe, foto dan sebagainya bisa lebih praktis dan langsung dikirim melalui WA ini.

Berkirim-File-Langsung-dan-Cepat

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot memindahkannya ke ponsel agar bisa mengirimkan file tersebut. Langsung saja pilih file mana yang hendak dikirim dan langsung klik kirim ke penerima yang diinginkan. Mudah sekali, bukan?

 

Kekurangan yang Diperoleh Penggunaan WhatsApp Web

Tidak memungkiri bahwa juga ada kekurangan yang dimiliki oleh WhatsApp Web. Jadi, selain nilai plus juga terdapat nilai minus yang memungkinkan Anda untuk tahu informasi mendetail tentang aplikasi ini seperti berikut.

  1. Bergantung Ponsel

Walaupun memang digunakan melalui web pada dekstop PC atau laptop, tetap saja WA ini bergantung dengan ponsel. WhatsApp ini tidak dapat berjalan sendiri. layanan WhatsApp mutakhir ini tetap harus terkoneksi dengan akses internet pada ponsel pintar Anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Manfaat, Cara, dan Tahapannya

Bergantung-Ponsel

Dengan demikian, maka WA ini sangat bergantung dengan koneksi internet pada ponsel. Tanpa hal ini, maka WA tidak dapat berjalan semestinya. Hal ini yang kemudian menjadi sorotan sebagai salah satu kekurangan WA versi web.

  1. Mampu Menguras Daya Baterai Ponsel

Hal ini menjadi salah satu sorotan dari daftar kekurangan WhatsApp versi web. Meskipun pada dasarnya jenis WhatsApp ini digunakan pada dekstop PC maupun laptop, akan tetapi pemakaiannya tetap bisa menguras daya baterai ponsel.

Mampu-Menguras-Daya-Baterai-Ponsel

Selama WA tersebut masih meminta koneksi internet pada ponsel Anda, tentunya terus mampu untuk mengurangi daya baterai. Walau dikatakan sangat praktis digunakan, namun tetap saja mampu mengurangi daya baterai ponsel.

  1. Tidak Bisa Dipakai Tanpa Akses Internet Stabil

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh WhatsApp ini ialah tidak dapat digunakan jika koneksi internet tidak stabil. Sehingga apabila koneksi internet di ponsel Anda macet-macet dan sering terganggu, maka sudah bisa dipastikan bahwa WA versi web tidak akan berjalan lancar.

Tidak-Bisa-Dipakai-Tanpa-Akses-Internet-Stabil

Jangankan bisa berkirim pesan, barangkali untuk masuk saja pun tidak bisa. Dengan demikian, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan WhatsApp Web, maka perlu untuk memastikan koneksi internet agar stabil terlebih dahulu.

  1. Tidak Bisa untuk Melakukan Panggilan

Sayangnya WhatsApp versi web tidak bisa dipakai untuk melakukan panggilan. Sampai saat ini aplikasi berbasis web ini masih belum dilengkapi dengan fitur panggilan baik itu berupa panggilan biasa maupun panggilan video.

Tidak-Bisa-untuk-Melakukan-Panggilan

WhatsApp web hanya mendukung fitur untuk berkirim pesan dan file saja. Jika pengguna ingin melakukan panggilan video maupun panggilan biasa, maka bisa kembali ke WA ponsel atau menginstal aplikasi lain di PC maupun laptop yang dipakai.

Lihat Juga  √ Pengertian Annelida, Ciri, Sistem Organ, Klasifikasi dan Peranan

 

Cara Pakai WA Web Mudah dan Praktis

Cara pakai aplikasi WhatsApp ini sangat mudah dilakukan. Namun, pastikan terlebih dahulu koneksi internet Anda agar benar-benar lancar. Jangan sampai tersendat karena bisa menggagalkan penggunaan WA ini.

  1. Cara Penggunaan

Agar bisa mulai menggunakan WhatsApp ini, maka sebaiknya Anda pahamii beberapa langkah penggunaannya sebagai berikut. Selanjutnya, Anda bisa langsung berkirim pesan atau file lainnya secara praktis.

  • Buka browser terlebih dahulu pada PC atau laptop Anda.
  • Masukkan alamat link whatsapp.com. Jangan lupa langsung klik Enter.
  • Buka aplikasi sejenis pada ponsel Anda.
  • Klik Titik Tiga pada bagian atas dan klik opsi WhatsApp Web.
  • Lakukan scan barcode dari kamera HP ke barcode di dekstop PC atau laptop yang digunakan.
  • Jika sudah, Anda akan menjumpai tampilan chat WA dan mulailah berkirim pesan dengan mudah.

 

  1. Cara Keluar

Setelah selesai menggunakan WhatsApp Web, maka Anda bisa langsung melakukan log out. Hal ini cukup penting demi bisa terus menjaga keamanan akun selama memakai aplikasi web tersebut di PC maupun laptop, apalagi yang berstatus publik.

  • Buka WhatsApp yang ada pada ponsel Anda.
  • Klik menu yang ada pada bagian sudut kanan atas.
  • Pilih WhatsApp Web.
  • Ketuk pilihan Keluar dari Semua Komputer.

 

WA Web tentu akan mempermudah seluruh urusan Anda dalam dunia pekerjaan baik untuk chattingan maupun berkirim file tertentu. Untuk bisa menggunakannya dengan optimal, maka sebaiknya pastikan bahwa koneksi internet Anda sudah lancar terlebih dahulu.

 

Referensi :

  1. WA Web
  2. WA Web
  3. gb whatsapp pro
  4. kinemaster pro
  5. whatsapp mod
  6. fmwhatsapp
  7. Ukuran Kertas F4
  8. gb whatsapp
  9. https://www.rentalmobillampung.co.id/
  10. psiphon pro versi lama