√ Pengertian Atom JJ Thomson, Teori, Kelebihan dan Kekurangan

Diposting pada

Pendidikan.Co.Id – Kesempatan ini kita akan membahas mengenai Pengertian Atom JJ Thomson, penjelasan selengkapnya akan diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Atom JJ Thomson, Teori, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Atom

Atom ini merupakan sebuah satuan dasar materi, yang terdiri dari (inti atom) dan juga awan elektron yang bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom tersebut terdiri atas proton yang memiliki muatan positif, serta juga neutron yang memiliki muatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron).

Elektron-elektron pada sebuah atom tersebut akan terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Sekumpulan atom tersebut demikian pula bisa berhubungan satu sama yang lainnya, serta juga akan membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton serta juga elektron yang sama memiliki sifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton serta juga elektron yang berbeda itu bersifat positif maupun negatif serta disebut dengan ion. Atom tersebut dikelompokkan dengan berdasarkan jumlah proton serta neutron yang terdapat pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom tersebut menentukan unsur kimia atom tersebut, serta juga jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

Teori Atom Thomson

Model teori atom Thomson ini muncul setelah dikemukakannya sebuah teori Dalton di tahun 1903. Teori atom Thomson in8i ialah salah satu teori yang menjelaskan bentuk atom ialah seperti bentuk roti kismis. Ia mengibaratkan atom tersebut seperti roti kismis, bahwa atom yang bermuatan posotif tersebut bertaburan dengan atom yang bermuatan negatif terdapat disekelilingnya.

Sampai dengan akhir abad ke 19, teori atom ini masih dipercaya seperti bentuk bola pejal bola billyard. Sedangkan pada tahun 1987 Josep John Thomson kemudian mengemukakan sebuah teori atom dengan adanya penemuan elektron yang kemudian sering dikenal sebagai teori atom J.J. Tomson.

Bunyi Teori Atom J.J. Thomson

Atom ini merupakan sebuah bola yang memiliki muatan positif dengan adanya elektron bermuatan negatif yang berada disekitarnya.
Muatan positif atau juga negatif pada atom itu besarnya sama. Hal tersebut menunjukan atom bermuatan netral. Suatu atom tidak memiliki muatan positif serta muatan negatif yang berlebihan.

Selain disebut sebagai teori roti kismis, teori atom J.J. Thomson ini juga sering disebut sebagai teori atom yang hampir mirip semangka. Dengan penjelasan bahwa daging semangka ini merupakan sebuah area yang bermuatan positif sedangkan bijinya tersebut merupakan elektron yang bermuatan negatif.

Penemuan elektron oleh J.J. Thomson pada saat sedang melakukan suatu percobaan dengan tabung sinar katoda. Di saat itu, J.J. Thomson tersebut melihat bahwa jika arus listrik akan melewati tabung vakum, terdapat semacam aliran berkilau yang terbentuk. Thomson yang menemukan bahwa aliran itu dibelokkan ke arah plat kutub positif. Teori atom J.J. Thomson tersebut membuktikan bahwa aliran tersebut terbentuk dari partikel kecil dari atom serta  juga partikel tersebut bermuatan negatif,lalu J.J. Thomson kemudian  menamakannya dengan elektron.

Pelucutan Gas

Pelucutan gas peristiwa tersebut mengalirnya muatan-muatan listrik di dalam tabung lucutan gas pada tekanan yang sangat kecil. Sebuah tabung lucutan tersebut merupakan sebuah tabung yang berisi udara, didalam tabung tersebut berisi elektrode-elektrode, yang biasanya sering disebut dengan anoda atau katode. Udara di dalam tabung tersebut tidak dapat mengalirkan arus listrik walaupun ujung-ujung elektroda itu dihubungkan dengan induktor Ruhmkorf.

Katoda (-) Anoda (+)

Keadaan tersebut akan berubah apabila udara dalam tabung dikeluarkan sehingga tekanan udara tersebut semakin kecil dan letak-letak molekul udara juga manjadi sangat renggang. Pada tekanan 4 cm Hg dalam tabung tersebut memancarkan sinar cahaya merah-ungu. Cahaya tersebut bisa saja menghilang sejalan dengan semakin kecilnya suatu tekanan. Pada tekanan 0,02 mm Hg udara di dalam tabung itu tidak lagi memancarkan sebuah cahaya namun kaca dimuka katoda ini akan berpendar kehijauan.

Crookes juga berpendapat bahwa dari katoda tersebut dipancarkan sinar yang tidak tampak yang sering disebut dengan Sinar katoda. Sinar katoda ini juga dapat di pelajari karena yang memiliki sifat memendarkan kaca. Sinar Katoda ini merupakan sebuah arus elektron dengan kecepatan tinggi yang keluar dari katoda

adapun sifat sifat Sinar Katoda:

  • Mempunyai Energi
  • Memendarkan kaca
  • Membelok dalam medan listrik dan juga medan magnet.
  • Jika ditembakkan pada logam akan menghasilkan sinar X

Kelebihan dan kekurangan atom thompson

Kelebihan atom thompson:

  • Teori Thomson ini mempunyai kelebihan yakni bisa mampu membuktikan adanya partikel lain yang memiliki muatan negatif dalam atom. Berarti atom tersebut bukan merupakan bagian yang terkecil dari suatu unsur namun teori ini juga tidak dapat menjelaskan bahwa susunan muatan positif serta juga negatif dalam bola atom tersebut.

-Kelemahan atom thompson :

  • Tidak bisa menentukan gerakan elektron di dalam atom
  • Tidak dapat menentukan massa elektron.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Atom JJ Thomson, Teori, Kelebihan dan Kekurangan, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √ Pengertian Dekonsentrasi, Tujuan, Ciri Dampak dan Contohnya
Lihat Juga  √ Pengertian Garis Khatulistiwa, Fungsi, Mahkluk, Iklim, Ciri dan Negara
Lihat Juga  √ Pengertian Koordinasi, Jenis, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Ruang Lingkup