√ Pengertian Diskriminasi

Diposting pada

Pengertian Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi

Pengertian dari diskriminasi ini ialah suatu perilaku, sikap, serta juga tindakan yang tidak adil atau pun juga tidak seimbang yang dilakukan oleh perorangan dan/atau kelompok terhadap individu dan/atau kelompok lainnya.

Terdapat juga yang menyatakan pengertian dari diskriminasi ini yakni suatu tindakan atau pun juga perlakuan yang menunjukan adanya suatu ketidakadilan terhadap individu dan/atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh karena adanya karakteristik khusus yang dimiliki oleh individu atau pun juga kelompok tersebut.

Terdapat banyak bentuk dari diskriminasi yang dilakukan di dalam hiduap bermasyarakat serta juga bernegara. Hal tersebut terjadi disebabkan karna manusia umumnya itu memiliki kecenderungan untuk membeda-bedakan atau juga mengelompokkan diri.

Perlakukan dengan secara tidak adil bisa terjadi dimana serta kapan saja oleh karna adanya perbedaan karakteristik berikut ini;

  1. Perbedaan suku dan ras
  2. Perbedaan kelas sosial
  3. Perbedaan jenis kelamin (gender)
  4. Perbedaan agama/ kepercayaan
  5. Perbedaan pandangan politik
  6. Perbedaan kondisi fisik,  Dan lain-lain

Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami mengenai apa arti diskriminasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli dibawah ini:

1. Menurut Fulthoni, et.al

Pengertian diskriminasi ini yakni suatu perlakuan yang tidak adil serta juga tidak seimbang yang dilakukan untuk kemudian membedakan perorangan, atau kelompok, itu dengan berdasarkan sesuatu, biasanya itu memiliki sifat kategorikal, atau pun atribut yang menjadi khas, seperti misalnya dengan berdasarkan kesukubangsaan, agama, ras, atau pun keanggotaan kela sosial.

2. Menurut Theodorson & Theodorson (1979)

Pengertian diskriminasi ini yakni suatu perlakuan yang tidak adil terhadap indicidu atau pun juga kelompok itu dengan berdasarkan sesuatu hal, biasanya memiliki sifat kategorikal atau pun juga atribut khas seperti misalnya suku, agama ras, atau keanggotaan kelas sosial.

3. Menurut Sears, Freedman, dan Peplau (1999)

Pengertian diskriminasi ini merupakan suatu perilaku yang menunjukkan penolakan terhadap individu atau juga kelompok semata-mata disebabkan karna keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

4. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Pengertian diskriminasi ini yakni suatu perilaku/sikap serta juga tindakan yang kemudian dilakukan dengan berdasarkan perbedaan di dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau pun juga masyarakat, yang tidak ada hubungannya itu dengan kemampuan individu atau pun  jasanya.

5. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian diskriminasi ini ialah suatu perbedaan perlakuan terhadap sesama warna negara yang dilakukan oleh karan berdasarkan golongan, warna kulit, ekonomi, suku, agama, serta juga sebagainya.

Jenis dan Tipe Diskriminasi

Jenis-Diskriminasi

Diskriminasi ini sering terjadi pada penyandang difabel

Pettigrew (dalam Liliweri 2005) merupakan Seorang ahli sosiologi menyebutkan terdapat dua tipe diskriminasi yang dapat atau bisa terjadi di masyarakat. Dibawah ini merupakan jenis serta tipe diskriminasi diantaranya sebagai berikut:

1. Diskriminasi Langsung

Diskriminasi Langsung ini merupakan suatu bentuk diskriminasi dimana hukum, peraturan, atau juga kebijakan dibuat dengan menyebutkan dengan secara jelas karakteristik tertentu. Misalnya seperti agama, ras, jenis kelamin, kondisi fisik, sehingga kemudian sebagian orang itu tidak mendapatkan peluang yang sama.

2. Diskriminasi Tidak Langsung

Untuk Tipe diskriminasi ini terjadi pada saat suatu peraturan yang sifatnya netral namun di dalam pelaksanaannya di lapangan terjadi diskriminasi terhadap masyarakat yang memiliki karakteritik tertentu.

Penyebab Diskriminasi

Penyebab-Diskriminasi

Seperti yang telah diuraikan diatas, diskriminasi tersebut terjadi disebabkan karna adanya kecenderungan di dalam diri manusia untuk membeda-bedakan atau juga mengelompokkan diri. Menurut Yahya (2006), Terdapat ada 6 penyebab diskriminasi, diantaranya sebagai berikut :

1. Mekanisme Pertahanan Psikologi

Di dalam diri kita ini juga terdapat suatu mekanismepertahanan psikologi atau projection yang mana individu tersebut kemudian memindahkan suatu karakteristik yang tidak disukai yang ada di dalam dirinya itu kepada orang lain.

2. Perasaan Kecewa

Diskriminasi ini juga bisa terjadi disebabkan karna adanya kekecewaan di dalam dirinya. Kekecewaan ini lah yangkemudian dilampiaskan kepada individu/kelompok yang dianggapnya sebagai ‘kambing hitam’ rasa kecewanya.

3. Adanya Sejarah

Diskriminasi terhadap negara atau pun ras tertentu bisa atau dapat terjadi disebabkan karna adanya sejarah masa lalu yang tidak menyenangkan berhubungan dengan negara atau juga ras tersebut.

4. Perasaan Tidak Selamat dan Rendah Diri

Terdapat banyak orang yang merasa terancam (insecure) serta rendah diri lalu setelah itu berusaha untuk menenangkan dirinya itu dengan cara merendahkan orang lain. Hal ini kemudian akan menimbulkan perlakukan diskriminasi.

5. Persaingan dan Eksploitasi

Masyarakat modern pada umumnya itu lebih materialistik serta selalu bersaing antara satu sama lainnya. Persaingan ini juga kemudian bisa atau dapat menimbulkan diskriminasi terhadap individu atau juga kelompok tertentu supaya bisa atau dapat melakukan eksploitasi, mendapatkan kekayaan, kemewahan, dan kekuasaan.

6. Corak Sosialisasi

Sikap diskriminasi ini ternyata dapat atau bisa dipelajari serta kemudian diwariskan oleh suatu generasi ke generasi berikutnya dengan malalui proses sosialisasi. Hal ini kemudian membentuk pandangan stereotip di dalam suatu masyarakat mengenai perilaku, cara kehidupan, serta lain-lain.

Faktor Munculnya Perbuatan Diskriminasi.

Faktor-Diskriminasi.

Berikut ini adalah penyimpangan perilaku yang menjadi faktor munculnya sikap diskriminasi dalam kehidupan bermasyarakat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak patuh pada nasihat orang tua guna mengubah pendiriannya yang tidak sesuai.
  • Tidak taat terhadap pimpinan atau disebut pembangkangan.
  • Melanggar norma umum yang berlaku yang disebut pelanggaran.
  • Berkata bohong,Tidak menepati janji, serta menghianati kepercayaan disebut juga munafik.

Perbedaan sosial (diferensiasi) tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman di dalam masyarakat. Itulah yang menjadi salah satu dasar Negara tersebut, yaitu Bhineka Tunggal Ika, yaitu, kemajemukan di dalam ras, bahasa, suku, agama, serta budaya.

Dampak Negatif Diskriminasi.

Akibat buruk dari sikap diskriminasi ini diantaranya ialah :

  • Memicu munculnya sektarianisme
  • Memunculkan permusuhan antar kelompok
  • Mengundang masalah sosial yang baru yang dapat memancing konflik horizontal di tengah masyarakat.
  • Menciptakan penindasan dan otoritarianisme
  • Apabila sikap diskriminasi ini sangat dominan, maka kemudian keadilan sulit untuk ditegakan, sebab suatu kelompok di dalam pengambilan keputusan itu hanya didasarkan pada pertimbangan yang subyektif.
  • Dikap diskriminasi dapat atau bisa menghancurkan sendi-sendi kehidupan sosial, yang menimbulkan pada perpecahan.
  • Dengan adanya diskriminasi masalah akan menjadi berlarut-larut sertra tidak menutup kemungkinan akan memunculkan masalah baru.

Cara Mengindari Perilaku Diskriminatif

Untuk dapat atau bisa menghindari terjadinya perilaku diskriminatif tersebut maka tiap-tiap individu perlu untuk:

  1. Menyadari bahwa manusia tersebut mempunyai kedudukan yang sama dihadapan Tuhan.
  2. Meyakini bahwa tiap-tiap manusia tu memiliki keistimewaan tersendiri.

Upaya untuk mengurangi Diskriminasi di alam Masyarakat

Untuk memperkecil masalah yang diakibatkan oleh pengaruh negatif keragaman, maka kemudian perlu untuk dilakukan upaya-upaya diantaranya seperti berikut ini:

  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme.
  2. Menumbuhkan semangat religius.
  3. Menumbuhkan semangat pluralisme.
  4. Mengadakan dialog antar-umat beragama.
  5. Menumbuhkan semangat humanisme.
  6. Membangun pola komunikasi guna interaksi atau pun juga konfigurasi hubungan antar media massa, agama,  serta harmonisasi dunia.
  7. Keterbukaan dan juga kedewasaan dalam bersikap pemikiran global yang sifatnya itu inklusif.
  8. Kesadaran kebersamaan di dalam mengurangi sejarah.

Contoh Bentuk Diskriminasi

Diskriminasi gender sering terjadi di dunia kerja

Mungkin dari kita yang tidak menyadari bahwa tindakannya selama ini adalah salah satu bentuk diskriminasi terhadap orang lain. Dibawah ini merupakan beberapa contoh bentuk diskriminasi diantaranya sebagai berikut:

  • Contoh dari diskriminasi gender; menetapkan gaji yang lebih rendah kepada tenaga kerja wanita apabila dibanding pria walaupun tugas serta tanggungjawabnya sama.
  • Contoh dari diskriminasi ras; menutup peluang kerja di dalam suatu jenis pekerjaan bagi ras tertentu sehingga kemudian tidak terdapat kesetaraan dijenis pekerjaan tersebut.
  • Contoh dari diskriminasi agama; mempersulit atau juga menghambat proses kegiatan atau aktivitas keagamaan lain di suatu daerah itu dengan alasan mayoritas penduduk di daerah tersebut ialah agama yang berbeda.
  • Contoh dari diskriminasi sosial; pelayanan berbeda atas fasilitas umum (misalnya seperti fasilitas kesehatan) terhadap masyarakat yang kaya serta juga masyarakat yang kurang mampu.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Diskriminasi, Cara, Dampak, Faktor, Jenis & Contoh, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda.

Lihat Juga  √Pengertian, Ciri, Tujuan Inovasi Secara Umum Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Kedaulatan, Jenis, Sifat, Bentuk, Menurut Para Ahli
Lihat Juga  √ Pengertian Arthropoda